MODEL PEMBERIAN HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Jajang Aisyul Muzakki(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Diantara metode yang umum dipakai dalam proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan pendekatan hukuman terhadap siswa secara prefentif maupun represif, dengan harapan dapat mencegah berbagai pelanggaran terhadap peraturan,atau sebagai tindakan peringatan keras yang sepenuhnya muncul dari rasa takut terhadap ancaman hukum.

Hukuman merupakan salah satu insturmen pengukuran pendidikan bagi kualitas fungsional edukatif siswa yang bermasalah maupun berprestasi. Hukuman adalah vaksinasi dini dalam konteks mendidik yang layak diberikan kepada mereka yang bermasalah.

Hukuman adalah sesuatu yang disyariatkan dan termasuk salah satu sarana pendidikan yang berhasil, yang sesekali mungkin diperlukan pendidik. Hukuman dalam pendidikan berfungsi sebagai alat pendorong untuk meningkatkan belajar anak didik. Hukuman merupakan imbalan dari perbuatan yang tidak baik

Pemberian hukuman harus dilakukan dengan cara tepat sehingga tujuan pemberian hukuman bisa terwujud. Dalam pemberian hukuman harus berlandaskan kepada metode pemberian hukuman yang dilakukan oleh Rasulullah saw sebagaimana termaktub dalam hadits-hadits beliau.

 

Kata kunci : hukuman, metode, preventif, represif.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Ghazālī, Abū Hāmid. (1990). Ihyā `Ulūm ad-Dīn, Beirut : Dār Ihyā At-Turāts,

Athiyah, Abrasyi Muhamad. (2003).al-Tarbiyah al-Islāmiyah, Terj.Abdullah Zaky al-Kaaf. Bandung:Pustaka Setia.

At-Tirmidzī, (1981). Sunan at-Tirmidzī. Beirut : Dār al-Fikr.

Bukhori, Imam. (1981). Shahīh al-Bukhārī, Beirut : Dār al-Fikr.

Daud, Abu. (1990). Sunan Abī Dāud,Beirut : Dār al-Fikr.

Durkheim, Emile. (1990). Moral Education. Terj.Lukas Ginting. Jakarta: Penerbit

Erlangga

Fajar, Malik. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Khaldūn, Ibnu. (1989). Muqaddimah. Beirut : Dār Al-Qalam.

Muslim, Imam. (1981). Shahīh Muslim, Beirut : Dār al-Fikr

Rahman, Jamal Abdur. Athfāl al-Muslimīn Kaifa Rabbāhum al-Nabiy al-Karīm, (Makkah

Al-Mukarramah : Dār al-Thaibah al-Khadhrā, 1421 H/2000M).

Rajih, Ahmad ’Izzat. (tt). Ushūl 'Ilm An-Nafs. Iskandariyah : Al-Maktab Al-Mishri

Al-Hadits.

Sirozi, Muhammad. (2003).Agenda Strategis Pendidikan Islam. Yogyakarta:AK Group.

Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi, Jakarta:Rineka Cipta.

'Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyah al-Aulād fi al-Islām, Beirut : Dar al-Salam.




DOI: 10.24235/awlady.v2i2.821

Article Metrics

Abstract view : 1006 times
PDF - 665 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here