MODEL PEMBERIAN HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Diantara metode yang umum dipakai dalam proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan pendekatan hukuman terhadap siswa secara prefentif maupun represif, dengan harapan dapat mencegah berbagai pelanggaran terhadap peraturan,atau sebagai tindakan peringatan keras yang sepenuhnya muncul dari rasa takut terhadap ancaman hukum.
Hukuman merupakan salah satu insturmen pengukuran pendidikan bagi kualitas fungsional edukatif siswa yang bermasalah maupun berprestasi. Hukuman adalah vaksinasi dini dalam konteks mendidik yang layak diberikan kepada mereka yang bermasalah.
Hukuman adalah sesuatu yang disyariatkan dan termasuk salah satu sarana pendidikan yang berhasil, yang sesekali mungkin diperlukan pendidik. Hukuman dalam pendidikan berfungsi sebagai alat pendorong untuk meningkatkan belajar anak didik. Hukuman merupakan imbalan dari perbuatan yang tidak baik
Pemberian hukuman harus dilakukan dengan cara tepat sehingga tujuan pemberian hukuman bisa terwujud. Dalam pemberian hukuman harus berlandaskan kepada metode pemberian hukuman yang dilakukan oleh Rasulullah saw sebagaimana termaktub dalam hadits-hadits beliau.
Â
Kata kunci : hukuman, metode, preventif, represif.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-GhazÄlÄ«, AbÅ« HÄmid. (1990). IhyÄ `UlÅ«m ad-DÄ«n, Beirut : DÄr IhyÄ At-TurÄts,
Athiyah, Abrasyi Muhamad. (2003).al-Tarbiyah al-IslÄmiyah, Terj.Abdullah Zaky al-Kaaf. Bandung:Pustaka Setia.
At-TirmidzÄ«, (1981). Sunan at-TirmidzÄ«. Beirut : DÄr al-Fikr.
Bukhori, Imam. (1981). ShahÄ«h al-BukhÄrÄ«, Beirut : DÄr al-Fikr.
Daud, Abu. (1990). Sunan AbÄ« DÄud,Beirut : DÄr al-Fikr.
Durkheim, Emile. (1990). Moral Education. Terj.Lukas Ginting. Jakarta: Penerbit
Erlangga
Fajar, Malik. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
KhaldÅ«n, Ibnu. (1989). Muqaddimah. Beirut : DÄr Al-Qalam.
Muslim, Imam. (1981). ShahÄ«h Muslim, Beirut : DÄr al-Fikr
Rahman, Jamal Abdur. AthfÄl al-MuslimÄ«n Kaifa RabbÄhum al-Nabiy al-KarÄ«m, (Makkah
Al-Mukarramah : DÄr al-Thaibah al-KhadhrÄ, 1421 H/2000M).
Rajih, Ahmad ’Izzat. (tt). Ushūl 'Ilm An-Nafs. Iskandariyah : Al-Maktab Al-Mishri
Al-Hadits.
Sirozi, Muhammad. (2003).Agenda Strategis Pendidikan Islam. Yogyakarta:AK Group.
Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi, Jakarta:Rineka Cipta.
'Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyah al-AulÄd fi al-IslÄm, Beirut : Dar al-Salam.
DOI: 10.24235/awlady.v2i2.821
Article Metrics
Abstract view : 1006 timesPDF - 665 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.