REURGENISASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA GLOBALISASI

Andri Hardiyana(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Era globalisasi saat ini membawa pengaruh dan dampak terhadap perkembangan pendidikan anak  usia dini secara signifikan. Anak usia dini kini dihadapkan dengan persoalan dan dinamika zaman yang kompleks. Hal ini ditandai denganderasnya arusinformasi, komunikasi, danteknologidalam setiap lini kehidupan. Oleh karena itu, upaya memfilterisasi anak seyogyanya melalui penanaman karakter dan orang tua diharapkan mampu memahami pentingnya nilai-nilai pendidikan sejak usia dini. Anak-anak harusmengeksplor kemampuannya secara variatif melalui bermain, karena pada tahap ini anakmemiliki karakteristik unik, aktif,energik, danmemiliki rasa ingin tahuyang kuatdan antusiasmepada banyak hal untuk dapat berpetualang, serta kayadenganfantasi. Manfaatbermain bagi anak usia diniuntukdapat menjalin solidaritas, kerjasama denganteman,rasa memiliki, persaudaraan, cintalingkungan, kejujuran danmelahirkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai tumbuh kembang anak.

 

Kata kunci: Urgensi, pendidikan anak usia dini, era globalisasi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Brewer, Jo Aan. (2007). Introduction to early Chilhood Education. United States: Pearson Education.

Catron, Carol dan Jan Allen. (1999).Early Childhood Curriculum: S Creativite Play Model, New Jersey: USA, Prentice Hall

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Sosial. (2002). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak.

Hurlock, Elizabet B. (1999).Perkembangan Anak Jilid 1(Edisi 6). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Grasindo.

Masitoh. (2007).Strategi Pembelajaran TK.Jakarta: Universitas Terbuka.

Mayesky, Mary. (1990).Creative Activities For Young Children, Fourth Edition, Albany, New York: Delmar Publisher.

Moeslihatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Musfiroh,Tadzkiroatun. (2008). Cerdas Melalui Bermain: Cara Mengasah Multiple Intelligences pada anak sejak usia dini. Jakarta: PT. Gramedia.

Nugraha, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: Jilsi Foundation.

(http://tempo.com, diakses tanggal 24 September 2012).




DOI: 10.24235/awlady.v2i2.818

Article Metrics

Abstract view : 849 times
PDF - 875 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here