STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN RESOLUSI KONFLIK PADA ANAK USIA DINI DALAM RANGKA MENYONGSONG MASYARAKAT 5.0
(1) Universitas Negeri Malang
(2) universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to find out how the perceptions of young children teachers to the development of conflict resolution for early childhood and how the teachers' strategies in developing conflict resolution skills in early childhood. This research uses descriptive quantitative method. The instrument used for data collection was a questionnaire distributed online. The result of this research is that teachers in Malang City have the right and correct perceptions about conflict resolution taught in early childhood. the majority of paud teachers in Malang city have implemented appropriate strategies in developing conflict resolution skills in early childhood.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru paud terhadap pengembangan resolusi konflik bagi anak usia dini dan bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kemampuan resolusi konflik pada anak usia dini. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuisioner yang disebarkan secara online. Hasil dari penelitian ini adalah guru- guru di kota malang memiliki persepsi yang tepat dan benar mengenai resolusi konflik yang diajarkan pada anak usia dini. mayoritas guru paud di kota malang telah menjalankan strategi- strategi yang sesuai dalam mengembangkan kemampuan resolusi konflik pada anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agarwal, Rita. 2000. “Tips For Tots.†Early Childhood Consultant Partnership (860):6378. Retrieved November 29, 2020 (http://www.eccpct.com/Resources/Child/Tips-for-Tots/Help-Young-Children-with-Conflict-Resolution/).
Alang, HM. Sattu. 2014. “Guru Yang Profesional Memiliki Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual.†Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Al-Irsyad Al-Nafs.
Amini, Mukti. 2014. “Hakikat Anak Usia Dini.†Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
Anon. 2012. “Perkembangan Kecerdasan Emosi Kanak-Kanak Prasekolah Bermasalah Pendengaran: Implikasinya Terhadap Penglibatan Ibu Bapa (The Emotional Intelligence Development of Pre-Schoolers with Hearing Difficulties: Implications on Parental Involvement).†Akademika.
Dalimunthe, Syairal Fahmy. 2014. “Manajemen Konflik Dalam Organisasi.†Palangka Raya Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat. doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.
Darmadi, Hamid. 2015. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.†Pendidikan.
Eighty Six. 2014. “Preschool Social Skills_ Teaching Young Children How to Resolve Conflicts - BrightHub Education.†Brighthub Education. Retrieved October 3, 2020 (https://www.brighthubeducation.com/teaching-preschool/128831-preschool-conflict-resolution-through-play/).
Juwantara, Ridho Agung. 2019. “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika.†Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. doi: 10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.
Khaironi, Mulianah. 2018. “Perkembangan Anak Usia Dini.†Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.
Lang, James M. 2016. “Small Changes in Teaching : The First 5 Minutes of Class.†The Chronicle Of Higher Education.
Listyana, Rohmaul. 2015. “Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan.†JURNAL AGASTYA VOL 5 NO 1 JANUARI 2015 PERSEPSI.
Ningsih, Euis. 2019. “Penggunaan Metode Bermin Peran Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini.†EMPOWERMENT.
Nurjannah, Nurjannah. 2017. “MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KETELADANAN.†Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. doi: 10.14421/hisbah.2017.141-05.
Parenting, Parenting. 2020. “Ingat, Bullying Juga Bisa Dialami Oleh Anak TK Dan SD! - School of Parenting.†School of Parenting. Retrieved (https://schoolofparenting.id/ingat-bullying-juga-bisa-dialami-oleh-anak-tk-dan-sd/).
Riyanto, Buddy. 2019. “Media Sosial Dan Multikulturalisme Dikalangan Pemuda Surakarta.†ETTISAL : Journal of Communication. doi: 10.21111/ettisal.v4i1.3070.
Sa’diyah, Rika. 2018. “Urgensi Kecerdasan Emosional Bagi Anak Usia Dini.†Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):1–19. doi: 10.17509/cd.v4i1.10375.
Setiawan, Samhis. n.d. “Pengertian Persepsi, Ciri, Jenis, Faktor, Proses Dan Contoh.†2019.
Sudrajat, Sudrajat. 2014. “REVITALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN.†Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi. doi: 10.21831/jppfa.v2i1.2620.
Wahyudi, Andri. 2015. “Konflik, Konsep Teori Dan Permasalahan.†Jurnal Publiciana.
Wardyaningrum, Damayanti. 2013. “Komunikasi Untuk Penyelesaian Konflik Dalam Keluarga : Orientasi Percakapan Dan Orientasi Kepatuhan.†Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial.
Zuchdi, Darmiyati. 1995. “PEMBENTUKAN SIKAP.†Jurnal Cakrawala Pendidikan. doi: 10.21831/cp.v3i3.9191.
DOI: 10.24235/awlady.v7i1.7474
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.