MENGENALI ANAK USIA DINIMELALUI PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN DAN KARAKTERISTIKNYA

Tamsik Udin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan (growth) sering dicampur baurkan dengan perkembangan (development) khususnya pada anak usia dini.Walaupun kedua istilah tersebut nampaknya mempunyai gejala yang sama yaitu perubahan tetapi pada kenyataannya berbeda. Walaupun selalu terjadi perubahan-perubahan yang sifatnya fisik atau psikologis, banyak orang tidak sepenuhnya menyadarinya kecuali apabila perubahan-perubahan itu terjadi secara mendadak atau jelas mempengaruhi pola kehidupan mereka. Perubahan-perubahan pada usia lanjut misalnya, biasanya terjadi jauh lebih lambat daripada peru­bahan-perubahan pada anak-anak atau remaja. Kebanyakan orang cenderung beranggapan bahwa masa lalu adalah lebih baik ketimbang masa kini.Sekalipun kebanyakan anak-anak mengejar saat mereka menjadi "remaja belasan tahun" namun setelah tiba saatnya seringkali mereka rnerindukan kembali saat-saat mereka yang penuh riang di masa anak-anak.

Pemahaman seseorang terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usiadini sangat di perlukan baik untuk dirianya sebagai pengetahuan, maupun untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak usia  dini yang  ada sebagai anaksendiri,saudara atau bahkan siswanya.Semakin mengetahui perbedaan antara pertumbuhan danperkembangan, maka akan dapat mengindiagnosis kondisi anak usia dini dan bahkan akan dapat memberikan solusi jika anak usia dinitersebutbermasalah.

Piaget menjelaskan bahwapertumbuhanitu  "ti­dak pernah statis dan sudah ada semenjak awal." Dengan perkataan lain, organisme yang matang selalu mengalami pembuahan yang progresif sebagai tanggapan terhadap kondisi yang bersifat peng-alaman dan perubahan-perubahan itu mengakibatkan jaringan interaksi yang majemuk.Berbagai perubahan dalam perkembangan bertujuan untuk memungkinkan orang menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana ia hidup. Untuk mencapai tujuan ini, maka realisasi diri atau yang  biasanya disebut "aktualisasi diri" sangat penting. Namun tujuan perkembangan tidak.pernah statis.Tu­juan dapat dianggap sebagai suatu dorongan untuk melakukan sesuatu yang tepat untuk dilakukan, untuk menjadi manusia seperti yang diinginkan baik secara fisik maupun psikologis. Dalam Al-Quran  (QS Al-Rum [30]: 54) juga menjelaskan pertumbuhan danperkembangan manusia sejakkecil hingga dewasa.

Mengenali pertumbunan dan perkembangan anak usia dini dapat dengan mudah jika kita mengenali Ciri-ciri Pertumbuhan dan memahami ruang lingkup perkembangan. Ciri-ciri pertumbuhan  yaitu  :

  1. 1.      Merupakan perubahan yang dapat diukur secara kuantitatif
  2. 2.      Mengikuti perjalanan waktu
  3. 3.      Dalam keadaan normal, setiap anak memiliki pertumbuhan tertentu.

Ruang lingkup perkembangan mencakup : perkembangan kognitif, perkembangan social emosional,perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik dan perkembangan moral.

 

Kata Kunci: usia dini, pertumbuhan,perkembangan,karakter


Full Text:

PDF

References


Diah Harianti ,1996. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru; Pendidikan Anak usia Dini, Buku 2, Jakarta: Konsorsium Sertifikasi Guru

Hainstock, 1999.The Developing Child (Eighth Ed). New York: Addiso-Wesley Educational Publishers Inc. 1997

Hurlock, (Editor), DAP in Early Childhood Programs Serving Children From Birth Through Age 8, Washington DR: NAEYC.

Brigance , Albert H. The Inventory of Early Development. 1991. North Billerica: Curriculum Associates, Inc.

http://www.childdevelopmentinfo.com/develeopment/devsequence.shtmlGeneral Developmental Sequence Toddler through Preschool. Child Development Institute. 2005

http://www.childdevelopmentinfo.com/development/normaldevelopment.shtml. Normal Stages of Human Development (Birth to 5 Years). Child Development Institute.2005

Muhibbin (1999),Psikologi Pendidikan, Bandung.

Permendiknas Nomor: 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Siti Aisyah dkk. (2007) Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Soedjatmiko, dr. SpA(K), MSi. Makalah Meningkatkan Kualitas Tumbuh Kembang Anak

Soendjojo, Rahmitha P. Makalah: Peranan Orangtua Dalam Pengasuhan dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak Usia 0- 6 tahun (melalui komunikasi dan media interaksi). Jakarta 2005

Undang-undang Guru dan Dosen Tahun 2005

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia

Yayasan Kusuma Buana. Komunikasi dan media interaksi orangtua dan anak. Jakarta. Agustus 2005

Modul 4:Pendalaman Materi Pendidikan anak Usia dini

Kementerian Agama RI :Al’quran dan Terjemahnya




DOI: 10.24235/awlady.v1i2.744

Article Metrics

Abstract view : 746 times
PDF - 2070 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here