KAJIAN TEORITIS TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKIS ANAK DAN REMAJA

Dwi Anita Alfiani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Pembahasan tentang proses perkembangan anak-anak dan remaja, merupakan sebuah keniscayaan, serta sangat dianjurkan bagi orang tua maupun pendidik. Dengan mengetahui berbagai problematika yang ada dan berkembang pada masa kanak-kanak dan remaja, maka berbagai program serta implementasi program pembinaan anak dan remaja akan terlaksana dengan baik. Dalam makalah ini dikemukakan berbagai pendapat dan tinjauan para pakar psikologi perkembangan tentang proses dan fase-fase yang harus dilalui pada masa kanak-kanak dan remaja. Selain itu juga diketengahkan tentang berbagai perspektif dan batasan-batasan usia maupun psikis yang ada pada kanak-kanak dan remaja sehingga diharapkan dengan berbekal pendapat para ahli tersebut kita sebagai orang tua maupun pendidik akan lebih berhasil dalam penilaian pola-pola pembelajaran yang ingin kita transfer. Dalam makalah ini penulis juga ketengahkan bahwa kecenderungan masyarkat dewasa ini tentang pola fikir dan tindakan yang akan diambil pada pelanggar hokum maupun kesusilaan yang hanya menempatkan hukuman atau funisment sebagai sebuah sebuah solusi terbaik, sementara reward bagi orang-orang yang taat hokum diabaikan, lain halnya dengan yang terjadi dalam kaidah hokum Islam. Padahal dalam kenyataannya banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi selain oleh factor lingkungan, juga disebabkan metode terafis yang tidak tepat. Sehingga dengan memahami secara integral dan komprehensif walaupun sumir, diharapkan akan membuka wawasan dan wacana baru dalam implementasi program-program dan membuat rencana kerja yang lebih terarah, terukur dan tepat guna.

 

Kata Kunci:Perkembangan Psikis, Anak dan Remaja


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu & Sholeh Munawar “Psikologi Perkembangan untuk Fakultas Tarbiyah, IKIP, SGPLB serta Para Pendidik”, 2005, Jakarta, Asdi Mahasatya.

Az-Zahrani Musfir bin Said, “Konseling Terapi”, 2005, Jakarta : Gema Insani.

Al-Mighwar Muhammad, “Psikologi Remaja, Petunjuk bagi Guru dan Orangtua”, 2006, Bandung, CV. Pustaka Setia.

Baihaqi MIF “Psikologi Pertumbuhan” Kepribadian Sehat untuk Mengembangkan Optimisme, 2008, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Baraja Abubakar “Psikologi Perkembangan, Tahapan-tahapan dan Aspek-aspeknya dari 0 tahun sampai akil Baligh”, 2008, Jakarta, Studia Press.

Desmita, “Psikologi Perkembangan”, 2007, Bandung, CV. Rosdakarya.

Departemen Agama Terjemah Al-Qur’anul Karim”

Delphie Bandi, “Psikologi Perkembangan”, Diktat Perkuliahan, Prodi Psikologi Pendidikan Islam.

Dalyono M, “Psikologi Pendidikan” 2007, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

Fatimah, Enung,.“Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), 2006, Bandung, CV. Pustaka Setia.

Hawadi Reni Akbar, “Psikologi Perkembangan Anak, Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak” 2004, Jakarta, PT. Grasindo.

Henry A Paul, M.D. “Konseling dan Psikologi Anak “Terj : Is My Child OK” 2008, Jakarta, Idea Publishing.

Kartono Kartini, “Psikologi Perkembangan” 2006, Jakarta, Quantum Teaching.

Seojanto Agoe “Psikologi Perkembangan” 2005, Jakarta, Rineka Cipta.




DOI: 10.24235/awlady.v1i2.742

Article Metrics

Abstract view : 1879 times
PDF - 6315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here