KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Masdudi Masdudi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa usia dini merupakan masa yang sangat fundamental bagi perkembangan seorang anak, dimana pada masa ini proses perkembangan berjalan dengan pesat. Pada masa ini merupakanperiode sensitif (sensitive periods), karena selama masa inilah anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya.Pada masa ini anak siap melakukan berbagai kegiatan dalam rangka memahami dan menguasai lingkungannya serta merupakan masa keemasan. Usiakeemasan dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dan berbagai upaya pendidikan dari lingkungannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Pada masa peka inilah terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis sehingga anak siap merespon dan mewujudkan semua tugas-tugas perkembangan yang diharapkan muncul pada pola perilakunya sehari-hari Proses perkembangan pada masa usia dini, berjalan dengan pesat. Pemahaman perkembangan pada seorang anak pada dasarnya merupakan upaya melihat dan memahami perubahan-perubahan yang telah, sedang, dan terus terjadi. Setiap anak manusia akanberkembang dari sejak bayi, kanak-kanak, remaja, hingga dewasa dengan kondisi yang berbeda satu sama lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa tanpa terasa perlahan tapi pasti perubahan itu terus terjadi ke arah yang lebih besar, lebih tinggi, lebih tahu, lebih pintar dan lebih segala sesuatunya dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Perubahan-perubahan seperti itulah yang dinamakan perkembangan.Perkembangn berarti adanya perubahan dalam berbagai aspek (kognitif, sosial, fisik, dan emosi).

Kata Kunci: Karakteristik, Perkembangan, Pendidikan dan Usia Dini


Full Text:

PDF

References


AdeDwi Utami, dkk., 2013. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru; Pendidikan Anak usia Dini, Buku , Konsorsium Sertifikasi Guru: Jakarta.

Brigance, Albert H. 1991, The Inventory of Early Development. North Billerica: Curriculum Associates, Inc.

Buku Panduan Untuk Orang Tua, 2000, Perkembangan Emosional Pada Bayi dan Anak, Yayasan Surya Kanti.

Masitoh dkk. 2005,Strategi Pembelajaran TK. Jakarta

Permendiknas Nomor: 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Phelps. Pamela C, Ph.D. Beyond Cribs & Rattles.2005,Playfully Scaffolding the Development of Infants and Toddlers. Kaplan Early Learning Company.

Siti Aisyah dkk. 2007,Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Soedjatmiko, dr. SpA(K), MSi. Makalah Meningkatkan Kualitas Tumbuh Kembang Anak

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009,Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks. Jakarta.

Soetjiningsih, dr.DSAK.1995, Tumbuh Kembang Anak.Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta.

The National Association for the Education of Young Children. 1987, Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Program Serving Children From Birth Through Age 8.

Undang-undang Guru dan Dosen Tahun 2005

UU No. 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Visimedia: Jakarta.




DOI: 10.24235/awlady.v1i2.739

Article Metrics

Abstract view : 1678 times
PDF - 1543 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here