MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT UNTUK MEMFASILITASI PERILAKU KESELAMATAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Perilaku keselamatan anak usia dini sangatlah penting untuk diterapkan karena anak usia dini dikenal dengan masa rentang dalam kecelakaan dan keadaan bahaya (Sujiono, 2013; Marlon, 2017; & Morrongiello, 2015). Peran pendidik selaku fasilitator dalam memanfaatkan teknologi pada kegiatan proses pembelajaran yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi menggunakan aplikasi Powerpoint karena Powerpoint merupakan salah satu sarana yang populer karena kemudahan dan kelengkapan fitur-fiturnya sangat mendukung dalam pembuatan sebuah presentasi yang baik. Powerpoint juga dapat didesain dengan bentuk media pembelajaran yang unik dan menarik dengan konten seperti permainan untuk memfasilitasi perilaku keselamatan anak usia 5-6 tahun sesuai dengan KI, KD, dan Indikator pencapaian anak usia dini (Latif, 2013). Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan dasar kebutuhan produk, rancangan produk, proses uji coba produk dan hasil akhir produk. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) yang dikembangkan oleh Reeves. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, expert judgement, wawancara, dan studi dokumentasi. Validasi dilakukan oleh ahli media, dan ahli pedagogik, yang nantinya akan dilakukan revisi sesuai saran dari validator sampai produk dikatakan layak. Secara umum, media pembelajaran berbasis Powerpoint ini layak digunakan dalam pembelajaran. Refleksi pengembangan produk ini yakni menghasilkan media pembelajaran berbasis Powerpoint untuk memfasilitasi perilaku keselamatan pejalan kaki anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menghasilkan file media pembelajaran berbasis Powerpoint untuk memfasilitasi perilaku keselamatan pejalan kaki anak usia 5-6 tahun dalam bentuk Compact Disk (CD), dan buku panduan media pembelajaran berbasis Powerpoint untukmemfasilitasi perilaku keselamatan anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian. (2010). Pengembangan Game Edukasi Interaktif pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital. Ejurnal. Vol 1 No 2: Universitas Negeri Surabaya
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
CNN Indonesia. (2016). Selamatkan Anak Dari Lalu Lintas. Artikel. Jakarta
Darma. (2019). Perancangan Animasi Interaktif. Ejurnal: TK Pedindin Jakarta Utara
David, K. (2018). Distinguishing Gains in Knowledge from Gains in Safe Behavior. Ejournal. New York: doi: 10.1007/s10935-014-0341-8
Faroqi, A. (2014). Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Membaca, Menulis, Berhitung (Calistung). Jurnal Sains dan Teknologi: 8, 2.
Firmansyah. (2016). TIK Beserta Pengembangan. Artikel: Nasabah media
Goldenson. (1998). Interactive Multimedia for Promoting Physical Activity (IMPACT) in Children. Obesity Research. 13, 4. 762-771.
Gumawang, A. (2007). Manfaat Powerpoint Dalam Presentasi Makalah. Ejurnal. Vol 6 No 1: Saintikom
Hernawan, dkk. (2007). Media pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.
(2010). Brand Operation The Official MIM Academy Course Book. Jakarta:Erlangga.
Jonas. (2010). A School-Based Pedestrian Safety Intervention Program. Ejurnal. Francis: Institute at the Ryder Trauma Center.
Latif, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenada Media.
Lidinillah. (2012). Educational Design Research: a Theoretical Framework for Action. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.
Marlon, G. (2017). WalkSafe A School-Based Pedestrian Safety Intervention Program. Ejournal. Florida: doi: 10.1080/15389580490510507
Morrongiello. (2015). Study on Pedestrian Crossing Behavior at Signalized Intersections. Ejournal: Bombay
Mulyasa. (2012). Managemen PAUD. Bandung: Rosda Karya
Mutiah. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
NCSA. (2010). Publikasi Pencegahan Cedera Lalu Lintas. Articel. North Carolina
Nursyahidah, F. (2018). (t.t). Research and development vs depelopment research. Jurnal, hlm. 1-27. Diakses dari https: //faridanursyahidah.wordpress.com/author/faridanursyahidah/page/2/.
Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan No 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Pribadi, dkk. (2012). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Reynolds, K (2015). Helping Children Learn Mathematics. Ejurnal. Boston: Allyn and Bacon.
Roberts, I. (2012). Safety Education Of Pedestrians For Injury Prevention. Ejournal:University of Miami School of Medicine
Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-guru SMAN Banjar Angkan: Bali
Sudrajat. (2018). Proses Perkembangan Anak. Artikel: Definisimu
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Suryono. (2015). Optimalisasi Microsoft Office Powerpoint 2016 Dalam Pembuatan Media Interaktif Penggandaan Dokumen Untuk Program Keahlian Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1. Indonesian Jurnal on Computer Science. Volume 10 No 4.
Smart, A. (2012). Manfaat Powerpoint. Ejurnal. Yogyakarta: Gava Media
Thomson. (1996). Cognitive Development and The Acquisition of Language. New York: Academica Press.
Vygotsky. (1978). Development for Childrend. Jurnal, hlm. 1-27. Diakses dari https: //faridanursyahidah.wordpress.com/author/faridanursyahidah/page/2/.
Undang-undang No 20. (2003), Tentang Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Republik Indonesia.
DOI: 10.24235/awlady.v7i1.7043
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.