POLA ASUH ORANGTUA BEKERJA SEBAGAI PEMBENTUK PERILAKU HIDUP SEHAT ANAK

Roudlotul Islamiyah(1*),


(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitan yang membahas tentang pola asuh orangtua yang bekerja dalam pola hidup sehat anak usia dini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak pola asuh orangtua berkerja sebagai pembentuk prilaku hidup sehat anak usia dini. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga keluarga yang terdiri dari pasangan yang bekerja dan anak yang bersekolah di salah satu sekolah PAUD di Kediri dengan bentuk pola asuh yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan data yang dikumpulkan melalui pengamatan, angket, dokumentasi, dan wawancara dengan analisis dengan reduksi data, menampilkan data, dan disimpulkan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu anak-anak dalam pola asuh demokrasi dari orangtua yang bekerja, seluruh bagian dalam hidup sehat dengan spiritual, fisik, dan moral yang diperbarui dengan baik. Anak dalam pola asuh otoriter dari orangtua yang bekerja, masih harus membicarakankan dan dibimbing dalam hal santun santun, diberi semangat dalam kegiatan motorik / fisik, juga dilatih toilet training sedangkan anak dalam pola asuh permisif dari orangtua yang bekerja, masih harus dibimbing dalam segala bidang, baik spiritual, fisik, maupun moral.

 

Kata Kunci: pola asuh, usia bekerja, hidup sehat, anak usia dini



Full Text:

PDF

References


Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Jurnal Scholaria, 6(3).

Ayun, Q. (2016). Pendidikan Dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam. ATTARBIYAH, 26, 91–118. https://doi.org/doi: 10.18326/attarbiyah.v26.91-118

Berangka, D. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Budaya Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Di Lingkungan YPPK Distrik Merauke. Jurnal Jumpa, 6(1).

Cabrera, N. J., Volling, B. L., & Barr, R. (2018). Fathers Are Parents, Too! Widening the Lens on Parenting for Children’s Development. Child Development Perspectives, 12(3), 152–157. https://doi.org/10.1111/cdep.12275

Farzana Bibi, F. B. (2013). Contribution of Parenting Style in life domain of Children. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 12(2), 91–95. https://doi.org/10.9790/0837-1229195

Garcia, O. F., & Serra, E. (2019). Raising children with poor school performance: parenting styles and short-and long-term consequences for adolescent and adult development. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(7), 14–17. https://doi.org/10.3390/ijerph16071089

Gibbs, B. G., Forste, R., & Lybbert, E. (2018). Breastfeeding, Parenting, and Infant Attachment Behaviors. Maternal and Child Health Journal, 22(4), 579–588. https://doi.org/10.1007/s10995-018-2427-z

Haeriah, B. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak PGRI Gerunung Tahun Pelajaran 2017/2018. JIME, 4(1).

Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, 9(2).

Hutchens, A., & Lee, R. E. (2018). Parenting Practices and Children’s Physical Activity: An Integrative Review. Journal of School Nursing, 34(1), 68–85. https://doi.org/10.1177/1059840517714852

Indonesia, P. (2009). Undang-Undang Kesehatan Republik Indonesia No.36 Tahun 2009. Jakarta: Sekertariat Negara.

Indriati, N., Suyadi, Wahyoeningsih, K. K., & Sanyoto. (2017). Perlindungan Dan Pemenuhan Hak Anak (Studi Tentang Orang Tua Sebagai Buruh Migran Di Kabupaten Banyumas). Mimbar Hukum, 29(3).

Juliani, R. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1).

Karimah, D., Nurwati, N., & Basar, G. G. K. (2014). Pengaruh Pemenuhan Kesehatan Anak Terhadap Perkembangan Anak. Prosiding KS: Riset & PKM, 2(1).

Laa, R. (2018). Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Petani Di Domloli Kabupaten Alor. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 3(1).

Marzuki, M. B., & Mahiruni, S. K. (2020). Stunting di Jatim Tinggi, Gubernur Khofifah Dorong Pola Hidup Bersih dan Sehat. Jatimtimes.Com. Retrieved from https://jatimtimes.com/baca/207549/20200111/172800/stunting-di-jatim-tinggi-gubernur-khofifah-dorong-pola-hidup-bersih-dan-sehat

Muhadi, A. I. (2015). Hubungan Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak El Hijaa Tambak Sari Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Potensia, 2(1).

Nugroho, A. (2019). radar kediri. Radar Kediri Jawa Pos. Retrieved from https://radarkediri.jawapos.com/read/2019/10/01/158585/penelantaran-anak-dan-lansia-di-kediri-sepuluh-kasus-dalam-9-bulan

Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1). Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1).

Rhamadani Santoso, V., Nasution, Z., & Sri Redjeki, E. (2016). Pola Pengasuhan Ibu Bekerja Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Nonformal, 12(2), 77–91.

Sandi, I. (2016). Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak Terlantar Pada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah. E Jurnal Katalogis, 4(1).

Shabarina, A., Mediani, H. S., & Mardiah, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua yang Menitipkan Anak Prasekolah di Daycare Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1), 68. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12344

Siregar, H. (2018). Peranan Pusat Kajian Perlindungan Anak Dalam Menjalankan Hak Asasi Anak Jalanan Ditinjau Dari Pasal 11 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1).

Siti Juwariah, K. (2019). Analysis of Parenting and Involvement of Parents in Early Childhood. Journal of Primary Education, 8(3), 364–370.

Strohschein, L., & Gauthier, A. H. (2018). Poverty Dynamics, Parenting, and Child Mental Health in Canada. Society and Mental Health, 8(3), 231–247. https://doi.org/10.1177/2156869317731603

Sujana, S., Fatimah, S., & Hidayati, N. O. (2017). Kebutuhan Spiritual Keluarga Dengan Anak Penderita Penyakit Kronis. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 3(1).

Sukaimi, S. (2013). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak: Tinjauan Psikologi Perkembangan Islam. Marwah, 12(1).

Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018). Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). Jurnal Lugas, 2(1).

Wang, Y., Huang, Z., & Kong, F. (2020). Parenting stress and life satisfaction in mothers of children with cerebral palsy: The mediating effect of social support. Journal of Health Psychology, 25(3), 416–425. https://doi.org/10.1177/1359105317739100

Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2017). Pengasuhan Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Pekerja. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2), 68–77. https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp68-77




DOI: 10.24235/awlady.v7i1.6522

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here