ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM BELAJAR MANDIRI PENDIDIKAN JASMANI MAHASISWA PG-PAUD
(1) Universitas Slamet Riyadi
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi mahasiswa PG-PAUD Universitas Slamet Riyadi terhadap media YouTube dalam membantu belajar mandiri pada mata kuliah praktek yaitu Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa PG-PAUD berjumlah 12 orang yang dipilih dari mahasiswa yang mempunyai kemampuan awal tentang kompetensi gerak yang rendah atau bukan seorang olahragawan. Data penelitian berupa hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memilih media YouTube untuk pendamping belajar mandiri pada mata kuliah jenis praktek (pendidikan jasmani) karena dapat memberikan banyak informasi materi melalui video, waktu belajar yang fleksibel dan mudah diakses. Namun YouTube juga punya keterbatasan yaitu tidak adanya timbal balik (hanya komunikasi satu arah) dan tidak bisa dijadikan bahan evaluasi. Media YouTube tidak serta merta dapat membantu sepenuhnya belajar mandiri pada mata kuliah praktek terbukti mahasiswa masih membutuhkan peran dosen untuk mengevaluasi proses belajar geraknya, benar tidaknya, sehinga sebagai prasyarat untuk melanjutkan mempelajari gerakan selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114.
Camahalan, F.M.G. (2000). Effects of self regulated learning on mathematics achievement of selected southeast asian children. Journal of Instructional Psychology, 33 (3), 194â€205.
Cheng, X., Dale, C., & Liu, J. (2008). Statistics and social network of youtube videos. Quality of service, 2008. IWQoS 2008. 16th international workshop on (pp. 229–238).IEEE.
Cho, M., Kim, Y., & Choi, D. (2017). The e ff ect of self-regulated learning on college students ’ perceptions of community of inquiry and a ff ective outcomes in online learning. The Internet and Higher Education, 34(August 2016), 10–17. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2017.04.001
Howse, R.B., Lange, G., Farran, D.C., & Boyles, C.D. (2003). Motivation and selfâ€regulation as predictors of achievement in economically disadvantaged young children. The Journal of Experimental Education, 77 (2), 151â€174.
Lee, D. Y., & Lehto, M. R. (2013). User acceptance of youtube for procedural learning: An extension of the technology acceptance model. Computers & Education, 61,193–208.
Loe, S. N., Bohner, A., Stumpp, J., Limberger, M. F., & Gidion, G. (2019). Learning and Individual Di ff erences Investigating and fostering self-regulated learning in higher education using interactive ambulatory assessment, 71(April 2018), 43–57. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.03.006
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). milesandhuberman1994.pdf. (R. Holland, Ed.) (Second). California: SAGE Publication.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. (L. Barrett, Ed.) (Third Edit). SAGE Publication.
Ningrum, K. R., Toenlioe, A. J. ., & Abidin, Z. (2019). Analisis pemanfaatan search engine dalam meningkatkan self-regulated learning. JKPT Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 149–157. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Perry, N.E., Hutchinson, L., & Thauberger, C. (2007). Mentoring student teachers to design and implement literacy tasks that support self regulated learning and writing. Reading & Writing Quarterly, 23, 27–50.
Reigeluth, C. M., Beatty, B. J., & Myers, R. D. (2017). INSTRUCTIONAL-DESIGN THEORIES AND MODELS , VOLUME IV (VOLUME IV). New York: Taylor and Francis.
Saurabh, S., & Gautam, S. (2019). Computers & Education Modelling and statistical analysis of YouTube ’ s educational videos : A channel Owner ’ s perspective. Computers & Education, 128(May 2018), 145–158. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.003
Usta, G., & Bozpolat, E. (2014). An assessment of education faculty students ’ views on their self-regulated learning skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 1620–1625. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.445
Zimmerman, B. J. (1986). Becoming a selfregulated learner. Which are the key subprocesses? Contemporary Educational Psychology, 11, 307â€313.
Zimmerman, B.J. (1990). Self regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25 (1), 3â€17
DOI: 10.24235/awlady.v6i2.6228
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.