PENGARUH MEDIA BENDA-BENDA ALAM TERHADAP KEMAMPUAN KLASIFIKASI DAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN POLA
(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan klasifikasi dan kemampuan mengurutkan pola sangat penting untuk dikembangkan bagi anak usia dini. Pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan klasifikasi dan kemampuan mengurutkan pola perlu memperhatikan factor media pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media benda-benda alam terhadap (1) kemampuan klasifikasi dan (2) kemampuan mengurutkan pola pada anak usia 4-5 tahun.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Sampel penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang ada di TK Rahmatullah Kabupaten Banyuwangi berjumlah 40 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman obesrvasi. Teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat data dan uji hipotesis data. Uji prasyarat data terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Sementara uji hipotesis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikasi sebesar 5%. Hasil yang didapatkan pada uji hipotesis kemampuan klasifikasi dan kemampuan mengurutkan pola menunjukkan nilai sig paired sample t-test dan independent sample t-test sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media benda-benda alam terhadap (1) kemampuan klasifikasi dan (2) kemampuan mengurutkan pola pada anak usia 4-5 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, W., Maryatun, I.B., & Muthmainah. (2007). Buku pegangan kuliah pendidikan taman penitipan anak/kelompok bermain 2 sks. Yogyakarta: PGTK FIP UNY.
Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, S.D. (2016). Transmisi budaya dan kearifan lokal pada pendidikan islam anak usia dini. Jurnal Penelitian. Volume 13 Nomor 1 2016. https://doi.org/10.28918/jupe.v13i1.1190
Bhargava, A. & Kirova, A. (2002). Assessing the development of mathemathical Concept in Presschool Children: Checklists for Teachers. Journal of Teaching & Learning. 2 (1), 53-63. DOI: HTTPS://DOI.ORG/10.22329/JTL.V2I1.142
Bundu, P. (2006). Keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains - sd. Jakarta: Depdiknas.
Charlesworth, Rosalind. (2005). Experiences In Math For Young Children Fifth Edition. United States: Thomson Delmar Learning.
Chen, Y. (2011). A study of development geometric classification in young children. A Reasearch Paper University of Wisconsin-Stout. http://www2.uwstout.edu/content/lib/thesis/2011/2011cheny.pdf
Commission, E. (2013). Math in the early year. The Progress of Education Reform, 14, 1-7.
Cruikshank., Douglas, E., David L., Fitzgerald & Jensen, L.R. (1980). Young children learning mathematics. America: Allyn and Bacon.
Dawes, C.G. (1977). Early maths. London and New york: Longman Group Limited.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan kemampuan klasifikasi melalui media benda konkret pada anak kelompok a1 di tk cahaya kembar bangkinang kampar. Jurnal PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. Volume 2 Nomor 1 2015 Halaman 94-107.
Hanisah, L., & Simatupang, N. D. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGURUTKAN POLA WARNA (MERAH-KUNING) DENGAN MEDIA KERTAS ORIGAMI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. PAUD Teratai, 5(1).
Hikmah, R. S. N., Rintayati, P., & Lestari, L. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN POLA BENTUK 3 DIMENSI GEOMETRI DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL. Kumara Cendekia, 7(3), 304-313.
Hildayani, R., Rosdiana S.T., Pujiati, S.R.R., Sugianto, M., Masykouri, A., & Handayani, E. (2005). Psikologi perkembangan anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Istiyani, D. (2013). Model pembelajaran membaca menulis menghitung (calistung) pada anak usia dini di kabupaten pekalongan. Jurnal Penelitian. Vol. 10, No. 1, Mei 2013. Hlm. 1-18. DOI: https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1
Jackman, H. L. (2012). Early education curiculum : a child’s connection to the world, fifth edition international edition. China : Wadsworth Cengage Learning.
Kennedy., Leonard, M., Tipps, S., & Johnson, A. (2008). Guiding children’s learning of mathematics. America: Thomson Higher Education.
Lanigan, J. (2014). Physical activity for young children: A quantitative study of child care providers’ knowledge, attitudes, and health promotion practices. Early Childhood Education Journal, 42(1), 11-18. https://doi.org/10.1007/s10643-013-0583-8.
Liu, X. (2000). Elementary school students' logical reasoning on rolling. International Journal of Technology and Design Education, 10(1), 3-20. https://doi.org/10.1023/A:1008915909164
Lwin, M., Khoo, A., Lyen, K., & Sim, C. (2008). Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan. Jakarta : PT. INDEKS.
Manan, A., & Nawafilaty, T. (2017). PENGARUH MEDIA DADU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK B DI TK KECAMATAN GLAGAH–LAMONGAN. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). DOI : 10.24235/awlady.v3i1.1278
Muniroh, S.M. (2015). Perkembangan moral santri anak usia dini. Jurnal Penelitian. Vol. 12, No. 2, November 2015. Hlm. 180-199. DOI: https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2
NAIMAH, N. (2015). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABC-ABC MELALUI MODEL TALKING STICK DI KELOMPOK A TK DAMAI BANJARMASIN. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 1(2), 40-67.
Nugraha, A. (2005). Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Paciorek., Menke, K., & Munro, J.H. (2002). Early chilhood education. America: Mc Graw-Hill/Dushkin.
Piotrowski, J. T., Vossen, H. G., & Valkenburg, P. M. (2015). Media and child development. International encyclopedia of the social & behavioral sciences. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92145-7.
Platz, D.L. (2004). Challenging young children through simple sorting and classifying: a developmental approach. Education, 125(1).
Putri, M. R., & Wahyuningsih, S. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN POLA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A1 TK DESA WONOLOPO TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016.
Ramadhan, S.Z.N., Sabdaningtyas, L., & Sofia, A. (2017). Mengembangkan kemampuan mengklasifikasikan benda anak usia dini melalui bermain bahan alam. 14956-33181-1-PB.
Santrock, J.W. (2002). Life-span development. Jakarta: Erlangga.
Seefeldt, C., & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat dan lima tahun masuk sekolah. (Terjemahan Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks. (Edisi asli diterbitkan tahun 2006 oleh Pearson Education Inc. New Jersey Upper Saddle River).
Smith, A. & Price. (2012). Mathematics in Early Years Education (Third Edition ed.). New York: Routledge.
Smith, S.S. (2009). Early childhood mathematics. USA:Pearson.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y.N. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono, Y.N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.
Ulfah, M. (2019). EVALUASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERMULAAN DI TK NEGERI PEMBINA CIREBON. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 16-33. DOI : 10.24235/awlady.v5i2.5128
Warren, E., & Cooper, T. (2006). Using repeating patterns to explore functional thinking. Australian Primary Mathematics Classroom, 11(1), 9.
Widodo, S.A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 154-160.
Yusnida., Endang, B., & Astuti, I. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN BENDA DENGAN MEDIA BIJI KARET PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1).
DOI: 10.24235/awlady.v6i2.5878
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.