PENGGUNAAN PERMAINAN DADU LITERASI UNTUK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DI TK AL-AQSHO KONAWE SELATAN

La Hewi(1*),


(1) Institut Agama Islam Negeri Kendari
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

Play as the main activity and is very desirable to be done by children to be the best means for stimulating early childhood development activities so teachers need to design creative games that are appropriate and effective for stimulating child development. PAUD unit educators do not take advantage of creative games in the learning activities carried out. The use of a literacy dice game is used as a medium for stimulating the emotional social development of early childhood in group A TK Al-Aqsho, Konawe Selatan District. The research method used is action research. The model chosen for action is the Kemmis and Taggart cycle which has four stages of planning, action, observation and reflection. Data on children's social emotional development obtained from observation and documentation are then analyzed using a percentage. The study was conducted in two cycles, each cycle having three meetings. The results showed that the use of literacy dice games was effective for stimulating emotional social development of early childhood.

 

Keywords: Literacy Dice Game, Social Emotional Children

 

Abstrak

Bermain sebagai aktivitas utama dan sangat diminati untuk dilakukan oleh anak menjadi sarana yang paling baik untuk kegiatan stimulasi perkembangan anak usia dini sehingga guru perlu merancang permainan kreatif yang tepat dan efektif untuk stimulasi perkembangan anak. Pendidik satuan PAUD kurang memanfaatkan permainan kreatif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Penggunaan permainan dadu literasi sebagai media stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini kelompok A TK Al-Aqsho Kabupaten Konawe Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Model yang dipilih untuk melakukan tindakan yaitu siklus model Kemmis dan Taggart yang memiliki empat tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data perkembangan sosial emosional anak yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan presentase. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan permainan dadu literasi efektif untuk stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini.

 

Kata Kunci: Permainan Dadu Literasi, Sosial Emosional Anak


Keywords


Kata Kunci: Permainan Dadu Literasi, Sosial Emosional Anak

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rizki dan Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20–26.

Andriyani, P. W. S., Raga, G., & Suartama, I. K. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak di TK Widya Suta Kerti Sulanyah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1–11.

Anggraini, Tristanti Dewi dan Wahyuno, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Dadu Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Tunagrahita Kelas 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 22–26.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Duha, Refisi dan Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing di Kelompok Bermain. Satya Widya, 34(1), 77–87.

Febriyanti, I. M. (2014). Pengaruh Permainan Dadu Terhadap Kemampuan Menghitung 1-6 Dalam Pelajaran Matematika Pada Anak Cerebal Palsy (CP) Di SDLB D/D1 YPAC Malang. Universitas Negeri Malang.

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak (Keenam). Jakarta: Erlangga.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di PAUD Habibul Ummi II. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250–263.

Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10.

Khasanah, I., Prasetyo, A. dan R. E. (2011). Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1), 91–105.

Kuntjojo, S. dan. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-calistung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86–96.

Nurbayani, Y. (2011). Pengaruh Penerapan Bermain Dengan Dadu Geometri Terhadap Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Pra Sekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111.

Papalia, D. E. dan R. D. F. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, A. R. N. (2013). Efektivitas Permainan Tradisional Jawa dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial pada Anak Usia 4-5 Tahun di Kecamatan Suruh. BELIA: Early Childhood Education Papers, 2(1).

Rohmah, N., R. dan A. R. (2016). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif melalui Media Dadu dalam Pengembangan Kemampuan Matematika Bagi Anak Usia Dini. Journal of Primary Education, 5(1), 42–48.

Santrock, J. W. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Satriana, M. (2013). Permainan Tradisional Berbasis Budaya Sunda Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 65–84.




DOI: 10.24235/awlady.v6i1.5575

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here