PAPAN HURUF FLANEL: MEDIA PEMBELAJARAN KEAKSARAN AWAL UNTUK ANAK USIA DINI
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Yennizar. (2018). Optimalisasi Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Saintifik. JISEC (Journal of Islamic Studies For Early Childhood, 1(1).
Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata di Taman Kanak Kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 673–683.
Fitriyani, N., Tresnawati, D., & Hadiyanto, N. (2014). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf dan Warna untuk Anak Usia DIni Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 11(1), 1–9.
Guswarni, E. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Permainan Kartu Gambar di Taman Kanak Kanak Negeri Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–12.
Hayati, Z. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dari Botol Plastik dan Koran Bekas untuk Meningkatkan Kreativitas. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Indriyani, F., & Sihite, K. R. (2015). Pengenalan Huruf, Angka dan Warna Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Multi Media. Paradigma, XVII(1), 28–35.
Izzaty, R. E., Cholimah, N., & Wulandari, R. (n.d.). Pengembangan Buku Cerita Tematik Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Membaca Pada Anak Prasekolah.
Kemdikbud. Permendikbud 137 Tahun 2014 (2014).
Kurnia, R., & Zulkifli, N. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Bahan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanan Melati Dharma Wanita Air Tiris Kecamatan Kampar. EDUCHILD, 5(1), 27–36.
Maulidya, A. R., Sa’dullah, A., & Lismanda, Y. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Pohon Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Stroberi Restu 1 Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–9.
Muflikha, E. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias di PAUD Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. Spektrum PLS, 1(1).
Nuraeni, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 245–256.
Pangastuti, R., & Farida, S. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesia Journal of Early CHhildhood Islamic Education, 1(1), 51–66.
Putra, L. D., & Ishartiwi. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178.
Ramadani, R. (2015). Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, IV(1), 582–587.
Ratnasari Dwi Ade Chandra. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal A,I,U,E,O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. INDRIA, Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, II(1), 45–71.
Sari, F. D., & Simatupang, N. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Papan Flashcard Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok A TK Putra Airlangga Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 6(3).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhermin. (2019). Penerapan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Peserta Didik Kelompok A di RA Muslimat NU Al Hikmah Wagir Malang. Jurnal Dewantara, 1(1), 19–24.
DOI: 10.24235/awlady.v5i2.5196
Article Metrics
Abstract view : 204 timesPDF - 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.