EFEKTIVITAS MEDIA CELEMEK ILMU TERHADAP PENGEMBANGAN ARITMATIKA ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PALOPO
(1) Universitas Muhammadiyah Palopo
(2) Universitas Muhammadiyah palopo
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan Aritmatika permulaan dilakukan di PAUD Kota Palopo tidak sesuai dengan pendekatan dan tahap perkembangan anak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan aritmatika anak umur 5-6 tahun yang diberi perlakuan dengan media celemek ilmu di Taman Kanak-Kanak Kota Palopo. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah the non equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Tes, Pengamatan, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistika deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pengembangan aritmatika umur 5-6 tahun diperoleh hasil perhitungan t hitung di Taman Kanak-kanak Kota Palopo sebesar 9,171 > t tabel 2,048 dan Z hitung di Taman Kanak-kanak Kota Palopo sebesar 4,830 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sedangkan nilai signifikan t tabel 0,000 < α 0,05. Sebab taraf signifikan < dari pada 0,05, maka ada pengaruh yang signifikan data pre test dan post test kelompok treatment media celemek ilmu dalam meningkatkan pengembangan aritmatika pada anak di Taman Kanak-kanak Kota Palopo. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata post test lebih besar dibanding nilai rata-rata pre test (20,3:10,6) dengan selisih 9,7. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok treatment media celemek ilmu dalam meningkatkan pengembangan aritmatika pada anak di Taman Kanak-kanak Kota Palopo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adityasari, Anggraini. (2013). Main Matematika Yuk. Jakarta: Gramedia.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Desmita. (2009). Psikologi perkembanagn Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Martinis Yamin. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: gaung Persada Press
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Mudjito. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud
Permendikbud 137. (2014). Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Permendikbud.
Ramli, Syamsul Alam. (2018). Celemek Ilmu. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2018 pada pukul 21.11 di http://syamsulalamramli.blogspot.com/2017/11/celemek-tema.html?m=1
Sujiono, dkk. (2008). Anak dan Kemampuannya dalam Belajar. Yogyakarta: Nusa Permai.
Suyadi dan Maulidya Ulfa. (2013). Konsep Dasar PAUD.Bandung: Rosdakarya.
Thoifuri.(2007). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail Media Group.
Tri Suhartini. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Makassar: Yayasan pendidikan Fatiyah Makassar.
Trisyani, Ria Anggun, dkk, (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Kain Celemek Untuk Meningkatkan kemampuan Bahasa Lisan Pada Anak. E-journal PG-PAUD Universitas Pendidikan GaneshacVol. 2 No. 1 Tahun 2014.
Wiktionary. (2018). Celemek. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2018 pada pukul 21.08 di https://id.m.wiktionary.org/wiki/celemek
DOI: 10.24235/awlady.v5i2.5193
Article Metrics
Abstract view : 136 timesPDF - 56 times
Refbacks
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.