EVALUASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERMULAAN DI TK NEGERI PEMBINA CIREBON

Maulidya Ulfah(1*), Ayu Luharnarky(2), Saifuddin Saifuddin(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Evaluasi kurikulum dilaksanakan di TK Negeri Pembina Cirebon Kabupaten khususnya dalam Pembelajaran Matematika Permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jalannya implementasi kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran matematika permulaan di TK Negeri Pembina Cirebon ditinjau dari komponen Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Hasil evaluasi pada komponen konteks, input, proses dan produk menemukan bahwa TK Negeri Pembina Cirebon telah menggunakan Kurikulum 2013 dan menjadikan Permendikbud no. 136 dan 147 tahun 2014 serta buku Direktorat PAUD sebagai acuan penyusunan kurikulum. Sarana dan prasarana yang dimiliki sudah memadai, selain itu, perbandingan guru dan siswa kelas A sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Perencanaan kegiatan matematika permulaan mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) dan Kompetensi Inti (K-I) serta Kompetensi Dasar (K-D). Metode Pembelajaran pada kegiatan matematika permulaan adalah penugasan, bermain, demonstrasi, dan praktik langsung. Media yang digunakan beraneka ragam mulai puzzle, lego, balok dan juga media buatan guru. Faktor pendukung pembelajaran matematika permulaan adalah guru yang linear, perencanaan pembelajaran yang dan lengkap serta sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambat kegiatan matematika permulaan yaitu kesiapan psikologis anak dan orang tua. Hasil belajar anak yang dilaporkan berupa deskripsi pertumbuhan dan perkembangan dan dilaporkan setiap 6 bulan sekali.

 

 


Keywords


Evaluasi, Kurikulum 2013, Matematika Permulaan

Full Text:

PDF

References


Anamara, M. G. V. (2014). Evaluasi Program Implementasi Standar Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8, 291–304.

Anonim. (2017). Implementasi Model Evaluasi Kesesuaian (Congruence Model) Terhadap Pemahaman Dan Perilaku Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Repositori STAIN Kudus.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dedi W. Mustofa. (2018). Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Dedi W. Mustofa. (2018). Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Eveline, & Hartini. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fitri, A. E., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, Vol. 2.

Handayani, O. D. (2019). Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui Kewirausahaan dan Aktivitas Bercocok Tanam Pada Anak Usia Dini. UPGRIS.

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) pada Taman Kanak-Kanak di Kota Metro Lampung. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5 No.

Heerden, J. Van. (2016). Quality in South Arican Early Learning centers: Mother’s and Teacher’s Views and Understanding. South African Journal o Childhood Education.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 3.

Langhorst, P., Ehlert, A., & Fritz, A. (2013). Realising Pre-School Mathematical Education - a development- Oriented Math Programme with Special Consideretion of Phonologiccal Language Processing Aspect. Sun Media Metro: South African Journal of Childhood Education, 1.

Manan, A., Mus’adatul, Fithriyah, & Nawafilaty, T. (2017). Pengaruh Media Dadu Huruf terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah pada Kelompok B di TK Kecamatan Glagah-Lamongan. Awlady, 8.

Novitawati. (2013). Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak-Kanak Berbasis Model Pembelajaran Sentra. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.7.

Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikannya. Jurnal Potensia, Vol. 2.

Patimah. (2015). Integrasi Pendidikan Moral dan Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 1 No.

Permendikbud no. 137. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud no. 146. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia DIni. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5 No.

Qomari, R. (2008). Model Evaluasi Pendidikan. INSANI, 13.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samiudin. (2016). Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, Vol. 11 No.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Srinahyani. (2017). Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Ditinjau Dari Lembaga Pendidikan dan Tingkat Pendidikan Orang Tua. Jurnal Unimed, Vol. 7 No.

Sukmadinata, N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi, & Dahlia. (2013). Implementasi dan Orientasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widiyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno. (2011). Membantu Anak Belajar Matematika. Jakarta: Oryza.

Winfred. (2012). Theories Of Learning (Teori-Teori Pembelajaran Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi). Bandung: Nusa Media.




DOI: 10.24235/awlady.v5i2.5128

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here