PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN IBU SESUDAH MENDAPATKAN BOOKLET PENDIDIKAN SEKSUAL UNTUK ANAK USIA DINI

Dyah Triwidiyantari(1*),


(1) STIKes Dharma Husada Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Informasi tentang seksualitas sebaiknya didapatkan anak langsung dari orang tuanya,

namun karena kurangnya pengetahuan orang tua serta kurangnya interaksi dan komunikasi antara orang tua dan anak menjadi faktor utama belum tersampaikannya pendidikan seksual sejak usia dini di lingkup keluarga. Informasi mengenai kesehatan seksual yang diberikan kepada anak bertujuan agar anak tidak memiliki pemahaman yang salah dan menjadi korban kekerasan seksual. Untuk dapat meningkatkan pengetahuan ibu diperlukan pendekatan pendidikan kesehatan dengan media cetak booklet  yang  memuat  informasi  pendidikan  seksual  untuk  anak  usia  dini  yang disajikan dalam tulisan dan gambar agar mudah dipahami dan pesan dapat dinikmati kapan saja tanpa menentukan waktu.

Penelitian ini adalah studi pra-eksperimen menggunakan desain one group pretest- posttest, dilakukan di Kelurahan Kebon Waru wilayah kerja Kota Bandung dengan sampel  sebanyak  34  ibu  yang memiliki  anak  usia  3-6  tahun  yang dipilih  secara concecutive sampling. Perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan ibu sesudah mendapatkan booklet pendidikan seksual usia dini diukur menggunakan kuesioner. Analisis data dengan uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai p<0,05 dengan peningkatan 30% pada skor pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan  dengan  booklet.  Pada skor  sikap  terdapat  peningkatan  sebesar 11,42% dengan nilai p<0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum diberi perlakuan dengan setelah diberi perlakuan dengan booklet. Pada uji wilcoxon perilaku (praktik) didapatkan nilai p<0,05 dan peningkatan 163% antara sebelum dan setelah diberi perlakuan berupa booklet pendidikan seksual anak usia dini.

Simpulan penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan media booklet dapat menjadi   salah   satu   alternative   pendidikan   kesehatan   dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan ibu dalam pemberian pendidikan seksual untuk anak usia dini.


Keywords


Booklet, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Pendidikan Seksual

Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/awlady.v5i2.5081

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here