PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYYAH PADA SENTRA AGAMA DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS 1001 TAKENGON ACEH TENGAH

dewi purnama sari(1*),


(1) UIN SUNAN KALJAGA UNIVERSITY
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

The ability to read the verses of the Qur'an is decreasing, the motivation to read the Qu’ran is increasingly fading. Of course the next generation cannot be allowed to go on in conditions that are not conducive so that the basic learning of reading the Qur'an, namely knowing the letter by letter of the Hijaiyah letter becomes an important agenda to do since the child is still early. As what was done by Takengon 1001 Kindergarten is to teach hijaiyah letters by internalizing the religious center. This can be used as a reference for other educational institutions to provide a basis for the ability to read the Qur'an. The method used in this study is a research field with a qualitative approach. This paper examines the concept of hijaiyah letter learning at the religious center and the implementation of hijaiyah letter learning at religious centers in Takengon 1001 Kindergarten. Findings in the field that the concept of hijaiyah letter learning is interpreted as learning related to the verses of the Qur'an so that it can provide knowledge that someday children are able to read well and correctly. The learning process of hijaiyah letters with religious centers is done by planning to assessment so that aspects of children's language, motoric, cognitive, and social development can be achieved.

Keywords: Learning, Letter Hijaiyah, Center of Religion

 

Abstrak

Kemampuan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an semakin menurun, motivasi membaca al-Quran semakin memudar. Tentu generasi penerus tidak dapat dibiarkan berlarut dalam kondisi yang tidak kondusif sehingga pembelajaran dasar membaca Al-Qur’an yakni mengetahui huruf demi huruf dari huruf hijaiyah menjadi agenda penting untuk dilakukan sejak anak masih dini. Sebagaimana yang dilakukan oleh Taman Kanak-Kanak 1001 Takengon yaitu membelajarkan huruf hijaiyah dengan internalisasi pada sentra agama. Hal tersebut dapat dijadikan acuan bagi lembaga pendidikan lainnya untuk memberikan dasar kemampuan membaca Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field riset dengan pendekatan kualitatif. Tulisan ini mengkaji konsep pembelajaran huruf hijaiyah pada sentra agama dan pelaksanaan pembelajaran huruf hijaiyah pada sentra agama di Taman Kanak-Kanak 1001 Takengon. Temuan di lapangan bahwa konsep pembelajaran huruf hijaiyah dimaknai sebagai pembelajaran yang berkaitan dengan bagian ayat-ayat al-Qur’an sehingga dapat memberikan pengetahuan bahwa kelak anak mampu membaca dengan baik dan benar. Proses pembelajaran huruf hijaiyah dengan sentra agama dilakukan dengan perencanaan hingga penilaian sehingga aspek perkembangan bahasa, motorik, kognitif, sosial anak dapat tercapai.

Kata Kunci: Pembelajaran, Huruf Hijaiyah, Sentra Agama


Keywords


Keywords: Learning, Letter Hijaiyah, Center of Religion

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arsyad, Azhar. (1999). Bahasa Arab Dan Metode Pengajaranya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Carol, Seefeldt. Wasik Barbara A. (2006). Pendidikan Anak Usia Dini. Alih Bahasa: Pius Nasar. Jakarta: Indeks.

Depdiknas. (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers And Circle Time (BCCT)†(Pendekatan Sentra Dan Lingkaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.

Diana, Mutiah. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Cetakan II. Jakarta: Prenada Media Group

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Cet 13. Jakarta: Bumi Aksara.

Harun, Rasyid. Dkk. (2009). Asessmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Imroatun. (2017). Pembelajaran Huruf Hijaiyah bagi Anak Usia Dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education © 2017 Study Program of Islamic Education for Early Childhood, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science (pp.175-188). State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta. Volume 2. August.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Margono. (2009). Metode Penelitian (Komponen MKDK). Cet-VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursid. (2015). Belajar Dan Pembelajaran Paud. Cet II. Bandung: Remaja Rosdakarya

Silberman, Melvin L. (2006). Active Lerning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terj, Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.

Slamet, Suyanto. (2005). Kosep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharsimi, Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno, Hadi. (2002). Metodologi Reserach II. Yogyakarta: Andi Offset.

Suyadi. Maulidya Ulfa. (2013). Konsep Dasar Paud. Cet- II. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yunus, Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum. Cet Ke- II. Bandung: Refika Aditama.




DOI: 10.24235/awlady.v5i2.3969

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here