IMPLEMENTASI TEKNIK HYPNOTEACHING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Hypnoteaching adalah seni berkomunikasi dengan jalan memberikan sugesti agar para siswa menjadi lebih cerdas. Dengan sugesti yang diberikan, diharapkan mereka tersadar dan tercerahkan bahwa ada potensi luar biasa yang selama ini belum pernah mereka optimalkan dalam pembelajaran. Hypnoteaching merupakan perpaduan dari konsep aktivitas belajar mengajar dengan ilmu hipnosis.. Dalam hypnoteaching, guru berperan sebagai hipnosis sementara siswa selaku suyet (orang yang dihipnosis), guru selaku hipnosis tidak perlu menidurkan anak didiknya ketika memberi sugesti. Guru dalam praktek hypnoteaching cukup menggunakan bahasa persuasif sebagai alat komunikasi yang dapat mensugesti siswa secara efektif. Gunakanlah bahasa komunikasi yang sesuai dengan harapan siswa. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah usia yang memegang pondasi bagi pertumbuhan dan perkembangan pendidikan jasmani dan rohaninya. Dalam proses pembelajarannya memerlukan perlakuan yang khusus dan teknik yang tepat agar proses pembelajarannya berhasil. Teknik hipnoteaching merupakan salah satu pendekatan yang tepat diberikan kepada anak usia dini. Karena manfaatnya akan memberikan relaksasi secara psikologis. Belajar akan terasa lebih menyenangkan, damai, tenang, rileks, dan kaya akan makna sugestif dalam pembelajaran di kelas tanpa harus mengurangi hakekat dari tujuan kurikulum.
Â
Kata Kunci: Hypnoteaching, Pembelajaran, Anak Usia Dini
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Almatin, Isma. 2010. Dahsyatnya Hypnosis Learning : Untuk Guru dan Orang Tua. Yogyakarta, Pustaka Widyatama.
Bachtiar, Wardi, 1999, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Fachri, Hisyam A. 2008. The Real Art of Hypnosis: Kolaborasi Seni Hypnosis Timur-Barat. Jakarta : Gagas Media.
GNCH. 2008. Apakah Hipnosis Itu?. Modul Pelatihan Hipnosis. Bandung : NHC.
Hadi, Sutrisno, 1984, Metodologi Penelitian Research II, Jakarta: Puspa Swara.
Hajar, Ibnu. 2011. Hypnoteaching : Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar dengan Hipnoterapi. Yogyakarta: DIVA Press.
Holiah, Iis. 2010. Pendekatan Hypnoteaching Sebagai Sebuah Inovasi Dalam
Pembelajaran. (makalah lomba guru teladan tingkat nasional).
Mardalis, 2002, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J., 1999, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Morgan, Dylan. 2011. Hypnosis for Beginners (Hipnotis untuk pemula). Yogyakarta: Lahar Publisher.
Noer, Muhammad. 2010. Hypnoteaching For Succes Learning. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Nugroho. 2008. Transformasi Diri, Memberdayakan Diri melalui Hipnoterapi. Jakarta : Gramedia.
Pertiwi, Hana, 2014, Hypno-teaching untuk PAID dan TK, Jogjakarta: Diva Press
Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Sangarimbun, Masri & Effendi Sofian, 1999, Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES.
Sogiyanto. 2006. Filosofi Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta : Andi Offset.
Sudjana, Nana, 2002, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Al Gensindo
Wonk, Willy. dan Andri Hakim. 2010. Dahsyatnya Hipnosis. Jakarta : Visi Media.
DOI: 10.24235/awlady.v4i2.3122
Article Metrics
Abstract view : 256 timesPDF - 210 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.