IMPLEMENTASI TEKNIK HYPNOTEACHING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI

Masdudi Masdudi(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Hypnoteaching adalah seni berkomunikasi dengan jalan memberikan sugesti agar para siswa menjadi lebih cerdas. Dengan sugesti yang diberikan, diharapkan mereka tersadar dan tercerahkan bahwa ada potensi luar biasa yang selama ini belum pernah mereka optimalkan dalam pembelajaran. Hypnoteaching merupakan perpaduan dari konsep aktivitas belajar mengajar dengan ilmu hipnosis.. Dalam hypnoteaching, guru berperan sebagai hipnosis sementara siswa selaku suyet (orang yang dihipnosis), guru selaku hipnosis tidak perlu menidurkan anak didiknya ketika memberi sugesti. Guru dalam praktek hypnoteaching cukup menggunakan bahasa persuasif sebagai alat komunikasi yang dapat mensugesti siswa secara efektif. Gunakanlah bahasa komunikasi yang sesuai dengan harapan siswa. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah usia yang memegang pondasi bagi pertumbuhan dan perkembangan pendidikan jasmani dan rohaninya. Dalam proses pembelajarannya memerlukan perlakuan yang khusus dan teknik yang tepat agar proses pembelajarannya berhasil. Teknik hipnoteaching merupakan salah satu pendekatan yang tepat diberikan kepada anak usia dini. Karena manfaatnya akan memberikan relaksasi secara psikologis. Belajar akan terasa lebih menyenangkan, damai, tenang, rileks, dan kaya akan makna sugestif dalam pembelajaran di kelas tanpa harus mengurangi hakekat dari tujuan kurikulum.

 

Kata Kunci: Hypnoteaching, Pembelajaran, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Almatin, Isma. 2010. Dahsyatnya Hypnosis Learning : Untuk Guru dan Orang Tua. Yogyakarta, Pustaka Widyatama.

Bachtiar, Wardi, 1999, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Fachri, Hisyam A. 2008. The Real Art of Hypnosis: Kolaborasi Seni Hypnosis Timur-Barat. Jakarta : Gagas Media.

GNCH. 2008. Apakah Hipnosis Itu?. Modul Pelatihan Hipnosis. Bandung : NHC.

Hadi, Sutrisno, 1984, Metodologi Penelitian Research II, Jakarta: Puspa Swara.

Hajar, Ibnu. 2011. Hypnoteaching : Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar dengan Hipnoterapi. Yogyakarta: DIVA Press.

Holiah, Iis. 2010. Pendekatan Hypnoteaching Sebagai Sebuah Inovasi Dalam

Pembelajaran. (makalah lomba guru teladan tingkat nasional).

Mardalis, 2002, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J., 1999, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Morgan, Dylan. 2011. Hypnosis for Beginners (Hipnotis untuk pemula). Yogyakarta: Lahar Publisher.

Noer, Muhammad. 2010. Hypnoteaching For Succes Learning. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Nugroho. 2008. Transformasi Diri, Memberdayakan Diri melalui Hipnoterapi. Jakarta : Gramedia.

Pertiwi, Hana, 2014, Hypno-teaching untuk PAID dan TK, Jogjakarta: Diva Press

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Sangarimbun, Masri & Effendi Sofian, 1999, Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES.

Sogiyanto. 2006. Filosofi Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta : Andi Offset.

Sudjana, Nana, 2002, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Al Gensindo

Wonk, Willy. dan Andri Hakim. 2010. Dahsyatnya Hipnosis. Jakarta : Visi Media.




DOI: 10.24235/awlady.v4i2.3122

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here