KESULITAN-KESULITAN YANG DIHADAPI MAHASISWA PIAUD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Nina Puspitaloka(1*), Yuna Tresna Wahyuna(2),


(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan investigasi terhadap kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa PIAUD dalam pembelajaran bahasa Inggris. Design yang digunakan adalah kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa S1 Prodi PIAUD menemukan kesulitan-kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Kesulitan tersebut disebabkan oleh faktor kompetensi dan ketidaksiapan mahasiswa serta disebabkan pula oleh kondisi mahasiswa yang masih memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat kurang, seperti: kurangnya penguasaan grammar, kosakata, dan pengucapan kata. Dari penelitian ini diharapkan agar mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.

Keywords


Kesulitan Belajar, Bahasa Inggris, ESP

Full Text:

PDF

References


Hutchinson, T. & Alan Waters (1987). English for Specific Purpose: A Learning-Centered Approach. New York: Cambridge University Press.

Jhon, dkk. (2009). Developments in English for Specific Purpose: A-Muli-disciplinary Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Jordon, R.R. (2009). English for Academic Purpose: A guide and Resume Book for Teacher. Cambridge: Cambridge University Press.

Kustanti, Dewi. (2016). Kesulitan Dan Solusi Pembelajaran English Reading Text. Jurnal al-Tsaqafa, 13(1).

Master, Peter. (1998). Responses to English for Specific Purposes. California: San Jose State University.

McDonough, Jo. (1984). ESP in Perspectives. London: Collins ELT.

Megawati, Fika. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia, 5(2).

Paltridge, B and Sue Starfield. (2013). The Handbook of English for Specific Purpose. Chichester: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Puspitaloka, Nina. (2014). The Effects of Grammar Mastery and Critical Thinking Towards Students’ Descriptive Writing Skill.

Risatyah, Anisa (2015). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris S1 Agroteknologi Fakultas Pertanian UNSIKA.

Ummah, S.S. (2012). Problematika dalam Belajar Listening Comprehension yang Dihadapi Oleh Mahasiswa Semester III Tadris Bahasa Inggris STAIN Pamekasan. Jurnal Nuansa, 9(1).




DOI: 10.24235/awlady.v4i2.3071

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here