Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Indonesia: Systemic Literature Review

Tya Resta Fitriana(1*), Munawir Yusuf(2), Subagya subagya(3),


(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan bahasa anak menjadi bagian penting dalam tahapan perkembangan kognitif anak serta mendapat banyak perhatian dalam pengkajian penelitian. Banyak penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor dominan yang mempengaruhi perkembangan Bahasa Anak Usia dini. Penleitian ini menggunakan metode Systemic Literature Review (SLR). SLR berutujuan untuk mengetahui apa yang sudah ditemukan dari  penelitian  yang  sudah  ada  sebelumnya  tentang  suatu  fenomena,  subjek  atau  topik tertentu. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 21 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari database google scholar dengan menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish. Berdasarkan hasil pengkajian diketahui bahwa  dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa pada anak usia dini masih relatif menarik untuk dijadikan fokus dalam penelitian khususnya pada tiga tahun terahir sesuai dengan pembatasan masalah penelitian. Berdasarkan pengkajian dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak adalah pola pengasuhan, kecerdasan, faktor eksternal (semisal jenis kelamin dan umur) dan faktor lingkungan (masyarakat dan lingkungan sekitar) dan faktor dominan yang paling banyak disebutkan adalah pola asuh keluarga dengan prosentase sebesar 92,8%. Pola keluarga dengan didikan demokratis dan memberikan kenyamanan anak untuk belajar disertai dengan konsisten dalam memberikan stimulus akan membantu anak untuk meraih perkembangan bahasa secara optimal.


Keywords


perkembangan bahasa anak; faktor dominan; systemic literature review.

Full Text:

PDF

References


Alfin, Jauaharoti & Ratna Pangastuti. 2020. Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. Journal of Early Childhood Education and Development, Vol 2, No 1, Juni 2020 (76-86).

Anggraini, Novita. 2020. Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora Jurnal, Vol 7, No 1 Oktober 2020.

Awliyah, Rizka Febriyani, Suyadi, Fina Raudlatul Jannah & Arif Mustofa. 2021. Aspek Perkembangan Bahasa Anak Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol 8 No 1, Januari 2021.

Azzarroh, Putri, Rizka Junita Sari & Rosmawati Lubis. 2021. Analisis Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, Vol 4 No 1 Maret 2021.

B. A. Kitchenham, E. Mendes, and G. H. Travassos, “Cross versus within-company cost estimation studies: A systematic review,†IEEE Trans. Softw. Eng., vol. 33, no. 5, pp. 316–329, 2007, [Online]. Available: https://doi.org/10.1080/00102208008946937

C. Van Klaveren and I. De Wolf, “Systematic Reviews in Education Research: In Contemporary Economic Perspectives in Education,†2019.

Hermawati, Novia Sari & Sugito. 2022. Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy

Khosibah, Salma Aulia & Dimyati. 2021. Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5 Issue 2 (2021).

Latipah, E., Cahyo, H., Kistoro, A., & Putranta, H. 2020. The Effects of Positive Parenting toward Intolerance in Pre-School Children. International Journal of Early Childhood Special Education (INT-JECSE), 12, 137–146. https://doi.org/10.9756/INTJECSE/V12I2.201065

M. Petticrew and H. Roberts, Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. 2008.

Paujiah, Tia Salmah, Heri Yusuf Muslihin &Taopik Rahman. 2022. Peran Lingkungan Dalam MenstimulasiPerkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelangi, Vol 4 Issue 1, Maret 2022.

Salamah, Robiatus & Supriyadi. 2021. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Vol V, Issue 1, 2021.

Santrock, John W. .. Life-Span Development:Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Syam, Andi Fausia & Eka Damayanti. 2022. Capaian Perkembangan Bahasa Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 4 Tahun. Jurnal Paudia, Vol 9, No 2, Desember 2020.

Wahidah, Afifah F.N & Eva Latipah. 2021. Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, Volume 4 No 1, 43-62

Yuswati, Hanifa & Farida Agus Setiawati. 2022. Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6 Issue 5, 2022.




DOI: 10.24235/awlady.v10i1.16536

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here