Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka: Perbedaan Pada Pembelajaran di PAUD
(1) UIN Sunan Kalijaga
(2) UIN Sunan Kalijaga
(3) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author
Abstract
Penyusunan kurikulum baru tidaklah mudah bagi setiap satuan Pendidikan, seringkali menjadi polemik yang dirasakan oleh para pendidik khususnya pada jenjang anak usia dini. Kurikulum merupakan pokok pikiran dari jalannya proses pendidikan, tanpa kurikulum yang baik maka proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan pendidikan nasional tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini memanfaatkan penelitian literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berkaitan dengan kurikulum. Hasil dari penelitian ini adalah menujukan bahwa perubahan kurikulum menjadi  suatu hal  yang harus dihadapi oleh para guru. Selain itu, kurikulum juga memiliki kedudukan yang paling penting di dalam dunia pendidikan karena kurikulum sangat menentukan proses pelaksanaan pendidikan terutama hasil-hasil yang harus dicapai dalam proses belajar. Namun perubahan kurikulum harus didukung oleh fakta-fakta dan kondisi yang menyatakan kurikulum harus diganti serta kurikulum harus menghargai gaya guru mengajar dan metode pengajaran, karena pelaku kurikulum bukan pemerintah tetapi guru karena gurulah yang tahu apa yang harus diajarkan dan yang di butuhkan dalam memberi rangsangan dalam tumbuh kembang anak usia dini.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. N. (2022). Communautaire: Journal of Community Service Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29.
Diputera, A. M., Damanik, S. H., Medan, U. N., & Utara, S. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 8(1), 1–12.
Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596
Husain, D. L., Agustina, S., Rohmana, R., & Alimin, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Kab. Kolaka Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1375
Khotimah, K., & Zulkarnaen, Z. (2023). Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587–599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3832
Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Semdikjar 5, 5, 179–184.
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
Masyarakat, J. P., Yudha, P., Latifah, I., Simarmata, J., Septiani, Y., & Sakti, P. (2023). ATHFAL DI JATILUHUR PURWAKARTA. 3(2), 55–60.
Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di Smp Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589
Moshinsky, M. (1959). No Titleیلیب. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).
Muniroh. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Tinta Emas, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas/v1.i1.390
Prihatini. (2014). Kajian Ide Kurikulum 2012 PAUD dan Implikasinya dalam Pengembangan KTSP. Cakrawala Dini: Junal Pendidikan Anak Usia Dinia.
Rahardjo, Maria Melita dan Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran PAUD, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.
Syarfina, Yetti, E., & Fridani. (2018). Pemahaman Guru Prasekolah Raudhatul Athfal Tentang Kesiapan Sekolah Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.21009//JPUD.121.13
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581
DOI: 10.24235/awlady.v10i1.16279
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.