Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka: Perbedaan Pada Pembelajaran di PAUD

Yuanita Anthon yuanita anthon soppe(1), Sri Wahyuni sri wahyuni(2*), Sukiman Sukiman(3),


(1) UIN Sunan Kalijaga
(2) UIN Sunan Kalijaga
(3) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyusunan kurikulum baru tidaklah mudah bagi setiap satuan Pendidikan, seringkali menjadi polemik yang dirasakan oleh para pendidik khususnya pada jenjang anak usia dini. Kurikulum merupakan pokok pikiran dari jalannya proses pendidikan, tanpa kurikulum yang baik maka proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan pendidikan nasional tidak tercapai. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbandingan  kurikulum  2013  dan  kurikulum  merdeka  pada Pendidikan Anak Usia Dini.  Penelitian  ini  memanfaatkan  penelitian  literatur  dengan  mengumpulkan  data  dari  berbagai sumber  yang  berkaitan  dengan  kurikulum.  Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  menujukan  bahwa  perubahan kurikulum  menjadi   suatu hal  yang  harus  dihadapi  oleh  para  guru. Selain  itu,  kurikulum  juga  memiliki kedudukan  yang  paling  penting  di  dalam  dunia  pendidikan  karena  kurikulum  sangat  menentukan  proses pelaksanaan  pendidikan  terutama  hasil-hasil  yang  harus  dicapai  dalam  proses  belajar.  Namun  perubahan kurikulum  harus  didukung  oleh  fakta-fakta  dan  kondisi  yang  menyatakan  kurikulum  harus  diganti  serta kurikulum  harus  menghargai  gaya  guru  mengajar  dan  metode  pengajaran,  karena  pelaku  kurikulum  bukan pemerintah tetapi guru karena gurulah yang tahu apa yang harus diajarkan dan yang di butuhkan dalam memberi rangsangan dalam tumbuh kembang anak usia dini.

 


Keywords


Perbandingan Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N. (2022). Communautaire: Journal of Community Service Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29.

Diputera, A. M., Damanik, S. H., Medan, U. N., & Utara, S. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 8(1), 1–12.

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Husain, D. L., Agustina, S., Rohmana, R., & Alimin, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Kab. Kolaka Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1375

Khotimah, K., & Zulkarnaen, Z. (2023). Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587–599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3832

Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Semdikjar 5, 5, 179–184.

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Masyarakat, J. P., Yudha, P., Latifah, I., Simarmata, J., Septiani, Y., & Sakti, P. (2023). ATHFAL DI JATILUHUR PURWAKARTA. 3(2), 55–60.

Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di Smp Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589

Moshinsky, M. (1959). No Titleیلیب. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Muniroh. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Tinta Emas, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas/v1.i1.390

Prihatini. (2014). Kajian Ide Kurikulum 2012 PAUD dan Implikasinya dalam Pengembangan KTSP. Cakrawala Dini: Junal Pendidikan Anak Usia Dinia.

Rahardjo, Maria Melita dan Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran PAUD, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Syarfina, Yetti, E., & Fridani. (2018). Pemahaman Guru Prasekolah Raudhatul Athfal Tentang Kesiapan Sekolah Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.21009//JPUD.121.13

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581




DOI: 10.24235/awlady.v10i1.16279

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here