PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK KELAS A DI TAMAN KANAK-KANAK BUAH HATI KOTA MAKASSAR

Muhammad Yusri Bachtiar(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan dalam penelitian adalah kurang berkembangnya kecerdasan interpersonal pada anak kelas B di Taman Kanak-Kanak Buah Hati Kota Makassar, sehingga peneliti memberikan perlakuan bermain peran untuk melihat apakah bermain peran dapat memberikan pengaruh terhadap kecerdasan interpersonal pada anak atau sebaliknya.Rumusah masalah penelitian ini adalah 1. Bagaimana gambaran kecerdasan interpersonal anak pada Taman Kanak-Kanak Buah Hati Makassar sebelum dan setelah diberikan perlakuan bermain peran ? 2. Apakah terdapat pengaruh bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal pada anak ?.Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini bertujuan untuk 1.Menggambarkan kecerdasan interpersonal anak pada Taman Kanak-Kanak Buah Hati Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bermain peran. 2. Mengetahui pengaruh bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal pada anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimen.Desain penelitian adalah one group pretest-posttest.Sampel penelitian adalah seluruh anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Buah Hati Kota Makassar.Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriftif dan statistik nonparametrik. Nilai kecerdasan interpersonal anak sebelum diberikan perlakuan memiliki rata-rata sebesar 22,6 dan setelah diberikan perlakuan mendapatkan rata-rata sebesar 38,06. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kecerdasan interpersonal anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan bermain peran. Hal ini merujuk pada nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 120 dan T tabel sebesar 25 maka diperoleh hasil T hitung (120) > nilai T tabel sebesar (25) maka H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal pada anak, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 16,7 dan Z tabel 1,645 maka diperoleh hasil nilai Z hitung (16,7) > nilai Z tabel (1,645) maka H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal pada anak.

Kata Kunci: Bermain Peran, Kecerdasan Interpersonal dan Anak Usia Dini


Keywords


Kecerdasan Interpersonal

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ansharullah. (2011). Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Jamak Multiple Intelligences. Jakarta: Step Publishing.

Bachtiar, Yusri. (2015). Pengaruh Jenis Permainan dan Gaya Belajar Terhadap Kecerdasan Interpersonal.Disertasi. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini.Diterjemahkan oleh Arif Rakhman. Jakarta: Kencana.

Budimanjaya, Andi dan Alamsyah Said. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Kencana

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Dananjaya, Utomo. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Delaney, Tara. (2010). 101 Permainan dan Aktivitas anak. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Efendi, Agus. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21 Kritik MI, EI, SQ, AQ & Syccessfull Intelligence Atas IQ. Bandung: Alfabeta.

Yuriastien, Effiana, dkk. (2009). Games Theraphy Untuk Kecerdasan Bayi dan Balita. Jakarta: Wahyu Media.

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Interpersonal. Diterjemahkan Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.

Hartati, Sofia. (2007). How To Be A Good Teacher and To Be A Good Mother. Jakarta Selatan: Enn Media.

Husna, A. M. (2009). 100+ Permainan Tradisional Indonesia. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

Ismail, Andar. (1998). Ajarilah Mereka Melakukan.(online). https://books.google.co.id/books?id=g_D5RrSis-4C&printsec=frontcover&dq=buku+ajarlah+mereka+melakukan&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwifkcL9tLDMAhVB4aYKHaWhBVkQ6AEIIjAA#v=onepage&q=buku%20ajarlah%20mereka%20melakukan&f=false. Diakses pada tanggal 28 April 2016.

Lwin, May, dkk. (2008). Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan.Diterjemahkan oleh Sugirin. Jakarta: PT Indeks.

Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Montolalu, dkk. (2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Negeri Terbuka.

Mustofa, Arif dan Muhammad Thobroni. (2011). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional.

Santoso, Soegeng. (2011). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Penelitinya 2. Jakarta: Universitas Negeri jakarta.

Sefrina, Andin. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswanto, Igrea. (2008). Mendidik Anak Dengan Permainan Kreatif. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

______. (1999). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

______ .(2012). Statistik Nonparaeteris.Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. (2005). Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Suparman, Atwi. (1997). Model-Model Pembelajaran Interaktif. Jakarta: STIA-LAN Press.

Suparno, Paul. (2004). Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Surya, H. (2010). Rahasia Membuat Anak Cerdas Dan Manusia Unggul. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Edagogia.

Tedjasaputra, Mayke. S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.

Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: 10.24235/awlady.v3i2.1618

Article Metrics

Abstract view : 705 times
PDF - 1543 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here