Keterlibatan Orang Tua dalam Memberikan Pengetahuan Gempa Bumi pada Anak Melalui Aplikasi BabyBus
(1) Universitas Islam Nusantara
(2) Universitas Islam Nusantara
(3) Universitas Islam Nusantara
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRACT
The earthquake disaster in Indonesia is a major concern for parents who want to provide disaster knowledge to their children. The purpose and focus of this research are to find out the form of parental involvement in providing earthquake knowledge so that it can broaden knowledge and change children's attitudes toward dealing with earthquakes. This research uses a qualitative approach with a case study method conducted on parents in Majalaya, West Java. Data obtained through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that parental involvement through forms of communication, motivation, facilities, assistance, and volunteering in providing earthquake knowledge using the Babybus application gradually increases knowledge and changes children's behavior in anticipating earthquake disasters. Considering the frequent disasters, the cooperation of parents in providing care and concern for the condition of the living environment in Majalaya really supports parents in imparting earthquake knowledge to children. It is necessary to have proper management of the time for assistance and a stable condition of the child in receiving knowledge so that the child is able to adapt to the environment and face disaster preparedness.
Keywords: Parent Involvement, Earthquake, Babybus App, Early Childhood
Â
ABSTRAK
Bencana gempa bumi di Indonesia menjadi perhatian utama bagi orang tua untuk memberikan pengetahuan kebencanaan pada anak. Tujuan dan fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk keterlibatan orang tua dalam memberikan pengetahuan gempa bumi sehingga dapat menambah wawasan dan merubah sikap anak dalam menghadapi terjadinya gempa bumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan pada orang tua di Majalaya, Jawa Barat. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Keterlibatan orang tua melalui bentuk komunikasi, motivasi, fasilitas, pendampingan, dan menjadi relawan (volunteer) dalam memberikan pengetahuan gempa bumi dengan menggunakan aplikasi babybus, secara bertahap menambah pengetahuan dan perubahan perilaku anak dalam mengantisipasi bencana gempa bumi. Mempertimbangkan kebencanaan yang sering terjadi, kerjasama orang tua dalam memberikan pengasuhan dan kepedulian dengan kondisi lingkungan tempat tinggal di Majalaya sangat mendukung orang tua dalam memberikan pengetahuan gempa bumi pada anak. Diperlukan manajemen waktu pendampingan yang tepat dan kondisi anak yang stabil dalam menerima pengetahuan, agar anak mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan untuk menghadapi kesiapsiagaan bencana.
Kata Kunci: Keterlibatan Orangtua, Gempa Bumi, Aplikasi Babybus, Anak Usia Dini
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. R., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2146–2157.
Aminah, A. N., & Sulistawati, L. (2022). Korban Jiwa Gempa Cianjur Mayoritas Anak-Anak dan Perempuan. https://news.republika.co.id/berita/rmfbgf384/bnpb-korban-jiwa-gempa-cianjur-mayoritas-anakanak-dan-perempuan#:~:text=REPUBLIKA.CO.ID%2C JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana %28BNPB%29,masih berlangsung membuat banyak anak menjadi korban jiwa
Amri, M. R., Yulianti, G., Yunus, R., Wiguna, S., Adi, A. W., Ichwana, A. N., Randongkir, R. E., & Septian, R. T. (2016). Risiko Bencana Indonesia. BNPB.
Anawaty, M. F. (2022). Peran Dan Kerjasama Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 109–115.
Anggraeni, S. (2019). Pengaruh pengetahuan tentang dampak gadget pada kesehatan terhadap perilaku penggunaan gadget pada siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68.
Badruttamam, C. A., Hidayati, Z., & Efendi, N. W. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik. Jurnal Cendekia, 10(02), 123–132.
Cipta, R. R. A., Vulkanologi, P., Geologi, M. B., & Geologi, B. (2021). Potensi Bahaya Gempa Bumi Berdasarkan Kondisi Tapak Lokal di Daerah Amlapura, Karangasem, Bali Earthquake Hazard Potential Based on Site Class Condition at Amlapura Area, Karangasem, Bali. Jurnal Lingkungan Dan Bencana Geologi Vol, 12(3), 159–169.
Desfandi, M. (2014). Urgensi kurikulum pendidikan kebencanaan berbasis kearifan lokal di Indonesia. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 191–198.
Ebo, A. G. A. (2010). Kawasan Bandung Selatan Rawan Gempa.
Epstein, J. L., Sanders, M. G., Sheldon, S. B., Simon, B. S., Salinas, K. C., Jansorn, N. R., Van Voorhis, F. L., Martin, C. S., Thomas, B. G., & Greenfeld, M. D. (2018). School, family, and community partnerships: Your handbook for action. Corwin Press.
Hasbi, M., Yuliantina, I., Nurfadilah, & Nugraha, A. (2019). Pedoman Pendidikan Kebencanaan Di Satuan PAUD. Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.
Hill, N. E., & Taylor, L. C. (2004). Parental school involvement and children’s academic achievement: Pragmatics and issues. Current Directions in Psychological Science, 13(4), 161–164.
Irawan, D. (2023). 10 Ribu Lebih Gempa Guncang Indonesia di 2022, 22 kali Merusak. https://news.detik.com/berita/d-6492769/10-ribu-lebih-gempa-guncang-indonesia-di-2022-22-kali-merusak.
Kemendikbud, R. (2017). Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Kristianto, Cecep Sulaeman, Fadlianto Nurfalah, H. I. R. (2017). GEMPA BUMI MERUSAK PADANGSIDIMPUAN, 14 JULI 2017. Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi, 11 N0 1.
Kusmarni, Y. (2012). Studi kasus. UGM Jurnal Edu UGM Press, 2.
Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2).
Mulyadi, M., Syahid, A., Kafrawi, K., Ilyas, M., & Liriwati, F. Y. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1375–1386.
Putri, A. A. A. D. (2019). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Dini Mengenai Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 246–250.
Putri, A. R. (2018). Program Relawan dalam Upaya Menumbuhkan Partisipasi Orang Tua di KB dan TK Dharma Wanita II UNESA Surabaya. J+ PLUS UNESA, 7(1).
Rahma, A. (2018). Implementasi program pengurangan risiko bencana (PRB) melalui pendidikan formal. Jurnal Varidika, 30(1), 1–11.
Rahma, A. (2020). Pembelajaran Sains Untuk Mengenalkan Kebencanaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 250–260.
RI, K. (2023). Gempa Bumi di Bandung Jawa Barat 11-04-2023. https://pusatkrisis.kemkes.go.id/Gempa-Bumi-di-BANDUNG-JAWA-BARAT-11-04-2023-86
Undang-undang RI No.24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, (2007).
Robiana, R., & Priambodo, C. (n.d.). GEMPA BUMI SUMENEP, JAWA TIMUR, 11 OKTOBER 2018.
Sari, D. Y., & Lutfia, A. (2019). Analisis Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 22–38.
Sugiono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.
Yugiswara, A., Sukidin, S., & Kartini, T. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 101–108.
DOI: 10.24235/awlady.v9i2.14205
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.