Implementasi Tari Kreatif dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui tari kreatif di TK Cinta Ibu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sikap kreatif dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa lain di masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan kurangnya tingkat daya saing masyarakat Indonesia dengan bangsa lain di era globalisasi saat ini. Solusi yang diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan tari kreatif guna mengembangkan kreativitas Anak Usia Dini (AUD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sejumlah 5 anak kelompok B dengan objek penelitian berupa tari kreatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan kreativitas anak melalui implementasi tari kreatif. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil persentase pada siklus I yaitu 3 anak (60%) Mulai Berkembang (MB), dan 2 anak (40%) Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dalam siklus II menjadi 2 anak (40%) masuk dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 3 anak (60%) Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan data hasil analisis, dapat dikatakan bahwa kreativitas anak berkembang sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu keaslian (originality) dan kelancaran (fluency) dalam melakukan setiap tahapan kegiatan tari kreatif pada setiap siklusnya. Kondisi pada siklus I dengan siklus II mengalami perkembangan yang signifikan, sehingga penelitian ini diberhentikan sampai siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, E., & Abidin, J. (2018). Pembelajaran Seni Tari dalam Mewujudkan Aspek Perkembangan Anak di Taman Kanak-kanak Peteri Bensu Takengon. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 78–101.
Aljum. (2013). Perbedaan Pengaruh Media Pembelajaran Balok dan Flashcard sebagai Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini: Studi Eksperimen Quasi pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungaiselan Bangka Tengah Tahun Ajaran 2012-2013 . Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Aryaprasta, I. G. K., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Bris, A. (2022). IMD World Competitiveness Center. Diambil 14 Juni 2023, dari https://www.imd.org/centers/world-competitiveness-center/rankings/world-competitiveness/
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi (M. Putra, Ed.). Tangerang: An1mage.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Fauziani, N., & Fatimah, A. (2017). Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak dengan Bahan Alam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 125–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4652
Fitri, A. E., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Di Paud IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13
Hardiyana, A. (2016). Reurgenisasi Pendidikan Anak Usia Dini di Era Globalisasi.
Hasanah, U. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Anak Usia Dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222.
Insani, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8937–8941.
Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Masdudi. (2016). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 1–26.
Masitah, W., & Lubis, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 1(1), 425–430. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.340
Miskawati. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Muchlisin, M. A. (2017). Permainan Bebas dan Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 48–57. Diambil dari www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Musdalifah, Ilyas, S. N., & Amal, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Padu Al-Ikhlas. Al-Qalam, Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 10(2), 1–8.
Noviana, R. (2018). Tingkat Kreativitas Anak di PAUD Taam Qurrata A’yun Batusangkar. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Batusangkar.
Nurbaiti, S. M., Mariyana, R., & Rengganis, I. (2021). Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tentang Kreativitas Menggambar Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 63–70. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.24297
Paizaludin, & Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Purdhani, L. T., Wulandari, H., & Muqodas, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Sulhan, M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Visipena, 9(1), 159–172. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450
Sumiyati. (2017). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 3(1), 78–97. Diambil dari www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Suprihatin, A., & Masnun, M. (2019). Peningkatan Kreativitas Berbahasa Melalui Metode Bercerita dengan Media Gambar. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 96–112. Diambil dari www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, dan Operasionalnya. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Udin, T. (2015). Mengenali Anak Usia Dini Melalui Pertumbuhan Perkembangan dan Karakteristiknya. Dalam AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. (t.t.).
Wulandari, H., Dhea Ardiyanti, N., Khodijah, S., Alfat, N., Khotimah, Y., & Rahayu, R. (2021). TARI KREATIF ANAK USIA DINI (Pengembangan Kecerdasan Majemuk). Banten: Media Edukasi Indonesia.
DOI: 10.24235/awlady.v9i1.14169
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.