PENERAPAN METODE DISCOVERY INKUIRI PADA PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI

Diani Magasida(1*),


(1) Universitas Padjajaran Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Belajar pada hakikatnya merupakan proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman, belajar juga merupakan proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu. Anak usia dini tentunya mampu belajar dengan kondisi apapun dan dimanapun dia berada. Untuk mengoptimalkan perkembangannya, diperluka stimulasi melalui berbagai sistem pembelajaran yang dirancang sesuai dengan perkembangan anak. Tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajar anak, harus memperhitungkan hal-hal yang berperan terhadap tumbuh kembang anak. Metode pembelajaran dan media pembelajaran tentunya harus tepat dan memenuhi standar pembelajaran untuk anak usia dini. Saat ini masih banyak guru PAUD yang belum mampu menyampaikan pembelajaran sains dengan menerapkan metode pembelajaran yang dikemas secara inovatif dan berbeda, sehingga indikator capaian perkembangan anak belum tercapai secara maksimal. Untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini, maka salah satu strategi yang dilakukan adalah melalui penerapan metode Discovery Inkuiri. Melalui penerapan metode discovery inquiri pada pembelajaran anak usia dini, diharpkan dapat memberikan rangsangan perkembangan kepada peserta didik sehingga aspek-aspek perkembangan dapat tercapai dengan maksimal.

 

Kata Kunci: Metode discovery inquiri, Pembelajaran sains, Anak usia dini

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Davies, Dan. 2011. Teaching Science Creatively (Learning to Teach in The Primary School Series). London: Routledge.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hatimah, Ihat. 2003. Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Adira.

Jackman, Hilda. L. 2009. Early Education Curriculum (Child’s Connection to the World) Fifth Edition. United States of America: Wadsworth Cengage Learning.

Mulyasa, H.E. 2007. Menjai Guru Profesional. Bandung: Rosda.

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Malang: UM Press.

Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik BPSDMPK-PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. 2007. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Surabaya: Cerdas Pustaka Publisher.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Sukmadinata, Nana Syaodah. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Sumiati, Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1395

Article Metrics

Abstract view : 1415 times
PDF - 1588 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here