KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES BAGI ANAK USIA DINI

Masdudi Masdudi(1*),


(1) iain
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan bagi anak usia dini memang pendidikan yang paling dasar bagi anak. Pada tahap ini orang tua harus benar-benar memperhatikan pendidikan bagi anaknya. Baik dalam memilih lembaga pendidikan bagi sang anak atau pun memilih untuk mendidik sendiri sang anak dirumah. Dalam pendidikan anak usia dini hendaknya memperhatikan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Karena kecerdasan anatara satu anak dengan yang lain berbeda. Orang tua maupun pendidik anak usia dini harus mengenali kecerdasan yang dimiliki anak agar dapat mengarahkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak secara maksimal. Teori multiple intelligences mempunyai pengaruh besar dalam proses pembelajaran di sekolah. Di Amerika Serikat, banyak sekolah seperti Proyek Zero dari Harvard University yang dipimpin Howard Gardner mulai mengembangkan pembelajaran yang menggunakan prinsip teori multiple intelligences. Dan hasil yang dicapai adalah banyak siswa yang tadinya diperkirakan tidak dapat berhasil dalam studi mereka tenyata dapat dibantu, dan berhasil dengan baik berkat pengajaran dengan multiple intelligences. Demikian juga banyak guru yang tadinya merasa tidak dapat membantu anak didik karena mengajar dengan model yang sama terus-menerus ternyata dapat membantu anak didik untuk berhasil karena mereka dapat mengembangkan pengajaran yang bervariasi. Menurut multiple intelligences, setiap siswa mempunyai intelegensi yang berbeda dan siswa akan lebih mudah belajar dan dibantu belajar bila materi diajarkan dengan intelegensi mereka yang menonjol. Oleh karena intelegensi siswa di satu kelas bervariasi, maka guru perlu memasukkan dan mengolah materi yang akan diajarkan dengan model multiple intelligences sesuai dengan intelegensi siswa-siswa tersebut. Guru perlu mengajar dengan model yang bervariasi sehingga setiap siswa merasa perlu dibantu secara tepat. Maka, sangat baik sebelum mengajar guru mencoba mengenali intelegesi apa saja yang dimiliki siswanya.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Armstrong, Thomas. 2003. The Multiple Intelligences of Reading And Writing : Making The Words Come Alive. USA: ASCD

Baharudin dan Esa Nurwahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Chatib, Munif. 2012. Orangtuanya Manusia : Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.

Campbell, Linda and Bruce Campbell. 1999. Multiple Intelligences And Student Achievement : Success Stories From Six Schools. USA: ASCD

Dadang, Asep. 2007. Mencerdaskan Potensi IQ, EQ, dan SQ. Bandung : PT Globalindo Universal Multi Kreasi.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ dan Succesful Intellegences atas IQ. Bandung : Alfabeta.

Gardner, Howard. 2013. Multiple Intelligences : Memaksimalkan Potensi dan Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-kanak hingga Dewasa. Jakarta : Daras Books.

Julia, Jamine. 2007. Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung : Nuansa.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran:Teori Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Soefandi, Indra. 2009. Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Sayodih. 2011. Landasan Psikologi: Proses dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suparno, Paul. 2013. Teori Kecerdasan Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner, Yogyakarta: Kanisius.

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Widayati, Sri dan Widjiati, Utami. 2008. Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Jogjakarta: Luna Publisher




DOI: 10.24235/awlady.v3i2.1362

Article Metrics

Abstract view : 672 times
PDF - 1979 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.