Analisis Bibliometrik: Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Database Scopus Tahun 2014-2023

Solatiyah Asriyani(1*), Syahrul Ramadhan(2),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kurikulum pada pendidikan anak usia dini berdasarkan databse scopus yang diambil dari 10 tahun terakhir yaitu dari tahun 2014-2023. Adapun aplikasi yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu RStudio yang merupakan software untuk masuk pada aplikasi bibliometrik. Kemudian metadata yang didapatkan dari scopus mengenai kurikulum pendidikan anak usia dini 10 tahun terakhir sebanyak 207 artikel. Selanjutnya metadata yang didapatkan dari scopus tersebut diolah meggunakan aplikasi bibliometrik yang diakses melalui Rstudio. Hasil analisis bibliometrik dari kurikulum pada pendidikan anak usia dini adalah menganalisis tentang Annual scientific production, most relevant author, most relevant sources, countries' scientific production, trend topics, wordcloud, Co-occurrence Network.Thematic Map,dan Most Relevant Affiliation.


Keywords


Bibliometrik;, Kurikulum;, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Aulia, E. S., & Rusli, R. P. (2020). Kajian Bibliometrik Sebagai Penunjang Analisis Kebutuhan Kurikulum Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Inovasi Kurikulum, 17(2), 59–68. https://doi.org/10.17509/jik.v17i2.36827

Fauzi Fahmi, & Rahmi Wardah Ningsih. (2020). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 1–16. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.230

Firmansyah, M. I., Myrna, R., & Widianingsih, I. (2021). ANALISIS BIBLIOMETRIC DARI PROGRAM HIBAH ( BIBLIOMETRIC OF GRANTS PROGRAM ). 13(2), 131–144.

Hakim, L. (2020). Analisis Bibliometrik Penelitian Inkubator Bisnis pada Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 176–189. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/677

Hayati, N., & Lolytasari, L. (2017). Produktivitas Dosen Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Jurnal Terindeks Scopus: Suatu Kajian Bibliometrik. Al-Maktabah, 16(1), 22–31.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720

Nasional, B. A., Anak, P., Dini, U., & Pendidikan, D. A. N. (2019). konsep dasar PAUD.

Özgünlü, M., Erbil, F., & Göl-Güven, M. (2022). Social and emotional learning (SEL): How it finds a place in an early childhood education curriculum in Turkey. Journal of Childhood, Education and Society, 3(2), 139–150. https://doi.org/10.37291/2717638X.202232180

Thriska Afifandasari, Suluri, S. R. (2023). Perkembangan Kajian Pendidikan Karakter Religius: Analisis Jurnal Bibliometrik pada Database Scopus. Manazhim, 5(1), 517–535.

Tiberius, V., & Weyland, M. (2022). Entrepreneurship education or entrepreneurship education? A bibliometric analysis. Journal of Further and Higher Education, 47(1), 134–149. https://doi.org/10.1080/0309877X.2022.2100692

Ulfatun Naili Nadhiroh, Abdul Halim, S. R. (2023). Analisis Bibliometrix Peran Perempuan dalam Pendidikan Islam pada Database Scopus Tahun 2012-2022. 7(1), 103–120.

Zakiyyah, F. N., Winoto, Y., & Rohanda, R. (2022). Pemetaan Bibliometrik terhadap Perkembangan Penelitian dengan Topik Arsitektur Informasi pada Google scholar Menggunakan Vosviewer. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(1), 43–60. http://jurnal.unpad.ac.id/informatio/article/view/37766%0Ahttps://jurnal.unpad.ac.id/informatio/article/viewFile/37766/17648




DOI: 10.24235/awlady.v9i2.13509

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here