DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Orang tua sebagai pendidik pertama, mempunyai kewajiban membimbing, melindungi serta membesarkan anak. Keberadaan orang tua sangatlah penting, sehingga peran orang tua merupakan dasar pertama dalam pembentukan pribadi anak. Upaya tersebut dapat terwujud apabila orang tua menerapkan pola asuh yang tepat, karena pola asuh yang diberikan kepada anak akan mempengerahui pekembangan sosial-emosional anak. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman orang tua yang lebih terhadap perkembangan sosial-emosional anak, agar perkembangan sosial-emosional anak berkembang baik dan diterima dilingkungan masyarakat.
Hasilpembahasan ini menunjukkan bahwa terdapat tiga tipe pola asuh yang diterapkan orang tua di dalam mendidik anak yaitu demokratis, otoriter dan permisif. Ketiga pola asuh tersebut memiliki dampak yang berbeda terhadap perkembangan sosial-emosional anak. perbedaan tersebut ialah pola asuh demokratis lebih banyak memiliki dampak positif, sedangkan pola asuh otoriter dan permisif lebih banyak memiliki dampak yang negatif. Sehingga disarankan agar orang tua memimbing anak dengan pola asuh demokratis.
Â
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. 2004. “PsikologiBelajarâ€. Jakarta :RinekaCipta.
Ahmad Susanto. 2011. “PerkembanganAnakUsiaDiniâ€.Jakarta :Prenada Media Group.
Alex Sobur. 2013. “PsikologiUmumâ€. Bandung :PustakaSetia.
Aliah Rasyid Baswedan. 2015. “Wanita, Karir dan Pendidikan Anakâ€. Yogyakarta : Ilmu Giri.
Bunda Novi. 2015. “Cara-cara Mengasuh Anak Yang Sering Diabaikan Orang Tuaâ€. Yogyakarta : Flash Books
Departemen Agama Ri. 2006. “Al-Qur’an TerjemahBahasa Indonesiaâ€. Kudus :Menara Kudus.
Desmita. 2013. “Psikologi Perkembanganâ€. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Elizabeth B. Hurlock. 1978.“Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenamâ€. PT Gelora Aksara
Elizabeth B. Hurlock. 1978.“Perkembangan Anak Jilid II Edisi Keenamâ€. PT Gelora Aksara
Iriani Indri Hapsari. 2016.“Psikologi Perkembangan Anakâ€. Jakarta : PT Indeks.
MuazarHabibi. 2015. “AnalisisKebutuhanAnakUsiaDiniâ€. Yogyakarta :Deepublish.
Moh. Shochib. 2010. “Pola Asuh Orang Tua (Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disilin Diri Sebagai Pribadi Yang Berkarakterâ€. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Rifa Hidayah. 2009. “PsikologiPengasuhanAnakâ€. Malang : Uin-Malang Press.
Singgih D. Gunarsa. 2014. “DasardanTeoriPerkembanganAnakâ€. Jakarta :BpkGunungMulia.
Sri Lestari. 2013. “Psikologi Keluargaâ€. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sugihartono, dkk. 2007. “Psikologi Pendidikanâ€. Yogyakarta : UNY Press
Syamsu Yusuf. 2012. “PsikologiPerkembanganAnak Dan Remajaâ€. Bandung : PT RemajaRosdakarya.
Tony Setiabudi & Hardywinoto. 2003.“AnakUnggulBerotak Primaâ€. Jakarta : PT GramediaPustakaUtama.
Wiwit Wahyuning, Dkk. 2003.“Mengkomunikasikan Moral KepadaAnakâ€. Jakarta :Elex Media Komputindo.
DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1331
Article Metrics
Abstract view : 3382 timesPDF - 708 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.