Pengembangan Bahan Ajar Cerita Anak Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini
(1) Universitas Musamus
(2) Universitas Musamus Merauke
(3) Universitas Musamus Merauke
(4) Universitas Musamus Merauke
(*) Corresponding Author
Abstract
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu bahan ajar cerita anak. Cerita-cerita yang ada di dalam bahan ajar adalah cerita dongeng yang berkaitan dengan dunia anak. Adapun karakter-karakter yang ditampilkan dalam bahan ajar ini yakni kejujuran, rendah hati, hormat dan patuh kepada orang tua, penyayang, saling memaafkan, kesabaran, rajin, bertanggung jawab, dan disiplin. Penelitian pengembangan ini menggunakan model menurut Borg dan Gal dengan sejumlah modifikasi. Model penelitian pengembangan yang mencakup enam tahap yaitu (1) mencari informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan format produk, (4) desain produk, (5) revisi produk, (6) uji produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian yang dilakukan oleh para validator terhadap bahan ajar yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Keempat komponen yang dinilai terdiri dari (1) isi materi, (2) keterbacaan dan kepraktisan, (3) keterterapan, dan (4) kemenarikan. Keempat komponen yang telah dinilai memperoleh nilai kelayakan sebesar 86,9%. Hal ini menandakan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dapat dikatakan sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Begitu juga dengan hasil persentase dari setiap komponen dapat dikatakan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan. Selain itu, respon anak-anak terhadap cerita yang terdapat dalam bahan ajar tersebut menunjukan respon yang posistif. Terdapat 87% anak memahami isi cerita dengan dengan baik serta karakter yang terdapat dalam cerita dalam bahan aja
Keywords
Full Text:
PDFDOI: 10.24235/awlady.v10i1.13111
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.