PENGARUH MEDIA DADU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK B DI TK KECAMATAN GLAGAH – LAMONGAN

Abdul Manan(1*), Musa'adatul Fithriyah(2), Tawadudin Nawafilaty(3),


(1) Universitas Islam Lamongan
(2) Universitas Islam Lamongan
(3) Universitas Islam Lamongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengenalan dan penguasaan huruf Hijaiyah merupakan dasar yang penting untuk membaca dan mempelajari kitab Al-Quran sejak dini, karena jika pada saat membaca huruf Hijaiyah terbiasa dengan pengucapan yang salah maka akan dapat menimbulkan arti yang berbeda. Pada umumnya media yang digunakan dalam pembelajaran huruf Hijaiyah masih menggunakan media tradisional (konvensional) yaitu dengan media buku Iqra’. Penggunaan media buku Iqra’ anak cenderung pasif dalam menerima pelajaran huruf Hijaiyah, karena guru mengajarkan kepada anak membaca huruf Hijaiyah secar lisan dan tulisan. Melalui media dadu huruf dalam penganalan huruf Hijaiyah untuk Anak Taman Kanak-Kanak diharapkan meningkatkan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah secara baik dan benar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media dadu huruf terhadap kemampuan pengenalan huruf Hijaiyah Pada Kelompok B di TK Falaqiyah Kecamatan Glagah - Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Design penelitian ini design Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Design penelitian Quasi Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara radom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 20 menunjukkan bahwa Sig= 0,000 lebih kecil dari tingkat kesalahan 0,05.  Kesimpulanya maka H0 diolak dan Hditerima, sehingga terdapat pengaruh hasil media dadu huruf terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok B di TK Falaqiyah sebagai kelompok eksperimen daripada hasil kemampuan  mengenal huruf hijaiyah pada kelompok kontrol.


Keywords


Perkembangan bahasa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Degeng , Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud DirJen Perguruan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Departemen Agama. 2009. Pedoman dan Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk RA/BA/TA.

Depdiknas 2000. Permainan Membaca dan Menulis Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas, 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Kemendiknas

Handayani, Nur. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar di Kelompok A Siswa BA Aisyiyah Rejosari Bandongan. Skripsi prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hasil wawancara dengan guru TK AL-Falah ibu Ani Rahmawati pada 14 Maret 2016 pukul.09.30 WIB

Hurlock, Elizabet B. 2007. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta : Erlangga

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Afabeta

Sujiono, Yuliani nurani. (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suprihadi , Saputro. 2006. Strategi Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tim Unesa. 2014. Panduan Penulisan Dan Penilaian Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unesa Press

Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1278

Article Metrics

Abstract view : 1420 times
PDF - 678 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here