PENGARUH MEDIA DADU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK B DI TK KECAMATAN GLAGAH – LAMONGAN
(1) Universitas Islam Lamongan
(2) Universitas Islam Lamongan
(3) Universitas Islam Lamongan
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengenalan dan penguasaan huruf Hijaiyah merupakan dasar yang penting untuk membaca dan mempelajari kitab Al-Quran sejak dini, karena jika pada saat membaca huruf Hijaiyah terbiasa dengan pengucapan yang salah maka akan dapat menimbulkan arti yang berbeda. Pada umumnya media yang digunakan dalam pembelajaran huruf Hijaiyah masih menggunakan media tradisional (konvensional) yaitu dengan media buku Iqra’. Penggunaan media buku Iqra’ anak cenderung pasif dalam menerima pelajaran huruf Hijaiyah, karena guru mengajarkan kepada anak membaca huruf Hijaiyah secar lisan dan tulisan. Melalui media dadu huruf dalam penganalan huruf Hijaiyah untuk Anak Taman Kanak-Kanak diharapkan meningkatkan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah secara baik dan benar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media dadu huruf terhadap kemampuan pengenalan huruf Hijaiyah Pada Kelompok B di TK Falaqiyah Kecamatan Glagah - Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Design penelitian ini design Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Design penelitian Quasi Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara radom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 20 menunjukkan bahwa Sig= 0,000 lebih kecil dari tingkat kesalahan 0,05. Kesimpulanya maka H0 diolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh hasil media dadu huruf terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok B di TK Falaqiyah sebagai kelompok eksperimen daripada hasil kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok kontrol.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Degeng , Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud DirJen Perguruan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Departemen Agama. 2009. Pedoman dan Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk RA/BA/TA.
Depdiknas 2000. Permainan Membaca dan Menulis Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas, 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Kemendiknas
Handayani, Nur. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar di Kelompok A Siswa BA Aisyiyah Rejosari Bandongan. Skripsi prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hasil wawancara dengan guru TK AL-Falah ibu Ani Rahmawati pada 14 Maret 2016 pukul.09.30 WIB
Hurlock, Elizabet B. 2007. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta : Erlangga
Rusman. 2011. Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Afabeta
Sujiono, Yuliani nurani. (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Suprihadi , Saputro. 2006. Strategi Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tim Unesa. 2014. Panduan Penulisan Dan Penilaian Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unesa Press
Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1278
Article Metrics
Abstract view : 1420 timesPDF - 678 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.