Manajemen Program Literasi Anak Usia Dini di Kabupaten Banyumas
(1) Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
(2) UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
(*) Corresponding Author
Abstract
Menggencarkan literasi pada anak usia dini merupakan satu langkah konkret dalam mendukung program pemerintah yang akan menjadi peluang besar bagi pendidikan tingkat PAUD dan TK untuk lebih mempersiapkan dan menata program literasi bagi anak usia dini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari lebih dalam dan mendeskripsikan mengenai manajemen program literasi bagi anak usia dini. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu jenis deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah manajemen program literasi bagi anak usia dini. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi serta observasi langsung ke lapangan. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan langkah-langkah dari Miles & Huberman. Menurut teori tersebut, analisis data terdiri dari pemilahan data (reduksi), menyajikan data serta menyimpulkan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen program literasi untuk anak usia dini di TK Islam Terpadu Generasi Mulia telah berjalan dengan baik. Manajemen program literasi anak usia dini yang ada di TK Islam Terpadu Generasi Mulia, meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan pengamatan peneliti, secara keseluruhan pelaksanaan manajemen program literasi di TK Islam Terpadu Generasi Mulia sudah baik. Hanya saja, sebaiknya terdapat sedikit perbaikan khususnya dalam fungsi pengawasan dan evaluasi kinerja guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albab, U. (2021). Perencanaan Pendidikan Dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Anak Cerdas Dan Pintar, 5(1), 119–126.
Ambiyar, & Muharika. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program (Ambiyar & Muharika (eds.); 1st ed.). CV. ALFABETA.
Anam, H., & Hariyanto, I. (2020). Manajemen Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pondok Pesantren Darul Abror Nw Enjer Kopang. Mudabbir, 1(2), 1–17.
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. In Candra Wijaya (Ed.), Perdana Publishing (1st ed.). Perdana Publishing. https://www.academia.edu/35106986/Buku_Evaluasi_Pembelajaran_pdf
Anshori, D. S., & Damaianti, V. S. (2021). Literasi dan Pendidikan Literasi (Nunik Siti Nurbaya (ed.); 1st ed.). Simbiosa Rekatama Media.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Islam (F. Yustian (ed.); 2nd ed., Vol. 2, Issue 1). Bumi Aksara. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817
Battaglia, G., Alesi, M., Tabacchi, G., Palma, A., & Bellafiore, M. (2019). The development of Motor and Pre-literacy Skills by a Physical Education Program in Preschool Children: A non-randomized Pilot Trial. Frontiers in Psychology, 9(JAN). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02694
Carroll, J., Holliman, A., Weir, F., & Baroody, A. (2018). Literacy Interest, Home Literacy Environment and Emergent Literacy Skills In Preschoolers. Journal of Research in Reading, 42(1), 15.
Charli, C. O., Sopali, M. F., & Zurwanty, R. H. (2022). Evaluasi Kinerja Karyawan Berdasarkan Career Development, Kemampuan Kerja dan Loyalitas Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Sains, 7(2), 1096. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.681
Hardani, Andriani, H., Sukmana, D. J., Fardani, R., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Husnu Abadi (ed.); 1st ed., Issue April). Penerbit Pustaka Ilmu.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Lisnawati, I., & Ertina, Y. (2019). Literasi Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.
Marwany, & Kurniawan, H. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Berpikir dan Menulis Berpikir Ank (Nurul Imamah (ed.); 1st ed.). Hijaz Pustaka Mandiri.
Masfufah, U. (2021). Bahasa & Perkembangan Literasi pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur. In Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education (Vol. 1, Issue 01, pp. 7–13). https://doi.org/10.51675/alzam.v1i01.131
Mediana, T. P. (2019). Manajemen Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Desa Widodomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.
Mulyadi, & Winarso, W. (2020). Pengantar Manajemen (Mulyadi & W. Winarso (eds.); 1st ed.). CV. Pena Persada.
Noble, C., Sala, G., Peter, M., Lingwood, J., Rowland, C., Gobet, F., & Pine, J. (2019). The Impact of Shared Book Reading On Children’s Language Skills: A Meta-analysis. Educational Research Review, 28(100290), 2.
Nurindriani, A., & Prakoso, A. A. (2021). Penerapan Pola Managemen Planning Organizing Actuating Controlling di KB Bina Prestasi Penusupan Tegal. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 164. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.987
Nurmalasari, N., Mas’ud, F., & Masitoh, I. (2022). Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Perumusan Manajemen Pendidikan Di SMKN 1 Cijulang. Edunomika, 6(2), 1–8.
Ode-alumu, S., Samad, F., & Samad, R. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sentra Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 36–47. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2131
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Rahayu, E. F., Mistrianingsih, S., Imron, A., Nurabadi, A., & Dkk. (2015). Manajemen Pendidikan. Kelola, 24(5), 357–466.
Salfiatika, N. (2021). Metode Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga [IAIN Purwokerto]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11127%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/11127/8/Skripsi_Nur_Salfiatika_Revisi.pdf
Sellang, K., & Darman, M. (2017). Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Dalam Kepemimpinan di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Muhammadiyah Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang Porvinsi Sulawesi Selatan. Akmen, 13(3), 471–472. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen/article/view/84
Shofiyah, A. (2020). Implementasi program literasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Lamongan [UIN Maulana Malik Ibrahim]. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Subur, Aji, S. P., Somadayo, S., & Kurniawan, H. (2022). Development of Literacy Programs for Stundent in School Libraries in Indonesia. Jurnal Kependidikan, 8(2), 460–469.
Sugiyono. (2015). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. CV Alfabeta.
Syafi’i, I., Chusnah, A., Inayati, N. A., & Sari, L. P. (2021). Strategi Pendidikan dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia Dini di Masa Covid-19. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 33–40.https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.816
Tampubolon, P. (2018). Pengorganisasian Dan Kepemimpinan Kajian Terhadap Fungsi-Fungsi Manajemen Organisasi Dalam Upaya Untuk Mencapai Tujuan Organisasi. Jurnal Stindo Profesional, IV(Organisasian Dan Kepemimpinan), 14.
Wiyani, N. A. (2022). Kebijakan Program Literasi. Kelola, 7(2), 224.
DOI: 10.24235/awlady.v9i1.12773
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.