PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG GANJARAN DAN HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Jajang Aisyul Muzakki(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jawa Barat Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Masih banyak kalangan pendidik ataupun lembaga pendidikan yang bersikap kejam terhadap anak didik yang melakukan kesalahan kecil. Seorang guru atau pendidik  dituntut untuk melakukan yang terbaik bagi peserta didiknya, termasuk dalam pemberian ganjaran dan hukuman. Imam al-Ghazali di dalam banyak kitabnya, terutama dalam kiotab Ihya ‘Ulumuddin sering membahas nilai-nilai pendidikan termasuk pemberian ganjaran dan hukuman kepada peserta didik. Pemikiran  al-Ghazali tentang bentuk ganjaran  meliputi tiga hal, yaitu : Penghargaan, pujian dan hadiah. Sedangkan terkait hukuman al-Ghazali tidak sependapat dengan pemberian hukuman langsung pada anak didik, melainkan dengan proses secara bertahap dan berhati-hati. Keduanya (ganjaran dan hukuman) dalam pendidikan dapat dijadikan alat motivasi ekstrinsik terhadap belajaranak.


Keywords


pola pengasuhan anak

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-GhazÄlÄ«, AbÅ« HÄmid. (1990). IhyÄ `UlÅ«m ad-DÄ«n, Beirut : DÄr IhyÄ At-

TurÄts,

Arifin, Muhamad. (2003). Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan

Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Athiyah, Abrasyi Muhamad. (1974). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam,

terj. Bustami A. Goni dan Djohar Bahry, (Jakarta : Bulan Bintang, 1974), Cet. 2

-------------------------------------(2003). al-Tarbiyah al-IslÄmiyah,

Terj.Abdullah Zaky al-Kaaf. Bandung: Pustaka Setia.

Bukhori, Imam. (1981). ShahÄ«h al-BukhÄrÄ«, Beirut : DÄr al-Fikr.

Dahlan, Zaini Ahmad. (1970). Riwayat Hidup al-Ghozali. Jakarta : Bulan

Bintang.

Darajat, Zakiyah. (1984). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.

Durkheim, Emile. (1990). Moral Education. Terj.Lukas Ginting. Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Fajar, Malik. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Haqul, M. Atiqul. (2007). Seratus Pahlawan Muslim Yang Mengubah

Dunia. Yogyakarta : Diglosia.

Khalik, Abdul (1999). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar Offset.

Langgulung, Hasan. (2003). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta:

PT.Pustaka Al-Husna Baru. Cet.Ke-5.

Mustofa. (1997). Filsafat Islam. Bandung : Pustaka Setia

Purwantana, (1991). Seluk Beluk Filsafat Islam. Bandung : PT. Remaja

Rosda Karya.

Purwanto, Muhamad Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan, Teoritis dan

Praktis. Bandung : Rosdakarya.

Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sirozi, Muhammad. (2003). Agenda Strategis Pendidikan Islam.

Yogyakarta: AK

Syadali, Ahmad. (1997). Filsafat Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Syalabi, Ahmad. (1984). Sejarah Pendidikan Islam. Bandung : Al-

Ma’arif.




DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1253

Article Metrics

Abstract view : 1686 times
PDF - 354 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here