PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG GANJARAN DAN HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jawa Barat Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Â
Masih banyak kalangan pendidik ataupun lembaga pendidikan yang bersikap kejam terhadap anak didik yang melakukan kesalahan kecil. Seorang guru atau pendidik dituntut untuk melakukan yang terbaik bagi peserta didiknya, termasuk dalam pemberian ganjaran dan hukuman. Imam al-Ghazali di dalam banyak kitabnya, terutama dalam kiotab Ihya ‘Ulumuddin sering membahas nilai-nilai pendidikan termasuk pemberian ganjaran dan hukuman kepada peserta didik. Pemikiran  al-Ghazali tentang bentuk ganjaran meliputi tiga hal, yaitu : Penghargaan, pujian dan hadiah. Sedangkan terkait hukuman al-Ghazali tidak sependapat dengan pemberian hukuman langsung pada anak didik, melainkan dengan proses secara bertahap dan berhati-hati. Keduanya (ganjaran dan hukuman) dalam pendidikan dapat dijadikan alat motivasi ekstrinsik terhadap belajaranak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-GhazÄlÄ«, AbÅ« HÄmid. (1990). IhyÄ `UlÅ«m ad-DÄ«n, Beirut : DÄr IhyÄ At-
TurÄts,
Arifin, Muhamad. (2003). Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan
Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Athiyah, Abrasyi Muhamad. (1974). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam,
terj. Bustami A. Goni dan Djohar Bahry, (Jakarta : Bulan Bintang, 1974), Cet. 2
-------------------------------------(2003). al-Tarbiyah al-IslÄmiyah,
Terj.Abdullah Zaky al-Kaaf. Bandung: Pustaka Setia.
Bukhori, Imam. (1981). ShahÄ«h al-BukhÄrÄ«, Beirut : DÄr al-Fikr.
Dahlan, Zaini Ahmad. (1970). Riwayat Hidup al-Ghozali. Jakarta : Bulan
Bintang.
Darajat, Zakiyah. (1984). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.
Durkheim, Emile. (1990). Moral Education. Terj.Lukas Ginting. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Fajar, Malik. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Haqul, M. Atiqul. (2007). Seratus Pahlawan Muslim Yang Mengubah
Dunia. Yogyakarta : Diglosia.
Khalik, Abdul (1999). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar Offset.
Langgulung, Hasan. (2003). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta:
PT.Pustaka Al-Husna Baru. Cet.Ke-5.
Mustofa. (1997). Filsafat Islam. Bandung : Pustaka Setia
Purwantana, (1991). Seluk Beluk Filsafat Islam. Bandung : PT. Remaja
Rosda Karya.
Purwanto, Muhamad Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan, Teoritis dan
Praktis. Bandung : Rosdakarya.
Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.
Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sirozi, Muhammad. (2003). Agenda Strategis Pendidikan Islam.
Yogyakarta: AK
Syadali, Ahmad. (1997). Filsafat Umum. Bandung : Pustaka Setia.
Syalabi, Ahmad. (1984). Sejarah Pendidikan Islam. Bandung : Al-
Ma’arif.
DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1253
Article Metrics
Abstract view : 1686 timesPDF - 354 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.