KEBIJAKAN LAYANAN PENDIDIKAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Farah Arriani(1*), Sapto Aji Wirantho(2),


(1) Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud
(2) Puskurbuk Badan penelitian Dan pengembangan kementerian pendidikan Dan kebudayaan
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengkaji kebijakan pemerintah mengenai layanan pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Regulasi penyelenggaraan pendidikan ABK di PAUD belum operasional dan tersosialisasi dengan baik. Terdapatnya regulasi yang tumpang tindih antarkementerian menyebabkan layanan pendidikan ABK di PAUD belum berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui interview, observasi, studi dokumen, dan Focus Group Discussion (FGD). Penelitian dilaksanakan di 8 daerah yang sudah ditentukan yaitu Lampung, Jambi, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Kata Kunci:  ABK, AUD, Kebijakan, Layanan, PAUD


Keywords


ABK

Full Text:

PDF

References


Referensi

Compston, Hugh. Handbook of Public Policy in Europe. New York: Palgriv Macmillian, 2004.

Effendi, Mohammad. Pengantar Psikopedagodik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Direktorat Pendidikan Luar Biasa, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Inklusi Buku 3 Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas, 2004

Hidayat, Deden Saepul. Pengembangan SLB sebagai Pusat Sumber (Resource Center). Jakarta: Luxima , 2013

Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI no. 10 Tahun 2011 tentang Kebijakan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.

Kementerian Pendidikan Nasional. Bahan dan Media Pembelajaran Pokok Bahasan Anak Berkebutuhan Khusus pada Lembaga Kelompok Bermain, Direktorat Jendral Pendidikan Nonformal dan Informal, Direktorat PAUDNI. Jakarta: Direktorat PAUDNI, 2010.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Data penerima bantuan operasional pendidikan (BOP) tahun 2014. Jakarta: Direktorat PAUDNI, 2014

Kustawan, Dedy dan Yani Meimulyani. Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya, Jakarta: PT Luxima, 2013

Manastas, Lagita. Strategi Mengajar Siswa Tunanetra. Yogyakarta: Imperium, 2014

Peraturan Presiden No. 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 tahun 2011 tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Pos Pelayanan Terpadu

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD

Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan kesejahteraan sosial

Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan

Pusat Kurikulum. Balitbang Kemdiknas Bunga Rampai Kurikulum, Buku Kedua, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Kemdiknas, 2009.

Pusat Sumber SLB A. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Pusat Sumber SLB A, 2012.

Rusdiana, H.A. Kebijakan Pendidikan Dari FIlosofi Ke Implementasi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015

Undang Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945

Undang-Undang RI no. 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Inspektorat Jendral 2009

Undang-Undang RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan

Undang-Undang RI No. 4 tahun 1997 tentang Penyandang Cacat

Undang-Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Undang-Undang No. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung

UNESCO. Salamanca 5 years on, Review of Unesco Activities in The Light of The Salamanca Statement and Framework For Action On Special Needs Education. France: Place de Fontenoy, 1999

________. Overcoming Exclusion through Inclusive Approaches in Education conceptual Paper, Paris: Place de Fontenoy, 2003

________. The Dakar Framework for Action Education For All: Meeting Our Collective Commitments, France: Place de Fontenoy, 2000

http://www.antaranews.com/berita/527190/kemdikbud-angka-pertisipasi-bersekolah-anak-berkebutuhan-khusus-rendah

http://www.Republika.co.id/berita/nasional/umum/13/07/17/ mq2vp- jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia tinggi




DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1217

Article Metrics

Abstract view : 2111 times
PDF - 511 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.