Pengembangan Media Sex Education Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini
(1) IAIN Cirebon
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRACT
The understanding of sexual education for children aged 5-6 years at RA Nur Kamal has not developed optimally, besides that the media related to sexual education is still limited in its availability. This study aims to develop sexual education using the Sex Education Book media in order to increase the understanding of sexual education for children aged 5-6 years in RA. This study uses the Research and Development method by using data collection techniques in the form of observation, interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive qualitative and descriptive quantitative. The results of this study are a media Sex Education Book that has been declared "Eligible" to be used to improve understanding of children's sexual education, with a feasibility score of 95.75% media validation, 100% material validation, and 100% language validation. User assessment obtained the results of eligibility of 97.22% homeroom teachers, 100% principals, and 100% accompanying teachers. In addition, from the Sex Education Book media trial, it obtained an increase score of 80% and entered the BSB category (Extremely Developed). These results indicate that the understanding of sexual education in children increased significantly compared to the results before using the media which obtained a percentage score of 54.28% in the BSH category (Developing as Expected).
Â
Keywords: sex education book, sexual education, early childhood
Â
Â
Â
ABSTRAK
Pemahaman pendidikan seksual pada anak usia 5-6 tahun di RA Nur Kamal belum berkembang secara optimal, selain itu media yang berkaitan dengan pendidikan seksual masih terbatas kesediaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan seksual menggunakan media Sex Education Book agar dapat meningkatkan pemahaman pendidikan seksual anak usia 5-6 tahun di RA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah media Sex Education Book yang telah dinyatakan “Layak†digunakan untuk meningkatkan pemahaman pendidikan seksual anak, dengan skor kelayakan 95,75% validasi media, 100% validasi materi, dan 100% validasi bahasa. Penilaian pengguna memperoleh hasil kelayakan sebesar 97,22% guru wali kelas, 100% kepala sekolah, dan 100% guru pendamping. Selain itu, dari uji coba media Sex Education Book memperoleh skor peningkatan sebesar 80% dan masuk ke dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil tersebut menunjukan bahwa pemahaman pendidikan seksual pada anak meningkat secara signifikan dibandingkan dengan hasil sebelum menggunakan media yang memperoleh skor persentase sebesar 54,28% kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).
Â
Kata Kunci:Â sex education book, pendidikan seksual, anak usia dini
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M., & Wulandari, M. D. (2018). Model Pendidikan Seks Pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Teori Perkembangan Anak. Inar The Progressive and Fun Education Seminar MODEL, January, 403–411.
Akbar, Z., & Mudzdaliffah, F. (2012). Program Pendidikan Seks Untuk Meningkatkan Proteksi Diri Dari Eksploitasi Seksual Pada Anak Usia Dini. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(XVI), 1–6. https://doi.org/10.21009/pip.251.1
Amaliyah, S., Nuqul, F. L., & Malang, K. (2017). Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak. 4, 157–166. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1758
Anggraini, T., Riswandi, & Ari, S. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–14. https://www.researchgate.net/publication/277948153_Educational_Intervention_Programme_in_Sexual_Education_of_a_Pre-Adoloscent_Boy_with_Prader-_Willi_Syndrome_A_Case_Study
Bakhtiar, N., & Nurhayati. (2020). Pendidikan seks bagi anak usia dini menurut hadist nabi. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DIni, 3, 36–44.
Camelia, L., & Nirmala, I. (2017). Penerapan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 27–32. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1720/1449
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Raudhatul Athfal: Jurnal Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Fauzia, M. (2022). KemenPPPA: 797 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual Sepanjang Januari 2022. Kompas.Id, 1. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/04/17062911/kemenpppa-797-anak-jadi-korban-kekerasan-seksual-sepanjang-januari-2022
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap “Auratku.†Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683
Irsyad, M. (2019). Pendidikan Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374
Juhaeni, Safaruddin, R Nurhayati, & Aulia Nur Tanzila. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11
Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules Untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera.
Listiyana, A. (2010). Peranan Ibu Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Anik. 5(2), 1–14.
Maria, N., & Putri, C. (2020). Bicara Seks Dengan Anak. CV. Pustaka Gema Media.
Ningsih, E. S. B., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan Seksual Pada Anak Di Kabupaten Karawang. Midwife Journal, 4(02), 56–65. http://jurnal.ibijabar.org/kekerasan-seksual-pada-anak-di-kabupaten-karawang/
Nugraha, B. D., & Wibisono, S. (2016). Adik Bayi Datang Dari Mana? A-Z Pendidikan Seksual Usia Dini. PT Mizan Publika.
Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296
Oktavia, M. (2016). Peranan Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak. 6–7.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Saputra, I. (2022). Ternyata Ada 2 Korban Pelecehan Seksual di Gresik. IDN Times Jatim. https://jatim.idntimes.com/news/jatim/imron-saputra/ternyata-ada-2-korban-pelecehan-seksual-di-gresik
Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (1st ed.). Perdana Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (kuantitatif,kualitatif dan RND) (ke-23). Alfabeta.
Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD (2nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Tri Endang Jatmikowati, Ria Angin, & E. (2015). a Model and Material of Sex Education for Early-Aged-Children. Cakrawala Pendidikan, No. 03, 434–448.
Vina Herviani, & Febriansyah, A. (2016). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, VIII(2).
DOI: 10.24235/awlady.v8i2.11887
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.