Penanaman Nilai Agama dan Moral (Ibadah Sholat) Dalam Pendidikan Keluarga pada Anak usia dini

Shofiyati Shofiyati(1*), Sumiyati Sumiyati(2), Heni Marlina(3),


(1) Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati PAUD Terpadu An Nismah Pati
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana  Implementasi pendidikan keluarga dalam  menanamkan nilai agama moral (ibadah shalat) anak usia dini di desa Kajen RT 06 RW 02 Margoyoso Pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang diperoleh yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu redukasi data (Data Reducation), Penyajian data (Data Display),Verifikasi (Conclusion drawing) dan menarik kesimpulan. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu menanamkan  nilai agama dan moral (ibadah sholat) anak usia dini di desa Kajen RT 06 RW 02 dengan pembiasaan, keteladanan dan pengawasan. Faktor pendukung pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai agama dan moral (ibadah shalat) anak usia ini di desa Kajen RT 06 RW 02 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati yakni dekatnya akses fasilitas pendidikan serta dukungan dan pengawasan dari orang tua. Sedangkan yang jadi penghambat orang tua dalam menanamkan ibadah shalat pada anaknya adalah asiknya bermain gawai (gedged) serta kesibukan orang tua dan lingkungan bermain pertemanan dengan teman sebaya.  


Keywords


Keywords: Implementasi, pendidikan keluarga, nilai agama moral anak

Full Text:

PDF

References


Amri, M. S., & Tulab, T. (2018). Tauhid: Prinsip Keluarga Dalam Islam (Problem Keluarga Di Barat). In Ulul Albab: Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.30659/jua.v1i2.2444

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Ar, F. R. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Teori Imam Al-Ghazali. 2(1), 115–136.

Arikunto S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Di, S., & Purbalingga, M. A. N. (2021). PERAN GURU FIQIH SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto untuk memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . Pd .) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

Didik Supriyanto. (2015). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak. Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Dan Pendidikan Keagamaan Orangtua, 3(Maret), 1–20. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67

Dina, N. Al. (2018). Konsep memanusiakan manusia perspektif munif chatib dan relevansinya dengan pendidikan agama islam. 14422016. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9877

Endang Kartikowati, S.Ag. Dr. Zubaedi, M.Ag., M. pd. (2016). Psikologi Agama & Psikologi Islam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hafid, U. D. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3428

Imamah, Z. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Perkotaan (Studi Kasus Anak Usia Dini Di Rw 03 Kelurahan Randusari Kota Semarang). 1–224. http://eprints.walisongo.ac.id/9805/

Kartini, A., & Maulana, A. (2020). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(2), 231–253. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i2.32

Maulida, S., & Ismawati, P. (2021). Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tk Wachid Hasyim Surabaya. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 7. https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13559

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sari, D. Y., Mutiara, S., & Rahma, A. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Menyediakan Lingkungan Bermain Di Rumah Untuk Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.12271

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

SITI, R. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Dalam Lingkungan Keluarga Di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupatn …. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/9114/%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/9114/2/SKRIPSI-SITI ROCHANI-1617406037.pdf

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Sugiyono, 34–45.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sumiyati, & Nurhayati, W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Media Kartu Kata Bergambar (Studi Lapangan di Kelompok B TK Masyithah Kajen Margoyoso Pati). Seminar Nasional Pembelajaran Baca Tulis Hitung Tingkat Permulaan Bagi AUD, 19–38. http://repository.uinbanten.ac.id/5289/6/03-sumiyati-prosiding 2017.pdf

Suyadi dan Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: 1.

Syamsudin, A. (2015). Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3018

Taubah, Mufatihatut, 2015. (2015). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM Mufatihatut Taubah (Dosen STAIN Kudus Prodi PAI). Jurnal Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pen, 109–136.

Yufridawati, Agung Purwadi, D. (2017). Pendidikan Keluarga di Satuan Pendidikan.

Yunani. (2017). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga ( Studikasus Pada Keluarga Yangistrinya Berprofesi Sebagai Guru Pai Sd Di Lingkungan Uptd Pendidikan Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan ). OASIS (Jurnal Ilmiah Kajian Islam), 2(1), 1–19.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. In Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Pendidikan_Anak_Usia_Dini/1KRPDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+anak+usia+dini+menurut+para+ahli&printsec=frontcover




DOI: 10.24235/awlady.v9i1.10186

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here