Pengaruh Brand Equity terhadap Motivasi menggunakan Jasa Perbankan Syariah pada Nasabah Bank Jabar Syariah Cirebon

Dewi Fatmasari(1*), Rina Masrurah(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Abstrak

 

Brand Equity merupakan salah satu faktor inti dari pemasaran. Seluruh strategi pemasaran pada dasarnya ditujukan untuk membangun brand yang kokoh. Brand yang telah memiliki equitas kokoh akan dapat meraih sukses pemasaran berupa pelanggan yang loyal dan keuntungan finansial. Sebelum memutuskan menjadi pelanggan atau nasabah tentu konsumen dipengaruhi oleh berbagai hal yang memotivasinya. Karena itu menjadi sangat penting menganalisa kedua faktor kunci tersebut yaitu brand equity dan motivasi penggunaan jasa pada konsumen untuk kemudian dicari korelasinya dan mendapat kesimpulan yang tepat. Objek yang diteliti adalah nasabah perbankan syariah, dimana perbankan syariah adalah lembaga keuangan yang relatif muda dan menawarkan konsep baru berbasis syariah. Berdasarkan penelitian para ahli perbankan serta fakta yang ada, bank syariah terbukti memiliki prospek yang sangat baik. Oleh karena itu menjadi suatu hal yang sangat penting mengetahui brand equity bank syariah dan pengaruhnya terhadap motivasi nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah.

            Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan perhitungan frekuensi pada setiap alternatif jawaban dengan menggunakan skala likert serta uji hipotesis menggunakan Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment dapat ditafsirkan bahwa brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menggunakan jasa perbankan syariah, yakni dengan perolehan rs = 0,726 yang termasuk pada kategori tinggi.  Koefisien determinasi 52,7% artinya motivasi menggunakan jasa perbankan syariah dipengaruhi oleh brand equity bank syariah dan sisanya 47,3%  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

           

Keyword : Brand Equity, Motivasi, Bank Syariah

 

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

 

Brand equity is one of the core factors in marketing, the whole marketing strategy is basically intended to build a solid brand. Brand has had a solid equity will be able to achieve success in the form of a loyal customer marketing and financial benefits. Before deciding to become a customer or a client of course consumers are influenced by many things that motivate him. Therefore it is very important to analyze both the key factors that motivated the use of brand equity and consumer services at the then searched for correlations and got the appropriate conclutions. The object under study is Islamic banking customers. Sharia bank is a financial institution that is relatively young and offer new concepts of sharia-compliant. According to the experts of the banking system and the fact show that no Islamic banks proved to have a very good prospect.

The analysis used in this study is the calculation of frequencies for each alternative answer using a likert scale, and test hypotheses using Pearson Product Moment. Based on the calculation of product moment correlation can be interpretated to mean that brand equity and a significant positive effect on the motivation of using the services of Islamic banking, namely the acquisition of rest = 0,726 which is included in the high category. The coefficient of determination of 52,7% motivation to use the services of Islamic banking brand equity is influenced by Islamic banks and the remaining 47,3% is influenced by other variables not examined by the author.

 

Keywords: Brand Equity, motivation, Sharia Banking.    


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aaker, David, 1991, Managing Brand Equity; Capitalizing onthe Value of Brand Name, Free Press, New York.

Antonio, S (2001), Bank Syariah dari teori ke praktek,Jakarta, Gema Insani Press.

Arifin Z (1999), Memahami Bank Syariah, Lingkup, Peluang, Tantangan dan Prospek, Jakarta, Alvabet

Arifin, Z (2002),Bank Syariah Versus Bank Konvensional, Republika (Senin 10 Juni 2002)

Arikunto, S (1998), Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek, Yogyakarta, Rineka Cipta

Durianto D,et al (2004), Brand Equity Ten,Strategi Memimpin pasar, Jakarta, Gramedia

Engel JF, et al (1994), Perilaku Konsumen, Jakarta, Binarupa Aksara

Hanna, N, & Wozniak, R. (2001). Consumer behavior: An applied approach ed). New Jersey: Addison Wesley Publishing Company.

Hidayat(2004),Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Kerja, Skripsi Sarjana Ekonomi FE UNIKU: tidak dipublikasikan

Kartajaya H (2003), Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, Hermawan. 2004, Marketing in Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya H, et.al (2005), Memenangkan Persaingan Dengan Segitiga Positioning- Differensiasi- Brand, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya H, Muh.Syakir Sula (2006), Syariah Marketing, Bandung, Mizan

Kusnendi (2005), Hand Out Metodologi Penelitian, Bandung.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,Edisi Kedelapan, Jakarta, Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2,Edisi Kedelapan, Jakarta, Erlangga.

Kevin Lane Keller., 2003, Strategic Brand Manajemen, Second Edition, Prentice Hall

Lembaga Penelitian Ipb (2000), Potensi, preferensi dan perilaku masyarakat terhadap bank syariah di wilayah Jawa.barat ,Jurnal Bank Indonesia.

Reportase (2004)“Bisnis Syariah Pasca Fatwa†Jakarta, PT. Modal Multi Media (No.15/II-Januari 2004)

Shanmugam, B, Turton, C and Hempel, G 1992, Bank Management, John Wiley & Sons, Australian Edition.

Sjahdeini, S Remy. 1999. Perbankan Islam dan Kedudukannya Dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia, Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Saefudin AM (1987), Ekonomi dan Masyarakat dalam Perspektif Islam, Jakarta, Rajawali Press

Simamora B (2003), Membongkar Kotak Hitam Konsumen, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun M, Sofyan Effendi (1987), Metode Penelitian Survey, Jakarta, PT. Pustaka LP3ES Indonesia

Soehadi, Agus, W. Ph. D, Prof., (2005). Effective Branding. Penerbit Quantum Bisnis & Manajemen.

Sugiono (2002), Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta

Tazkia Institute (2001), Pelatihan Dasar Perbankan Syariah, Jakarta

Tjiptono F(2005), Brand Manajement & Strategi, Jogyakarta, Andi

Undang-undang dan Peraturan Merek dan Paten, Nomor 19 tahun 1992 dan Nomor 6 Tahun 1985, Surabaya, Pustaka Tinta Mas




DOI: 10.24235/amwal.v8i1.666

Article Metrics

Abstract view : 867 times
PDF - 687 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats