STRATEGI POSITIONING PESANTREN AL-MULTAZAM KUNINGAN JAWA BARAT

Diana Djuwita(1*),


(1) Prodi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Banyaknya pesantren saat ini mendorong pesantren masuk dalam iklim persaingan sehingga pesantren perlu melakukan diferensiasi agar membedakan dirinya dari pesantren lain, yang dikenal dengan istilah positioning (penentuan posisi pasar). Maka dalam penelitian ini rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi positioning pesantren Al-Multazam Kuningan dan apakah manfaat strategi positioning tersebut bagi Al-Multazam. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat desktiptif analitis. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pesantren Al-Multazam memposisikan dirinya sebagai pesantren yang bersih, rapi, fasilitasnya lengkap memadai, dan menerapkan kurikulum DIKNAS. Para santri diasramakan dan mengisi kegiatan sehari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat dan bernilai ibadah. Pesantren Al-Multazam memberikan program penunjang bagi para santrinya seperti program life skill, program Bahasa Arab dan Inggris serta hafalan Al-Qur’an minimal 5 juz. Pesantren Al-Multazam menyadari adanya persaingan dengan banyaknya pesantren saat ini. Maka pesantren Al-Multazam berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat serta berusaha membedakan produk/jasanya dari pesantren lain dengan menggunakan atribut khusus, seperti manawarkan berbagai keunggulan yang dimilikinya. pesantren Al-Multazam mengenalkan produk/jasa melalui slogan “Membina generasi berakhlaq mulia, berprestasi, dan terampil berbahasa.â€

 

Kata Kunci: Strategi Positioning, Pesantren

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

David W. Cravens. (1991). Strategic Marketing. Third edition. Boston: Richard D. Irwin Inc

Earl Babbie. (2004). The Practice of Social Research (10th ed). Beltmont: Wadsworth/Thomson Learning

Hongyi Zhang. (2008). A Study on the Application of STP Marketing Strategy in the MBA Education Program of Universities in China. No 2, vol.1 diakses pada 26 Maret 2013

Husein Umar. (2005). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Muhammad Idrus. (2007). Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif). Yogyakarta: UII Press

Philip Kotler, et.al. (2003). Marketing Management An Asian Perspective. Third Edition. Prentice Hall

Philip Kotler dan Gray Amstrong. (1997). Principles of Marketing. Singapore: Prentice Hall International Editions

Porter, Michael E. (1989). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: Free Press

Prasetya Irawan. (2006). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Depok: DIA FISIP UI

Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Ronny Kountur. (2003). Metode Penelitian untuk Penelitian Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM

Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Refika Aditama

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi. CV Alfabeta: Bandung




DOI: 10.24235/amwal.v6i1.253

Article Metrics

Abstract view : 571 times
PDF - 491 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats