STRATEGI POSITIONING PESANTREN AL-MULTAZAM KUNINGAN JAWA BARAT
(1) Prodi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Â
Banyaknya pesantren saat ini mendorong pesantren masuk dalam iklim persaingan sehingga pesantren perlu melakukan diferensiasi agar membedakan dirinya dari pesantren lain, yang dikenal dengan istilah positioning (penentuan posisi pasar). Maka dalam penelitian ini rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi positioning pesantren Al-Multazam Kuningan dan apakah manfaat strategi positioning tersebut bagi Al-Multazam. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat desktiptif analitis. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pesantren Al-Multazam memposisikan dirinya sebagai pesantren yang bersih, rapi, fasilitasnya lengkap memadai, dan menerapkan kurikulum DIKNAS. Para santri diasramakan dan mengisi kegiatan sehari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat dan bernilai ibadah. Pesantren Al-Multazam memberikan program penunjang bagi para santrinya seperti program life skill, program Bahasa Arab dan Inggris serta hafalan Al-Qur’an minimal 5 juz. Pesantren Al-Multazam menyadari adanya persaingan dengan banyaknya pesantren saat ini. Maka pesantren Al-Multazam berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat serta berusaha membedakan produk/jasanya dari pesantren lain dengan menggunakan atribut khusus, seperti manawarkan berbagai keunggulan yang dimilikinya. pesantren Al-Multazam mengenalkan produk/jasa melalui slogan “Membina generasi berakhlaq mulia, berprestasi, dan terampil berbahasa.â€
Â
Kata Kunci: Strategi Positioning, Pesantren
Â
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
David W. Cravens. (1991). Strategic Marketing. Third edition. Boston: Richard D. Irwin Inc
Earl Babbie. (2004). The Practice of Social Research (10th ed). Beltmont: Wadsworth/Thomson Learning
Hongyi Zhang. (2008). A Study on the Application of STP Marketing Strategy in the MBA Education Program of Universities in China. No 2, vol.1 diakses pada 26 Maret 2013
Husein Umar. (2005). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Muhammad Idrus. (2007). Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif). Yogyakarta: UII Press
Philip Kotler, et.al. (2003). Marketing Management An Asian Perspective. Third Edition. Prentice Hall
Philip Kotler dan Gray Amstrong. (1997). Principles of Marketing. Singapore: Prentice Hall International Editions
Porter, Michael E. (1989). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: Free Press
Prasetya Irawan. (2006). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Depok: DIA FISIP UI
Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Ronny Kountur. (2003). Metode Penelitian untuk Penelitian Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM
Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Refika Aditama
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi. CV Alfabeta: Bandung
DOI: 10.24235/amwal.v6i1.253
Article Metrics
Abstract view : 571 timesPDF - 491 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Al Amwal Indexed by:
Â
Â
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats