Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Nasabah Bank Jabar Banten Syariah Cirebon

Layaman Layaman(1*), Novi Andriyani(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Dalam dunia bisnis perbankan peran teknologi informasi sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan perbankan. Upaya bank memberikan pelayanan berbentuk teknologi agar nasabah lebih mudah bertransaksi sehingga dapat memberikan kepuasan kepada nasabah, akan tetapi Bank Jabar Banten syariah belum maksimal dalam menerapkan dan menggunakan teknologi perbankan dibandingkan dengan perbankan syariah lainnya. Berdasarkan survey awal yang didapat bank Jabar Banten syariah belum mempunyai internet banking. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh teknologi perbankan terhadap kepuasan nasabah bank Jabar Banten Syariah Cirebon.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan kuesioner. Dengan jumlah responden 42 orang. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, dengan pengujian validitas, pengujian reliabilitas, dan analisis determinasi. Sedangkan pengujian menggunakan uji t. Selain itu, dilakukan juga uji asumsi klasik, dimana semua pengujian tersebut menggunakan alat bantu program SPSS versi 21.

Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas setiap item pernyataan pada variabel dinyatakan valid dan reliabel. Serta hasil dari uji asumsi klasik pada uji normalitas semua data dinyatakan normal, uji linearitas terdapat hubungan yang linear antara teknologi perbankan dan kepuasan nasabah, dan pada uji heterokedastisitas data terbebas dari heterokedastisitas. Pada uji t, variabel Teknologi perbankan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan thitung teknologi perbankan sebesar 11,688 lebih besar dari nilai ttabel 2,021 (11,688 > 2,021).

 

Kata Kunci : Teknologi Perbankan, kepuasan nasabah

 

Abstract

In the banking business world the role of information technology plays an important role in improving the quality and banking services. Bank efforts to provide services in the form of technology so that customers are easier to transact so as to provide satisfaction to customers, but Bank Jabar Banten syariah not maximized in applying and using banking technology compared with other Islamic banking. Based on preliminary survey obtained Bank Jabar  Banten Syariah not have internet banking. Therefore, this study aims to determine and analyze how the influence of banking technology on customer satisfaction Bank Jabar Banten Syariah Cirebon.

This research uses quantitative approach. The data used in this study is the primary data with data collection techniques through questionnaires and questionnaires. With the number of respondents 42 people. Data analysis using simple linear regression, with validity testing, reliability testing, and determination analysis. While testing using t test. In addition, there is also a classical assumption test, where all the tests using tools SPSS program version 21.

Based on the results of validity and reliability test each item statement on the variable declared valid and reliable. As well as the results of the classical assumption test on the normality test all data are stated normal, linearity test there is a linear relationship between banking technology and customer satisfaction, and on heterokedastisity test data free from heterokedastisitas. In t-test, banking technology variables have a significant positive effect on customer satisfaction with banking technology tcount 11,688 is bigger than ttable value 2.021 (11,688> 2,021).

 

Keywords: Banking technology, customer satisfaction


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asnawi, Nur dan Masyhuri. Metodologi Riset Menejemen Pemasaran. Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2001.

Daniel, Moehar. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara. 2002.

Editorial jurnal hukum bisnis, E-Commerce meningkatkan efesiensi. Jurnal hukum bisnis vol18. Maret 2002

Hasan, Ali. marketing bank syariah, jakarta:ghalia indonesia, 2010.

http://bjbsyariah.co.id/ (Di akses pada tanggal 25 maret 2017, pada pukul 19.15 WIB)

http:jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/16581/16573(diakses pada tanggal 1 Nopember 2016, pukul 20.35 WIB)

Irianto, Agus. STATISTIK: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana, 2010.

Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2006.

Karomillah, Mila. Pengaruh layanan E-banking terhadap kepuasan nasabah. Jakarta: UIN Syarifhidatullah, 2015.

Kasmir. Bank dan Lembaga keungan lainnya. Jakarta: Rajawali pres 2013.

Kasmir. Menejemen Perbankan. Jakarta: Rajawali press 2012.

Kotler, Philip dan Amstronge, Gary. Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: PT indeks kelompok gramedia, 2005.

Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga, 2013.

Narbuko, Cholid dan Ahmadi, Abu. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2007.

Nasution, M.N. Manajemen mutu terpadu. Bogor: ghalia indonesi,2001.

Notoatmodjo, Soekidjo. Metode penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka cipta, 2012.

Nurastuti, Wiji. Teknologi Perbankan. yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Prayitno. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom, 2010.

Priyatno, Dwi. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom, 2010.

Ridwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2008.

Santoso, Singgih. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2002.

Sekaran. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi Keepat. Jakarta: Salemba Empat, 2000.

Sharma, M. C., and Abhinav Sharma. "Role of Information Technology in Indian Banking Sector." International Journal in Multidisciplinary and Academic Research 2.1 (2011): 1-12.

Siregar, Sofiyan. Stastistik parametik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikai SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama, 2012.

Tjiptono, Fandi. Perspektif manajemen dan pemasaran kontenporer. yogyakarta: Andi offset, 2000.

Wanandi. pengaruh persepsi kebermanfaatan,keamanan, kepercayaan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap penggunaan online banking. yogyakarta: UNY, 2014.

Widiastuti, Berlian. Intensitas penggunaan electronic banking. semarang: Universitas diponogoro, 2010.

Widiyono, Try. Aspek Hukum Oprasional Transaksi Produk Perbankan di Indonesia. Bogor: PT. Ghalia Indonesia, 2006.

Wijaya, Amin. manajemen pemasaran kontemporer. Jakarta: harvarindo, 2003

Yuliarmi, Nyoman. Analisis yang mempengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan. Denpasar: unversitas udayana, 2007.




DOI: 10.24235/amwal.v9i1.1638

Article Metrics

Abstract view : 853 times
PDF - 513 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats