PENGARUH INTERNET BANKING TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH PADA BANK BRI SYARIAH KCP ARJAWINANGUN

H. Djohar Arifin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Semakin pesatnya sistem teknologi ilmu komunikasi dan semakin mengglobalnya segala sistem telah mempermudah segala hal. Dengan menyikapi pemanfaatan internet dan hubungannya dengan peranan dan keberadaan hukum, hal ini tidak terkecuali juga dalam hubungannya dengan masalah munculnya pemanfaatan layanan Internet Banking dan data pribadi nasabah, dimana di beberapa Negara memandang perlu adanya pengaturan hukum. Hadirnya layanan Internet Banking ini merupakan suatu sarana media alternatif dalam memberikan kemudahan-kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi apapun dengan mudah, cepat, dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan semakin meningkat. Hal itu dapat dilihat dari semakin banyaknya masyarakat yang memilih menyimpan uangnya di bank dan menggunakan layanan Internet Banking karena sangat membantu sekali dalam kondisi apapun.

 

Kata Kunci: Internet Banking, Tingkat Kepercayaan, Nasabah dan Perbankan Syariah

 

Abstract

 

The more rapidly the system of science and communication technology increasingly mengglobalnya all systems have made things easier. By addressing the use of the internet and its relation to the role and existence of the law, this is no exception in relation to the problem of the emergence of the use of Internet Banking services and personal data of customers, which in some countries views the need for legal arrangements. The presence of Internet Banking service is a means of alternative media in providing convenience for customers in any transaction easily, quickly, anywhere and anytime. Therefore, public confidence in the banking industry is increasing. It can be seen from the increasing number of people who choose to save money in the bank and use the Internet Banking service because it is very helpful in all conditions.

 

Keywords: Internet Banking, Level of Trust, Customer and Sharia Banking


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Mukherjee dan Nath P, A Model of Trust in Online Relationship Banking, International Journal of Banking, 2003

Adiwarman A Karim, Islamic Banking Fiqh And Financial Analysis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005

Ahmad Hassan Ridwan dan Den K. Yusuf, BMT dan BANK ISLAM: Instrumen Lembaga Keuangan Syariah, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004

Al-Syafi’i. Tafsir Fi Zhilalil Quran, Jakarta: Gema Insani, 2000

Andri Soemitra, Bank dan lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

Andri Soemitra, Bank dan lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

B. Rahardjo, Arsitektur Internet Banking yang Terpercaya, Data diunduh tanggal 5 Juni 2011. http://www.ilmukomputer.com/populer/budir ahardjo-banking.php.

Budi Budi Agus Riswandi, Aspek Hukum Internet Banking, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005

Gemala Dewi, Aspek-Aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasurasian Syariah di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005

Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah, Yogyakarta: Ekonosia, 2003

Herry Buchory dan Djasmin Saladin. Dasar-dasar Pemasaran Bank, Bandung: Linda Karya. 2006

Hirsanuddin. Hukum Perbankan Syariah di Indonesia Yogyakarta: Genta Press, 2008

Kompas (2002, 19 Maret). Indonesia Tempati Posisi ke Enam Kejahatan Internet. Data diunduh tanggal 5 Juni 2011. http://www.kompas.com/internet/news/0203/19 /104052.htm

M.K.O. Lee, and Turban, E. A Trust Model for Consumer Internet Shopping, 2001. Data diunduh tanggal 5 Juni. 2011, hlm. 5 http:// www.people.creighton.edu/ ~lch50201/ summer2004/ Week5responses.pdf.

Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek, Jakarta: Gema Insani, 2001

Muhammad, Sistem Dan Prosedur Operasional Perbankan Syari’ah, Yogyakarta: UII Press, 2000

_________. Bank Syariah, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005

Munir Fuady, Hukum Perbankan Modern, Buku Kedua Bandung : Citra Aditya Bakti, 2001), 83.

Peppers and Rogers. Relationship Marketing, Journal of Marketing, Vol. 58, No. 3, 1994, 40-54.

R.A. Malaga, Web-Based Reputation Management Systems: Problems And Suggested Solutions. Electronic Commerce Research, 1, 2001, http://proquest.umi.com/ pqdweb?did=528782111&sid=1&Fmt=2& clientld=46969&RQT=309& Vname= PQD database

Rachmadi Usman. Aspek Hukm Perbankan Syariah Di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, 2012

Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan, Bandung: Alfabeta, 2010

Regulation on the Financial Strategy of Islamic Banks†dalam Proceceeding of the 9th Expert Level Conference on Islamic Banking, disponsori oleh Bank Indonesia dan Internasional Association of Islamic BanksRifaat Ahmad Abdul Karim, “The Impact of the Basle Capital Adequacy Ratio, 7-8 April 1995, Jakarta

Robert M. Morgan dan Shelby D. Hunt, The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing, Journal of Marketing, Vol. 58, No. 3, 1994

Robert M. Morgan dan Shelby D. Hunt, The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing, Journal of Marketing, Vol. 58, No. 3, 1994

Robert M. Morgan dan Shelby D. Hunt, The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing, Journal of Marketing, Vol. 58, No. 3, 1994

S. Ba, Establishing Online Trust Through A community Responsibility System. Decision Support System, 31, 2001, 323-336.http://www.cos.ufrj.br/∼jano/CSCW2004/onlinetrust.pdf.

Shofiyullah, E-Commerce dalam Hukum Islam, Jurnal Penelitian Agama: Vol. XVII, 2008

Sutedi Adrian. Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum, Bogor: Ghalia Indonesia, 2009

Sutedi Adrian.Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum, Bogor: Ghalia Indonesia, 2009

Syaiful Watni, Suradji, Sutriya. Analisis dan Evaluasi Hukum Tentang Perbankan Syariah di Indonesia, Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional, 2003

Tim Penulis DSN MUI, Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional (Jakarta: DSN MUI dan Bank Indonesia, 2005), 27

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syari’ah. pasal 1. ayat 7. pasal 1. ayat 12

Warkum Sumitro. Asas-asas Perbankan Islam & Lembaga-lembaga Terkait. Bamui, Takaful dan Pasar Modal Syariah di Indonesia, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2004

Zaenudin Ali, Hukum Perbankan Syariah, Jakarta: Sinar Grafika, 2010

Zainul Arifin, Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah, Jakarta: Pustaka Alfabet Anggota IKAPI, 2005




DOI: 10.24235/amwal.v8i2.1610

Article Metrics

Abstract view : 642 times
PDF - 2209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats