The Potential of Halal Culinary Tourism Among Non-Muslim Communities in Bali
(1) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
The development of halal culinary tourism in Indonesia as a whole is quite significant. However, the application of halal cooking in the Bali region is still limited. The aim of this research is to determine the development of halal culinary tourism for non-Muslim communities in Bali. This research uses a qualitative descriptive research method. Data collection, both primary and secondary, is carried out through interviews, observation and documentation. SWOT analysis has used to take the conclusions about existing research problems. The research findings show several discoveries, including providing high-quality halal food to attract more tourists; diversifying the halal culinary menu with local nuances in tourist areas; continuing collaboration with local food producers and farmers to obtain environmentally friendly raw materials; expanding partnerships with other local and regional businesses; and increasing efforts to promote halal food by organizing events with local communities, including non-Muslims.
Keywords: Halal Tourism; halal culinary; non-Muslim society
Â
Abstrak
Perkembangan wisata halal di Indonesia cukup signifikan. Namun penerapan masakan halal di wilayah Bali masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi wisata kuliner halal bagi masyarakat non muslim di Bali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data, baik primer maupun sekunder, dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis SWOT digunakan untuk menarik kesimpulan terhadap permasalahan penelitian yang ada. Temuan penelitian menunjukkan beberapa penemuan, antara lain menyediakan makanan halal berkualitas tinggi untuk menarik lebih banyak wisatawan; diversifikasi menu kuliner halal bernuansa lokal di kawasan wisata; melanjutkan kolaborasi dengan produsen pangan dan petani lokal untuk mendapatkan bahan baku ramah lingkungan; memperluas kemitraan dengan bisnis lokal dan regional lainnya; dan meningkatkan upaya untuk mempromosikan makanan halal dengan melibatkan masyarakat lokal, termasuk non-Muslim.
Kata kunci: Wisata halal; kuliner halal; masyarakat non muslim
Full Text:
PDFReferences
Adha, A. S. A., & Suseno, S. H. (2020). Pola Konsumsi Pangan Pokok dan Kontribusinya Terhadap Tingkat Kecukupan Energi Masyarakat Desa Sukadamai ( Food Consumption Pattern And Its Contribution to Nutrient Adequacy Ratio of Sukadamai Villagers ). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(6).
Departemen Agama Republik Indonesia. (2011). Syamil Quran: Al-Qur’an Tilawah. PT. Sygma Examedia Arkanleema.
Dinas Pariwisata Propinsi Bali. (2021). Rilis Data Statistik Resmi Bulan Juni 2022. https://disparda.baliprov.go.id/rilis-data-statistik-resmi-bulan-juni-2022/2022/08/
Djakfar, M. (2017). Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi: Peta Jalan Menuju Pengembangan Akademik & Industri Halal di Indonesia. UIN Maliki Press.
Fahham, A. M. (2017). Tantangan Pengembangan Wisata halal di Nusa Tenggara Barat (The Challenge of Developing Halal Tourism in Nusa Tenggara Barat). In Aspirasi (Vol. 8, Issue 1).
Fauzi, M., Novia, A., Rahmat, P., Bustami, A. W., & Ditama, R. A. (2021). ISLAMIC E-SERVICE QUALITY (IESQ): SEBUAH MODEL KONSEPTUAL. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 6(1).
HUMAS LIPI. (2020). Peningkatan Potensi Wisata Halal Berkembang Menjadi Bagian dari Gaya Hidup. http://psdr.lipi.go.id/news-and-events/news/peningkatan-potensi-wisata-halal-berkembang-menjadi-bagian-dari-gaya-hidup.html
Ibrahim, A. I., & Riska Damayanti. (2021). Kepedulian Masyarakat Muslim terhadap Makanan Halal di Daerah Minoritas (Studi Majelis Masjid Nurul Falah Kabupaten Tana Toraja). Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 2(1). https://doi.org/10.55623/ad.v2i1.59
Jaelani, A. (2017). Industri Wisata Halal di Indonesia: Potensi dan Prospek. Mpra, 76237.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2013). Makanan & Minuman dalam Perspektif Al-Qur’an & Sains. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Lubis, M. Z. M. (2018). Prospek Destinasi Wisata Halal Berbasis Ovop (One Village One Product). Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3(1).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Muzayanah, U., Oetomo, S. B., & Zakiyah, Z. (2019). KEPEDULIAN SISWA MADRASAH ALIYAH TERHADAP PRODUK PANGAN HALAL DI KOTA SURAKARTA. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 5(2). https://doi.org/10.18784/smart.v5i2.883
Qardhawi, Y. (2015). Halal Dan Haram Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Penegakan Hukum, 2(1).
Rangkuti, F. (2019). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot,Rating, dan OCAI. In Jakarta : Gramedia, 2013 (Vol. 20th).
Silitonga, J., Sari Lubis, D., & Monitorir, R. (2021). Analisis Potensi Wisata Halal Air Terjun Silima-Lima. Jurnal Ekslusif Ekonomi Syariah, 01.
Subagiyo, R. (2017). Metode Penelitian Ekonomi Islam: Konsep Dan Penerapan. Alim’s Publishing Jakarta.
Sujaya, I. N. (2013). Makanan dan Minuman Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. In Pengantar Kesehatan Lingkungan.
Sukoso, Adam, W., Joni, K., & Sucipto. (2020). Ekosistem Industri Halal 2020. In Ekosistem Industri Halal. Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia.
Suyatman, U., Ruminda, R., & Yatmikasari, I. I. (2019). Pengembangan Muslim Friendly Tourism Dalamkonsep Pariwisata Budaya Di Pulau Dewata. PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SUNAN GUNUN GDJATI BANDUNG. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://digilib.uinsgd.ac.id/29269/1/Laporan MFT Bali.pdf
Tanjung, A., & Panggabean, S. A. (2022). Peluang Wisata Halal Terhadap Pengembangan Ekonomi Islam. Jesya, 5(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.754
Tsani, A. F., Susilo, H., Suyamto, Setiawan, U., & Sudanto. (2021). Halal And Thayyib Food In Islamic Sharia Perspective (Makanan Halal Dan Thayyib Dalam Perspektif Syariat Islam). IJMA: International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues , 1(1).
Zahrah, A., & Fawaid, A. (2019). Halal Food di Era Revolusi Industri 4.0: Prospek dan Tantangan. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(2). https://doi.org/10.21009/hayula.003.2.01
DOI: 10.24235/amwal.v15i2.15535
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Al Amwal Indexed by:
Â
Â
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats