Implementation Of E-Sedekah Via Gopay In LAZISMU Bojonegoro In Increasing Interest InN Giving To The Comunity

Alvi Ani Dwi Rahmawati(1*), Nasrulloh Nasrulloh(2),


(1) Universitas Trunojoyo Madura
(2) Universitas Trunojoyo Madura
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perkembangan teknologi berupa pembayaran nontunai dalam meningkatkan minat masyarakat dalam bersedekah khususnya di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menganalisis literatur terkait transaksi sedekah non tunai. Objek penelitian ini adalah para donatur (muzakki) di Lazismu Bojonegoro. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam yang penulis lakukan dengan karyawan Lazismu Bojonegoro. Dengan animo masyarakat dalam berzakat, Lazismu selalu mendorong inovasi dan berupaya untuk mempermudah masyarakat dalam berzakat melalui berbagai layanan digital, baik digital banking, e-commerce maupun financial technology. Dalam upaya memaksimalkan penghimpunan dana tersebut, Lazismu menggandeng Gopay-Gojek. Nantinya masyarakat bisa berzakat melalui aplikasi Go-Pay Gojek. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini animo masyarakat Bojonegoro dalam melakukan sedekah non tunai atau E-sedekah masih rendah, karena masyarakat belum familiar dengan fitur sedekah di aplikasi Go-Pay Gojek. Dalam mengantisipasi permasalahan tersebut, Lazismu Bojonegoro terus melakukan inovasi melalui digitalisasi produk, sehingga animo masyarakat dalam berzakat tetap konsisten yaitu dengan menggunakan WhatsApp Blast, transfer melalui rekening bank atau melalui aplikasi pembayaran seperti LinkAja atau dengan jemput sedekah langsung ke muzakki. . karena masyarakat belum familiar dengan fitur sedekah di aplikasi Go-Pay Gojek. Dalam mengantisipasi permasalahan tersebut, Lazismu Bojonegoro terus melakukan inovasi melalui digitalisasi produk, sehingga animo masyarakat dalam berzakat tetap konsisten yaitu dengan menggunakan WhatsApp Blast, transfer melalui rekening bank atau melalui aplikasi pembayaran seperti LinkAja atau dengan jemput sedekah langsung ke muzakki. . karena masyarakat belum familiar dengan fitur sedekah di aplikasi Go-Pay Gojek. Dalam mengantisipasi permasalahan tersebut, Lazismu Bojonegoro terus melakukan inovasi melalui digitalisasi produk, sehingga animo masyarakat dalam berzakat tetap konsisten yaitu dengan menggunakan WhatsApp Blast, transfer melalui rekening bank atau melalui aplikasi pembayaran seperti LinkAja atau dengan jemput sedekah langsung ke muzakki. .


Full Text:

PDF

References


Afiful Ichwan. (2021). Pengaruh Techology Acceptance Model Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Melalui Fintech Gopay (Studi Pada Muzakki BAZNAZ DKI Jakarta, Jurnal Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 45.

Ali Muchtar Suryono. (2021). Analisis Penggunaan Uang Non Tunai (Cashless) Gopay dan Proses Bisnisnya Pada Transportasi Online Go-Jek Dengan Metode Root Cause Analysis. Jurnal JMSI, 2(2), 207.

Gopay. (2021). Donasi Online Lebih Mudah dan Praktis dengan Gopay. https://www.gojek.com/blog/gopay/donasi-online/

Hermawan Sukoasih. (2010). Bisnis Sambil Jadi Karyawan & Jurus Menuju Bisnis yang Sukses. PT. Bumi Aksara.

Indri Kartika. (2020). Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAZ Salatiga). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 42–52.

Irma Nurhasanah. (2019). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Kualitas Pelayanan, Transparansi Lembaga Amil Zakat di Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Provinsi DKI Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Lazismu. (n.d.). Besedekah di Lazismu Secara Mudah dan Ringan Melalui Aplikasi Fintech Gopay-Gojek. Retrieved December 8, 2021, from https://lazismujatim.org/bersedekah-di-lazismu-secara-mudah-dan-ringan-melalui-aplikasi-fintech-gopay-gojek/

Mansur Hidayat. (2018). Sedekah Online Yusuf Mansur : Otoritas dan Bahasa Agama di Media Sosial. Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 6(1), 7–8.

Muhammad Ramdhan. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara CMN.

Mukmin Mukri. (n.d.). Infaq dan Shadaqah (Pengertian, Rukun, Perbedaan dan Hikmah). Retrieved December 8, 2021, from https://bdkpalembang.kemenag.go.id/upload/files/untuk Website %28Mukmin%29.pdf,

Nanda Maulida Yani. (2020). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) Melalui Baitul Mal Sigli Kabupaten PIDIE. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Rachmi Ardhila. (2011). Peran Program Nikmatnya Sedekah Untuk Membangun Kesadaran Bersedekah Pada Jamaah di MNCTV. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sholikudin Alawy. (2021). Strategi Pengelolaan Dana Filantropi di Masa Pandemi, Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 08(4), 5.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widya Ningsih. (2021). Pengaruh Media Sosial Lazismu Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Di Lazismu Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Yulita Khofiyani. (2018). Praktik Sedekah Online Pada Paytren (Studi Kasus Mitra Paytren Semarang). Universitas Islam Negeri Walisongo.




DOI: 10.24235/amwal.v14i2.11501

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats