Pengaruh Sistem Zonasi terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 6 Pandeglang
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem zonasi terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 6 Pandeglang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif komparatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak, dengan sampel 230 siswa kelas X dan kelas XII SMAN 6 Pandeglang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa penyebaran instrument penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukan terdapat hasil t-hitung sebesar 4.859 dan t-tabel sebesar 1.651 berarti terdapat perbandingan antara siswa kelas XII dan siswa kelas X karena t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dapat disimpulkan ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diterima melalui sebelum zonasi dan sesudah zonasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aris Nurlailiyah. 2019. Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa Smp Di Yogyakarta. Jurnal Realita Vol 17 No 1
Dian Purwanti. 2019. Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Di Kota Bandung. Jurnal Governansi Vol 5 No 1
Hidayah Setianti. 2019. Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Menggunakan Sistem Zona Dalam Pemerataan Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Smpn Kecamatan Temanggung). Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3 No 2
Sibaril, Majdi. 2011. â€Pengaruh Layanan Bimbingan Dan Konseling Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smp Islam Hidayatullah Semarangâ€. Fakultas Tarbiyah. IAIN Walisongo. Semarang
Wulandary, Desi. 2018. “Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Smpn 1 Labuhan Ratu Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018â€. FKIP. Universitas Lampung. Lampung
Wulansari, Devi. 2016. “Kebijakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cangkringan Sleman Yogyakartaâ€. FKIP. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2016. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Indrawan, Rully., Yaniawati, R.Poppy. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama
Hamzah B. Uno. 2019. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Rahmawati, Rima. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016â€. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
DOI: 10.24235/prophetic.v5i1.11176
Article Metrics
Abstract view : 22 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prophetic Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Da'wah and Islamic Communication, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.
Editorial Office:
FDKI Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Da'wah and Islamic Communication, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com