Analisis System Quality dan Service Quality terhadap Tingkat Kepercayaan Nasabah pada Digitalisasi Pembukaan Rekening Bank
Abstract
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk - bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Perkembangan bisnis perbankan digital saat ini merupakan salah satu agenda penting dalam industri Perbankan Indonesia. Kebutuhan akan transformasi menjadi prioritas utama bagi perusahaan, agar lebih agile dalam pasar yang berubah dengan cepat. Penggunaan technology informasi pada Bank telah mengubah pola pikir masyarakat dalam bertransaksi. Hal ini berdampak pada digitalisasi pembukaan rekening. Masyarakat dapat dengan mudah membuka rekening dimana saja dan kapan saja. Seiring dengan kemudahan pembukaan rekening digital, perlu diperhatikan tingkat kepercayaan yang diakibatkan dari penggunaan aplikasi tersebut. Saat ini, Bank dengan modal inti tertinggi yaitu tiga puluh tirilun rupiah telah menerapkan pembukan rekening secara online. Penelitian ini menganalisis sistem kepercayaan (trust) nasabah terhadap system quality dan service quality dengan Metode PLS-SEM dan hasil penelitian ini diharapkan bisa mengetahui sejauh mana kepercayaan nasabah setelah menggunakan pembukaan rekening secara online.
Downloads
References
“Data Distribusi Simpanan November 2020â€, Lembaga Penjamin Simpanan, 2020. [Online]. Available at: www.lps.go.id/web/guest/data-distribusi-simpanan.
OJK, “Peraturan OJK (POJK) No.12/PJOK.03/2018â€, Otoritas Jasa Keuangan, 2018. [Online]. Available at: https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Documents/Pages/Penyelenggaraan-Layanan-Perbankan-Digital-oleh-Bank-Umum/POJK 12-2018.pdf.
P. Kotler와/ê³¼K. L. Keller, “Marketing Management, 15e éditionâ€, New Jersy Pearson Educ., 2016.
A. Jeyaraj, “DeLone & McLean models of information system success: Critical meta-review and research directionsâ€, Int. J. Inf. Manage., 2020.
Nordea, “Customer Satisfaction and Loyalty Report 2016â€, 호 394, 2016.
A. W. Awad, “The Impact of The Quality of Banking Services In Enhancing The Competitiveness of The Palestinian National Banksâ€, Int. J. Econ. Manag. Stud., 2019.
E. Sundari, Y. Z. Basri, T. Mariyanti와/ê³¼Z. my, “The Effect Of Service Quality, Bank Image, Customer Satisfaction, And Customer Attitude Mediation Role On The Loyalty Of Sharia Banking Customer In Islamic Perspective In Pekanbaruâ€, Int. J. Econ. Manag. Stud., 2019.
A. Krisnaresanti, Y. N. Farida와/ê³¼C. M. Mulasiwi, “Analysis of Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Customer Trust And Customer Commitmentâ€, Int. J. Econ. Manag. Stud., 2020.
P. Kesumayuda, M. MS와/ê³¼D. Rouly, “The Impact of E-Wom on Trust And Interest Visiting The Destination of Pahawang Island Tourism, Pesawaran Districtâ€, Int. J. Econ. Manag. Stud., 2020.
B. M. Soufiane와/ê³¼M. B. Ibrahim, “The Factors Affecting on E-Government Adoption in Algeria: The Moderating Role of Trustâ€, Int. J. Econ. Manag. Stud., 2021.
Haifa Alghwery And Christian Bach, “Customer Satisfactionâ€, Int. J. Innov. Sci. Res., 2014.
O. V. Glinkina, T. R. Zelenina, V. Y. Melnikov, M. M. Novikova와/ê³¼T. A. Solostina, “The impact of digitalization on the transformation of human capital during the development of industry 4.0â€, Int. J. Eng. Trends Technol., 2020.
G. R, “Impact of Digitalisation in the Tertiary Businessâ€, Int. J. Eng. Trends Technol., 2019.
E. S. Athory와/ê³¼I. B. A. Purbawangsa, “The Effect of Financial Technology Regulations on Banking Company Stock Returns in Indonesiaâ€, Int. J. Econ. Manag. Stud., 2020.
J. Ankur, K. Saket, C. Satish와/ê³¼K. P. Dinesh, “Likert Scale: Explored and Explainedâ€, Br. J. Appl. Sci. Technol., 2015.
J. F. Hair, G. T. M. Hult, C. M. Ringle와/과M. Sarstedt, A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Second Edition. 2017.
E. E. Rigdon, M. Sarstedt와/ê³¼C. M. Ringle, “On Comparing Results from CB-SEM and PLS-SEM: Five Perspectives and Five Recommendationsâ€, Mark. ZFP, 2017.