PERENIALISME PEMIKIRAN ETIKA SANTO AUGUSTINUS (Dari Theologi ke Filsafat Keabadian)

Bisri Bisri(1*),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Santo Augustinus seorang filosof abad pertengahan yang sekaligus juga seorang teolog. Ia mencari sintesis antara rasionalitas Yunani dan iman Kristiani. Meskipun iman Kristiani dan refleksi filosofis menyatu secara tak terpisahkan dalam Santo Augustinus, apa yang ditulisnya bukan hanya penting bagi teologi Kristiani, melainkan juga merupakan sumbangan besar kepada pemikiran murni filosofis, melampaui umat seimannya. Santo Augustinus tidak menulis buku khusus tentang etika – meskipun bernapaskan imannya yang kristiani – dalam struktur teoritis etika Santo Augustinus betul-betul filosofis yang tidak mengandaikan iman keprcayaan agama tertentu. Etika Santo Augustinus yang mengangkat kembali intuisi dasar Plato amat menentukan seluruh pemikiran teologi moral di Barat selanjutnya. Dalam pemikirannya tentang etika, Santo Augustinus sama sekali tidak menyinggung tentang filsafat perennial. Namun pemikiran etikanya yang yang mendasarkan pada perintah ilahi dan penyatuan manusia dengan Tuhan melalui cinta membawa pada visi filsafat perenial. Dimana ada tiga konsepsi filsafat perenial/filsafat keabadian yaitu metafisika (berorientasi pada ketuhanan), psikologi (manusia sebagai mikrokosmos) dan etika (sebagai keselarasan).

 

Kata kunci: Perenialisme, Etika, Teolog, dan  filsafat.


Full Text:

PDF

References


Affifi, A.E., 1995. Filsafat Mistis Ibnu Arabi Jakarta: Gaya Media Pratama.

Bertens, K., 2011. Etika Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Corbin, Henry, 2002, Creative imaginationin The Sufisme of Ibnu Arabi: Imajinasi Kreatif Sufisme Ibnu Arabi. Ter. Moh. Khozim dan Suhadi Yogyakarta: LkiS.

Esposito, John L., 2012, World Religions ToDay:Agama-agama Dunia Dewasa Ini ter. Ayu Yudha dkk Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Hidayat, Komarudin dan M Wahyuni Nafis, 1995, Agama Masa Depan: Perspektif Filsafat Perenial Jakarta: Paramadina.

Murata, Sachiko, 1996, The Tao Of Islam:Kitab Rujukan Tentang Relasi Gener dalam Kosmologi dan Teologi Islam Bandung: Mizan.

Rachels, James, 2004. The Elements of Moral Philosophy: Filsafat moral ter. A. Sudiarja Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Russell, Betrand, 200, 7History of western Philosophy and its Connection with Political and Social Circumtances From The Earliest Times to The Present Day: Sejarah Filsafat barat: Kaitannya dengan kondisi Sosio-Politik Zaman Kuno Hingga Sekarang ter. Sigit Jatmiko, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suseno, Franz Magnis, 1997. 13Tokoh Etika: Sezak Zaman Yunani Sampai Abad ke-19 Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel, 2010 Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme Yogyakarta: Kanisius.




DOI: 10.24235/jy.v4i2.3550

Article Metrics

Abstract view : 491 times
PDF - 963 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.