PENGARUH KARYA SYEKH NAWAWI AL- BANTANI DALAM TRADISI KAJIAN KITAB KUNING (KITAB KLASIK) DI PESANTREN BUNTET

Moh Abid Mabrur(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


          Pondok pesantren merupakan pendidikan Islama tertua di Nusantara dan tetap berkembang hingga saat ini, Kitab kuning menjadi obyek kajian utamnya. Di antara kitab-kitab yang dikaji secara mendalam di pondok pesantren adalah karya-karya Syekh Nawawi al-Bantani yang merupakan ulama asal Indonesia yang mampu menghasilkan karya yang fenomenal sehingga dijadikan kitab rujukan  keilmuan Islam. Penelitian yang dilakukan ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh Syekh Nawawi yang terdapat di pesantren Buntet. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana biografi dan perjalanan intelektual Syekh Nawawi al-Bantani , Apa karya-karya syekh Nawawi al-Bantani dan jaringan intelektualnya, dan bagaimana pengaruh karya-karya syekh Nawawi al-Bantani dalam tradisi kitab kuning di pesantren Buntet. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dengan empat tahapan, yaitu Heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa karya yang dihasilkan Syekh Nawawi menjadi kitab yang dijadikan kajian di berbagai pesantren, salah satunya pesantren Buntet. Dalam mengkaji kitab karangan Syekh Nawawi banyak pengaruh yang diberikan seperti ringannya sajian yang diberikan.

 

Kata Kunci: Syekh Nawawi al-Bantani, Kitab Kuning, Pesantren Buntet.


Full Text:

PDF

References


Amidjaja, Rosad I. Syarief Hidayat Subiarto Martono. 1985. Pola Kehidupan Santri Pesantren Buntet Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Yogyakarta: Tanpa Penerbit.

Amin, Samsul Munir. 2009. Sayyid Ulama Hijaz. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai. Jakarta: LP3S.

Maunah, Binti, 2009. Tradisi Intelektual Santri. Yogyakarta: Teras.

Nasuha, Chozin.2007. KH. A. Syathori Pemandu Kitab Kuning. Cirebon: Pondok Pesantren Dar Al-Tauhid.

Steenbrink, Karel A. 1984. Beberapa Aspek tentang Islam di Indonesia Abad ke-19, Jakarta: Bulan Bintang.

Suwito dan Fauzan. 2003. Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan. Bandung: Angkasa Bandung.

Ulum, Amirul. 2015. Penghulu Ulama di Negeri Hijaz Biografi Syaikh Nawawi Al-Bantani. Yogyakarta: Pustaka Ulama.

Iqbal, Asep Muhamad. 2013. Understanding Jews and Christians in the Qur’ānic Commentary Of Syeikh Nawawi Banten (1813-1897). Tanpa Penerbit.

Mulyati, Sri. 1992. Sufism In Indonesia: Nawawï Al-Banteni's Salalim Al-Fudala', A Thesis Institute of Islamic Studies McGill University Montreal. P.Q. Canada.

INTERNET

Anonimous, Makam KH. R.M.Joesoef Purwakarta. Dudu-Tasikmalaya.blogspot.com. diunduh pada tanggal 10/04/2016




DOI: 10.24235/tamaddun.v1i2.1179

Article Metrics

Abstract view : 934 times
PDF - 1280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam

Tamaddun indexed by:

This journal provides immediate pen access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats Jurnal Tamaddun Published by Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da`wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2st Floor, Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, Adab, dan Da`wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: jurnaltamaddun@syekhnurjati.ac.id