PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Yundha Ratnasari(1), Citra Dwi Rosita(2), Surya Amami Pramuditya(3*),


(1) 
(2) 
(3) Universitas Swadaya Gunung Djati
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching; (2) pengaruh aktivitas siswa dalam model reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman matematis; (3) pengaruh aktivitas siswa dalam model reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis; (4) perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran menggunakan reciprocal teaching dengan pembelajaran konvensional; dan (5) perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran menggunakan reciprocal teaching dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kadugede. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching terdapat peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir;(2) aktivitas siswa dalam model reciprocal teaching berpengaruh sebesar 66,2% terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa; (3) aktivitas siswa dalam model reciprocal teaching berpengaruh sebesar 57,3% terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (4) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional;dan (5) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : Reciprocal Teaching, pemahaman matematis, komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Ferdianto, F. dan Cahya, F. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Student Facilitator and Explaining Berbantu Domino Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. ISSN: 9 772407 749004, SENDIKMAD 27 Desember 2014.

Rohana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas PGRI Palembang. Prosiding Seminar Nasional. ISBN: 978-602-95793-1-4.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Shoimin, aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 162 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.