Pengembangan Self-Regulation Scale Mahasiswa berdasarkan Zimmerman Self-Regulation Model

Bambang Setiawan(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya self-regulation bagi mahasiswa dalam mengelola dan mencapai keberhasilan dalam bidang akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur psikologis berupa self-regulation scale yang teruji dari segi validitas dan reliabilitas, sehingga dapat dipergunakan untuk mengukur tingkat self-regulation mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan teoritik, dimana berupaya mengembangkan self-regulation scale berdasarkan definisi operasional variabel Zimmerman self-regulation model. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Angkatan 2020/2021 yang berjumlah sebanyak 168 orang mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil penelitian yaitu 1) self-regulation scale dikembangkan dalam sepuluh tahapan; 2) berdasarkan uji validitas, yang dimulai dengan uji keterbacaan, penimbangan pakar dan praktisi, serta uji validitas Pearson product moment correlation menghasilkan 58 item yang secara empiris terbukti valid; dan 3) berdasarkan uji reliabilitas, self-regulation scale menunjukkan derajat keterandalan pada kategori tinggi dengan skor yang diperoleh sebesar 0,881.


Keywords


Self-Regulation; Self-Regulation Scale; Pengembangan Instrumen.

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall

Bandura, A. (1991). Social Cognitive Theory of Depression. Organizational Behaviour and Human Decision Processes, 50, 248–287. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90022-L

Blair, C. et al. (2010). Self-regulation as the Interface of Emotional and Cognitive Development: Implications for Educational and Academic Achievement. Dalam Hoyle, Rick H. Handbook of Personality and Self-regulation. United Kingdom: Wiley-Blackwell Publishing Ltd.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston, USA: Pearson Education, Inc.

Crocker, L. & Algina, J. (2008). Introduction to Classical and Modern Test Theory. Ohio, USA: Cengage Learning

Eisenberg, N. et al. (2005). Associations of Emotion-related regulation with Language Skills, Emotion Knowledge, and Academic Outcomes. New Direction in Child and Adolescent Development, 109 (1), hlm. 109-118 http://dx.doi.org/10.1002/cd.143

Furqon. (2008). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Husna, A. N. et al. (2014). Regulasi Diri Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 13 (1), hlm. 50-63 http://dx.doi.org/10.14710/jpu.13.1.50-63

Rakhmat, C dan Solehuddin, M. (2006). Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: ANDIRA

Setiawan, B., Solehuddin, M., & Hafina, A. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Self-Regulation Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31960/konseling.v1i1.317

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta

Zimmerman, B. J. (1995). Self-Regulation Involves More Than Metacognition: A Social Cognitive Perspective. Educational Psychologist, 30(4), 217–221. https://doi.org/10.1207/s15326985ep3004_8

Zimmerman, B. J. (2000). Attaining Self-Regulation: A Social Cognitive Perspective. Dalam Boekaerts, M. et al. Handbook of Self-Regulation. San Diego: Academic Press

Zimmerman, B. J. & Martinez-Pons, M. (1986). Development of a Structured Interview for Assessing Students Use of Self-Regulated Learning Strategies. American Educational Research Journal, 23 (1), hlm. 614-628 http://dx.doi.org/10.3102/00028312023004614




DOI: 10.24235/prophetic.v5i2.13292

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Da'wah and Islamic Communication, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FDKI Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Da'wah and Islamic Communication, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com