STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN UNGGULAN NURUL ISLAM LARANGAN BREBES

Muhammad Shobirin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Di dalam perjalanan SMK ini tidak lepas dari peran seorang pemimpin yang bertanggungjawab penuh dalam pengelolaan SMK didalam membesarkan dan mengembangkan lembaga tersebut, untuk menjadikan peserta didik,tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang mempunyai skill dan keperibadian yang dapat dihandalkan .Pemimpin memiliki tugas untuk mengarahkan dan mengorganisasi lembaga pendidikan agar tercapai tujuan yang dicita-citakan. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, kepala sekolah memiliki strategi kepemimpinan masing-masing yang sangat mempengaruhi kinerja para tenaga kependidikan di lingkungan kerjanya masing-masing. Kegagalan dan keberhasilan banyak ditentukan oleh kepala sekolah, karena kepala sekolah merupakan pengendali dan penentu arah yang hendak ditempuh oleh sekolah menuju tujuannya. Perumusan masalahdalampenelitianiniadalah sebagai berikut (1) Bagaimana strategi kepemimpinan Kepala SMKNurul Islam dalam mengelola SMK Unggulan ? (2) Bagaimana karakteristik kepemimpinan Kepala SMKNurul Islam dalam mengelola SMK Unggulan ? (3) Bagaimana upaya Kepala SMK dalam mewujudkan SMKNurul IslamUnggulan? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1)Strategi kepemimpinan Kepala SMK dalam mengelola SMKNurul IslamUnggulan, (2) Karakteristik kepemimpinan kepala SMK dalam mengelola SMKNurul IslamUnggulan, (3) Upaya Kepala SMK dalam mewujudkan SMKNurul IslamUnggulan.Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) yaitu metode ,wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif interpretative, dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Kesimpulan penelitian. Ada empat strategi kepala madrasah dalam mengelola, yaitu: (1) melakukan perencanaan, (2) melakukan pengorganisasian, (3) melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan,(4) melakukan tugas-tugas pengawasan dan pengendalian. Karakteristik kepemimpinan kepala sekolah(1) menggunakan prinsip Nabi Muhammad Saw: ”Uswatun Khasanah (keteladanan dalam berkata, berbuat dan berperilaku), Upaya kepala SMK dalam mewujudkan SMKNurul IslamUnggulan, yaitu: (1) Peningkatan kualitas tenaga pendidik, (2) peningkatan kualitas peserta didik, (3)pembenahan administrasi sekolah (4)kegiatan belajar mengajar yang kondusif, (5) peningkatan sarana dan prasarana, (6) kurikulum yang berkualitas dengan mengacu pada kurikulum 2013 (7)penerapan manajemen berbasis sekolah.

 

Kata Kunci: Strategi Kepemimpinan, Pengelolaan Sekolah, Sekolah Menengah Kejuruan

 

Abstract

In this vocational journey can not be separated from the role of a leader who takes full responsibility in the management of SMK in raising and developing the institution, to make learners, educators and education personnel who have the skills and personality that can be responsibility. Leaders have a duty to direct and organize educational institutions in order to achieve the aspired goals. In carrying out its duties and functions, principals have a leadership strategy respectively, which greatly affects the performance of the educational staff in their respective working environments. Failure and success are determined by the principal, because the principal is to control and determine the direction to be taken by the school to its destination. The problems of this study are as follows (1) how is Head leadership strategy of SMK Nurul Islam in managing the seed? (2) What are Head leadership characteristics of SMK Nurul Islam in managing the seed? (3) What are Head efforts in realizing the of SMK Nurul Islam seed? This study aims to describe : (1) The strategy of leadership in managing the Head of SMK Nurul Islam seed, (2) The characteristics of leadership in managing SMK Nurul Islam seed, (3) Efforts in realizing the Head of SMK Nurul Islam seed. This study uses field research (field research) the method, interview and observation. The collected data were then analyzed using descriptive analysis interpretative method, using a phenomenological approach. The research finding of the study. There are four strategies of headmaster in managing, namely: (1) planning, (2) organizing, (3) carry out the work in accordance with a predetermined plan, (4) perform tasks of supervision and control. Leadership characteristics headmaster (1) using the principle of the Prophet Muhammad: "Uswatun Vault" (exemplary say, act and behave), Efforts head SMK in realizing SMK Nurul Islam seed, namely: (1) Improving the quality of teachers, (2) improving the quality of students, (3) improvement of school administration (4) a conducive teaching and learning activities, (5) improvement of facilities and infrastructure, (6) quality curriculum with reference to the curriculum in 2013 (7) the implementation of school-based management.

 

Key Word: Leadership Strategies, Managing School, School of Skill.

 


Keywords


Strategi Kepemimpinan, Pengelolaan Sekolah, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, Wahab(2011). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (1990). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (20020. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputra Pers.

Amiridin, dkk. (2006). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Ciputat: Quantun Teaching Press Group.

Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Anonim. (2004). Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.

Anonim. (2004). Keputusan Mendiknas nomor 162 tahun 2003 tentang pedoman penugasan guru sebagai kepala sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2009). Bahan Pelatihan Master Trainer Calon Kepala Sekolah. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Fatah, Syukur. (2011). Manajemen Pendidikan berbasis pada Madrasah. Semarang: Pustaka Riski Putra.

Ma’mur, Jamal Asmani. (2015). Manajemen Efektif Marketing Sekolah. Jogjakarta: Diva Pers.

Komariah, A & Triatna, C. (2006). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moieong, J. Lexy. (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Singarimbun, Masri. (1989). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.

Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Prenada media group.

Muhaimin, dkk. (2010). ManajemenPendidikan. Bandung: Prenada media group.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

-------------- (2007). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawwir, Ahmad Warson. (1997). Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Nanang Fatah. (2009). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nurkholis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, Teori Model Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Perturan Menteri Pendidikan Nasional No.13 Tahun 2007 Tentang Kompetensi Profesional Kepala Sekolah/Madrasah.

Purwanto, Ngalim. (1993). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Reinhartz, Judy & Don M. Beach. (2004). Educational Leadership: Changing schools, changing roles. USA: Pearson.

Rifai. (1986). Administrasi dan Supervisi Pendidikan Jilid I. Bandung: Jemmars.

Roestiyah Nk. (1982). Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Sahertian, Piet dan Frans Mataheru. (1982). Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sudarwan, Danim. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Subari. (1994). Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/oasis.v1i01.810

Article Metrics

Abstract view : 646 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                            

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)