PENGARUH PROFESIONALITAS GURU DALAM MANAJEMEN KELAS DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTs NEGERI KRANGKENG INDRAMAYU

Darmin Darmin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Profesionalitas guru dalam menciptakan pembelajaran yang nyaman, aktif, kreatif, dan menyenangkan merupakan salah satu ketrampilan guru yang harus dikuasai. Guru profesional indikatornya adalah mengajar sesuai dengan latar belakang keilmuannya, memiliki sertifikat sertifikasi, disiplin dalam kerja, dan mampu mengelola kelas sebagai tempat belajar yang nyaman bagi siswa. Sikap profesionalitas guru dan manajemen kelas dapat mempengaruhi semangat belajar siswa di kelas. Karena kelas yang dikelola dengan baik akan menjadikan siswa nyaman dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Situasi nyaman dalam pembelajaran akan menumbuhkan kreatifitas siswa untuk aktif dalam pembelajaran di kelas. Didukung dengan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif (pembelajaran kooperatif), maka tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai dan prestasi belajar siswa akan menjadi lebih baik.

Kata Kunci: Profesionalitas Guru, manajemen kelas, Pembelajaran Kooperatif dan Prestasi

belajar.

Abstract

Professionalism teachers in creating learning comfortable, active, creative, and pleasing is one of skills also teachers who had to controlled. Professional indicators teachers is the teaching in accordance with knowledge background, have a certificate, discipline in work, and able to manage class as a learning comfortable for students. Attitude professionalism teachers and management class can affect eager to study from the classroom. Because a class managed will make students comfortable in following their experiences in the class .The situation at ease in learning will nurturing creativity students to actively in their experiences in the class .Supported by learning model involving students active (learning cooperative), so the purpose of learning that have been planned can be achieved and student learning achievements will be better.

Keyword: Professionalism of teacher, management class, learning cooperative and learning achievement


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schoenfeld. (2007). Mathematical Problem Solving, dalam http://tip.psychology. org/schoem.html.

Daryanto dan Moh. Farid. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gavamedia.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Karwati, Euis dan Donni juni Priansa. (2014). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Fauji, Ahmad. (2013). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikran Tokoh. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, B Hamzah. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta, Bumi Aksara.

Isjoni. (2012). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan kecerdasan Komunikasi Antar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jasmani Asf dan Syaiful Mustofa. (2013). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia.

Muhubbin Syah. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rawali Pers.

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Rosdakarya.

Rusman. (2013). Model-Model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rinekacipta.

Sholeh, Hamid Moh. (2014). Metode Edu Tainment Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Klelas. Yogyakarta: Diva Press.

Sukardjono. (2008). Hakekat dan Sejarah Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka.

Syaiful Sagala. 2006. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Uzer Usman, Moh. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Jones, Vern dan Louise Jones. (2012). Manajemen Kelas Komprehensif. Jakarta: Kencana.

Wiyani, Novan Ardi. (2013). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Heryati, Yeti dan Mumuh Muhsin. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Pustaka Setia.




DOI: 10.24235/oasis.v1i01.809

Article Metrics

Abstract view : 598 times
PDF - 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                            

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)