Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Sejak Dini Bagi Pembentukan Karakter Siswa di RA Al-Falah Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon

Ahmad Junaedi(1*),


(1) SDN 2 Pegagan Kidul
(*) Corresponding Author

Abstract


This study discusses the planting of Islamic religious education values in early childhood in Rudatul Atfal Al-Falah Cirebon Regency. This study is in the background of the existence of problematic problems that occur in the community, such as: juvenile delinquency, promiscuity, and others. This is one of the impacts of the lack of Islamic Education, so the need for planting the values of Islamic Religious Education conducted in early childhood.The formulation of the problem is how to plant the values of Islamic Education in early childhood in RA. Al Falah Cirebon Regency, This research includes qualitative research, through field studies. The data is obtained from several sources by means of observation, unstructured interviews, and documentation. Then processed with descriptive analysis. This study found the answer that planting the values of Islamic Education in RA. Al Falah Cirebon District was implemented using seven complementary methods, namely the method of habituation, exemplary, role playing, storytelling, demonstration, singing, and field trips. The learning process uses a center system and the material is adapted to the development of students which includes religious and moral, physical, language, cognitive, and social emotional values.


Kajian ini membahas tentang penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Raudlatul AthfalAl-Falah Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Kajian ini di latar Belakangi dengan adanya problematika yang marak terjadi di lingkungan masyarakat, seperti: kenakalan remaja, pergaulan bebas, dan lain-lain. Hal itu merupakan salah satu dampak dari kurangnya Pendidikan Agama Islam, sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang dilakukan pada anak usia dini. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di RA. Al Falah Kabupaten Cirebon, Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, sehingga permasalahannya dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di RA. Al Falah Kabupaten Cirebon. Datanya diperoleh dari beberapa sumber dengan cara observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Kemudian diolah dengan analisis deskriptif.Penelitian ini telah menemukan jawaban bahwa penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di RA. Al Falah Kabupaten Cirebon dilaksanakan dengan menggunakan tujuh metode yang saling melengkapi, yaitu metode pembiasaan, keteladanan, bermain peran, bercerita, demontrasi, bernyanyi, dan karyawisata. Proses pembelajaran menggunakan sistem sentra dan materinya disesuaikan dengan perkembangan anak didik yang mencakup pada nilai agama dan moral, fisik, bahasa, kognitif, dan sosial emosional.


Keywords


Nilai Pendidikan, Usia Dini, Karakter Siswa,

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. (2000). Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Agus Susanto. (2012). Islam Itu Sangat Ilmiah : Mengungkap Fakta-Fakta Ilmiah dalam Ajaran-Ajaran Islam. Jogjakarta: Najah.

As Said, M. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Baharudin. (2010). Pendidikan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Barizi, A. (2009). Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Chabib Thoha. (2000). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches. New Delhi: Sage Publications.

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Dokumen Tata tertib RA Al-Falah. (2018). Cirebon.

Dokumen wawancara RA Al-Falah. (2018). Cirebon.

Dokumentasi program semester. (2018). Cirebon.

Endang Poerwanti, et. a. (2002). No Title. Malang: UMM Press.

http://www.Muhsinun.com/. (2018). Pemikiran-Pemikiran Pendidikan Islam Al- Ghazali./download/blogger. Diakses pada tanggal 13 pebruari, pukul 13.15 WIB.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Jalaludin. (1991). Filsafat Pendidikan Islam Konsep dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda karya.

Muhammad. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhtahibin Nafis, M. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Nasirudin. (2010). Pendidikan Tasawuf. Semarang: Rasail Media Group.

Observasi kegiatan inti pembelajaran pada sentra di RA Al-Falah. (2018). Cirebon: didampingi oleh pendidik sentra masing-masing.

Observasi kegiatan inti pembelajaran pada sentra Imtaq di RA Al-Falah. (2018). Cirebon: diampu oleh Ibu Siti Husnul Khotimah.

Observasi kegiatan istirahat dan pembinaan terpadu RA Al-Falah. (2018). Cirebon.

Observasi kegiatan penutup pembelajaran RA Al-Falah. (2018). Cirebon: didampingi oleh semua pendidik.

Observasi pembelajaran di RA Al-Falah. (2018). Cirebon.

Observasi pembelajaran kegiatan pembukaan di RA Al-Falah. (2018). Cirebon: didampingi oleh semua pendidik.

Observasi pembelajaran kegiatan tadarus di RA Al-Falah. (2018). Cirebon: diampu oleh Ibu Ayu Nur’aini.

Observasi perkembangan anak didik RA Al-Falah. (2018). Cirebon.

Rois Mahfud. (2011). Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga.

Santrock. (2001). Life-Span Deveopment.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumber data primer dalam penelitian RA Al-Falah. (n.d.). Cirebon.

Sumber data sekunder dalam penelitian RA Al-Falah. (n.d.). Cirebon.

Wahyudi dkk. (2005). Program Pendidikan Untuk Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Gramedia Widya Sarana Indonesia.

Wawancara dengan guru RA Al-Falah. (2018). Cirebon.

Wawancara dengan Ibu Sunasih, S.Pd.I. (2018). Cirebon: guru sentra peran dan persiapan RA Al-Falah.

Yazid bin Abdul Qadir Jawas. (2004). Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama‟ah. Semarang: Pustaka Imam asy-Syafi‟i.

Zuhairini. (2000). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Solo: Ramandhani.




DOI: 10.24235/oasis.v3i2.3248

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                            

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)