RESPON DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL DI MAJLIS TAKLIM PENDIDIKAN PASCA TPQ QIRAATI YPI “SHIDQUL AMAL” KEDUNGJAYA KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON

Taqiyuddin .(1*),


(1) IAIN Syekh nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Lembaga-lembaga pendidikan Islam yang ada di YPI “Shidqul Amal” Desa Kedungjaya Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, dapat dikategorikan sebagai bentuk atau jenis pendidikan nonformal yang dalam penyelenggaraan pendidikannya harus dikelola berdasarkan peraturan dan perundang undangan yang berlaku, di antara peraturan itu adalah PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kegiatan ngaji sore yang dilaksanakan Majelis Taklim Pendi-dikan Pasca TPQ Qiraati merupakan salah satu bentuk kegiatan keagamaan yang ada di YPI “Shidqul Amal” Kedung jaya, dalam pengelolaannya sebagian besar telah sesuai dengan PP No. 19 tahun 2005. Namun berdasarkan pengamatan, masih ada beberapa komponen yang perlu dioptimalkan, di antaranya yaitu pengelolaan yang belum sepenuhnya menggunakan system manajemen pendidikan, kualifikasi tenaga kependidikan dan tenaga pendidik, kurikulum yang digunakan, begitu juga dengan proses pembelajaran.hal tersebut dilakukan para manager adalah karena tujuan lembaga pendidikan tidak akan segera terwujud sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan dirumuskan, melainkan harus melakukan pengkajian terhadap kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman sumber-sumber pendidikan terlebih dahulu.

Kata Kunci: Pengelolaan Pendidikan Islam, Respon dan Partisipasi



Full Text:

PDF

References


G. Daftar Pustaka

Abu Huraerah, 2008, Pengorganisasian dan Pengembangan Masya-rakat Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan, Bandung: Humaniora

Ahmad Subandi, 1982, Psikologi Sosial, Jakarta: Bulan Bintang, 1982

Agus Sujanto, 2004, Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Bimo Walsito, 1999, Psikologi Umum, Yogyakarta: UGM

Jalaludin Rahmat, 1999, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda karya.

Lexy J. Moleong, 2006 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya,

Matthew B. Miles, A. Michel Huberman, 2009, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi (Jakarta: UI Press,

Moh. Nazir, 1988, Metode Penelitian, Cet. 3, Ghalia Indonesia,

Noeng Muhadjir, 1998, Metodologi Penelitian Kua-litatif, Yogya-karta: Bayu Indra Grafika,

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Poerwadarminta, 1999, Psikologi Komunikasi, Jakarta: Universitas Terbuka (UT)

Purwanto, Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda karya

Robert K. Yin, 2002, Studi Kasus Desai dan Metode, Ter. M. Djauji Mudzakir, Jakarta: Raja Grafindo Persada,.

Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan, Bandung : ALFA-BETA

Soenarjo dan Djoenarsih S. Soenajo, 1983, Himpunan Istilah Komunikasi, Yogyakarta: Liberty.

Terry, R, George, 2014, Guide to Management (Prinsip-prinsip Manajemen) Terj, J. Smith D.F.M, , Bumi Aksara, Jakarta:

Trianto, 2011, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini, TK/RA dan Anak Usia kelas awal SD/MI, Kencana Predina Prenada Media Group, Jakarta,

Usman, Husaini, 2006, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara. Jakarta:.

Undang Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Naional, Jakarta

Undang Undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: 10.24235/jiem.v2i1.2877

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Taqiyuddin .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: